Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk, Lihat Lagi 7 Permainan Squid Game Musim Pertama

KOMPAS.com - Serial Korea Selatan (Korsel), Squid Game season 2 akan tayang di Netflix. Kehadiran Squid Game season 2 telah dikonfirmasi oleh pihak Netflix melalui akun Instagram resminya, @netflix. 

Serial ini berhasil meraih kesuksesan pada musim pertamanya. Squid Game season 1 bercerita tentang 456 peserta yang mempertaruhkan nyawa demi meraih hadiah 45,6 miliar won Korea. Mereka harus melalui sejumlah permainan “maut” dengan taruhan nyawa.

Menariknya, permainan di Squid Game season 1 merupakan permainan tradisional anak-anak di Korsel. Tentunya, permainan tersebut jauh dari kata menyeramkan seperti dalam serial Squid Game. 

Berikut tujuh permainan tradisional anak-anak pada serial Squid Game musim pertama yang dihimpun Kompas.com.  

1. Ddakji

Permainan ini digunakan untuk merekrut para pemain Squid Game. Seorang perekrut yang diperankan oleh aktor Gong Yoo, mencoba memikat para peserta untuk bergabung dalam Squid Game lewat permainan ddakji. 

Cara bermainnya adalah dengan melemparkan kertas warna merah dan biru ke bawah. Agar menang, lemparan kertas tersebut harus berhasil membalikkan kertas lawan. 

Gong Yoo menawarkan uang sebagai imbalan bagi pemenang. Sebaliknya, jika kalah peserta harus menerima sebuah tamparan. 

Permainan ini pernah populer di Korsel pada era 1940-an, sejalan dengan meningkatnya pasokan kertas setelah Perang Korea.

2. Red Light, Green Light 

Red Light, Green Light adalah permainan pertama dalam serial Squid Game. Permainan ini juga dikenal dengan nama bunga mugunghwa telah mekar, berdasarkan informasi dari NBC News. 

Terdapat robot besar bernama Younghee, yang merupakan karakter anak perempuan dalam buku cerita Korsel. Para pemain hanya boleh bergerak jika robot raksasa tersebut bernyanyi bunga mugunghwa telah mekar. 

Jika ketahuan bergerak, maka pemain akan dieliminasi dengan cara ditembak. Pada permainan asli, masyarakat Korsel memiliki variasi irama dan syair lagu yang berbeda. 

Sebagian mengganti kata bunga mugunghwa, dengan kata lainnya. Mugunghwa, atau mawar sharon, adalah bunga nasional Korsel serta menjadi lagu kebangsaan negara tersebut. 

“Bunga ini sangat penting bagi warga Korsel yang pernah dijajah karena bunga itu mekar selamanya. Bunga itu menjadi simbol ketahanan negara tersebut,” ujar Professor dari Universitas Ohio Chan E. Park dikutip dari NBC News.

Park merujuk pada masa penjajahan Korsel oleh Jepang pada periode 1910 hingga 1945. 

3. Dalgona 

Pada episode The Man With the Umbrella, para pemain berjongkok sembari memegang dalgona, atau permen pipih yang terbuat dari gula cair dan soda kue. Mereka harus mengeluarkan bentuk seperti segitiga, lingkaran, bintang, dan payung secara utuh dari permen tersebut.

Jajan jalanan tersebut, sempat populer di Korsel pada 1950-an hingga awal 1960-an. Dalgona termasuk camilan murah di tengah kesulitan ekonomi setelah Perang Korea, yang menyebabkan gula menjadi komoditas langka.

Permainan itu dikenal dengan nama ppopgi yang berarti menarik atau mengeluarkan dalam bahasa Korsel. Dulu, pedagang kaki lima di Korsel menawarkan bonus dalgona cuma-cuma, jika anak-anak berhasil mengeluarkan bentuk-bentuk dari permen itu secara utuh. 

“Saat itu, gula sangat mahal, sehingga masyarakat umum tidak bisa mendapatkannya,” kata Dal Yong Jin,  Profesor dan Direktur Lab Teknologi Digital dan Budaya Transnasional di Universitas Simon Fraser, Kanada.

4. Tug of War

Tug of War muncul pada episode empat, yakni Stick to the Team. Para pemain dibagi menjadi tim yang terdiri dari sepuluh orang. 

Permainan ini juga dikenal dengan nama juldarigi. Indonesia, memiliki permainan serupa yaitu tarik tambang. 

Mulanya, permainan rakyat tersebut dimainkan sebagai tradisi saat panen. Setiap desa menggunakan tali tambang dengan bentuk dan warna berbeda. 

Selain masa panen, warga Daeboreum memainkan juldarigi pada bulan purnama pertama Tahun Baru Imlek. 

5. Kelereng

Selain di Korsel, permainan tradisional ini juga dijumpai di sejumlah negara termasuk Indonesia. Aturannya, para pemain diminta untuk berpasangan dan bersaing satu sama lain, seperti dikutip dari situs Kore Limited. 

Setiap orang diberi sepuluh kelereng, serta diharuskan memenangkan semua kelereng milik lawan mereka. Caranya, mereka bisa menebak jumlah kelereng dalam genggaman lawan atau melemparkan kelereng ke tanah agar mengenai kelereng lawan. 

Dalam film Squid Game, permainan jembatan batu digambarkan secara ekstrem. Jembatan yang digunakan terbuat dari kaca serta berada di ketinggian. 

Tak hanya itu, sebagian kaca tersebut rapuh dan pecah ketika diinjak. Jadi, pemain yang salah menginjak kaca akan jatuh ke bawah dari ketinggian. 

7. Squid Game 

Squid Game yang merupakan judul serial tersebut merupakan permainan terakhir yang menentukan pemenang. Banyak anak-anak Korsel yang melakukan permainan ini. 

Permainan ini dilakukan oleh dua orang, atau tim. Setiap orang atau tim  bertarung satu sama lain di dalam kotak di tanah berbentuk cumi-cumi. 

Sebelum memulai permainan, ditentukan lebih dulu tim penyerang dan tim yang bertahan. Untuk menang, penyerang harus mencapai bagian kepala cumi-cumi dengan kaki mereka. 

Sebaliknya, jika pemain di tim yang bertahan berhasil mendorong penyerang keluara dari gambar cumi-cumi, maka tim penyerang kalah. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/14/192750927/yuk-lihat-lagi-7-permainan-squid-game-musim-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke