Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Taman Hiburan Terbaik Dunia 2022 Versi TripAdvisor, Ada Bali

KOMPAS.com - TripAdvisor, platform perjalanan global merilis peringkat taman hiburan dan taman air terbaik di dunia 2022 atau Top Amusement Parks & Water Parks 2022.

Mengutip CNN, Siam Park di Spanyol menduduki peringkat pertama dalam kategori taman hiburan dan taman air terbaik di dunia 2022 versi TripAdvisor. 

Seperti diketahui, TripAdvisor rutin merilis Travelers' Choice Awards setiap tahunnya. Penghargaan tersebut diberikan kepada destinasi wisata terbaik pilihan para traveler. 

Pada Selasa (13/6/2022), TripAdvisor merilis salah satu seri Travelers' Choice Awards, yakni Best of the Best Things to Do, yang terdiri dari 11 kategori penghargaan. Salah satunya adalah taman hiburan dan taman air terbaik di dunia 2022. 

Metode pemilihan 

Tripadvisor mengungkapkan pemilihan nominasi dalam penghargaan Best of the Best Things to Do. Peringkat tersebut ditentukan berdasarkan kualitas dan kuantitas dari ulasan dan penilaian wisatawan terhadap destinasi wisata melalui TripAdvisor.

Ulasan dan penilai tersebut terkait dengan pengalaman, tur, aktivitas, dan atraksi yang didapatkan traveler selama berwisata pada destinasi tersebut. Periode penilaian dimulai pada 1 Mei 2021 hingga 30 April 2022. 

"Pengalaman wisatawatan tersebut diklasifikasikan dalam tur dan aktivitas yang dapat dipesan melalui Tripadvisor, tidak melalui Tripadvisor, dan pengalaman yang didapat wisatawan tanpa harus memesan tiket apapun,” bunyi keterangan resmi TripAdvisor dikutip dari CNN. 

1. Siam Park, Spanyol

Meskipun bernama Siam Park, namun taman air ini berada di Costa Adeje, Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. TripAdvisor menobatkan Siam Park sebagai taman hiburan dan taman air terbaik di dunia 2022. 

Berdasarkan informasi dari situs TripAdvisor, Siam Park mempunyai arsitektur bergaya Thailand. Tidak hanya itu, ada wahana yang diberi nama ikon Negara Gajah Putih, seperti Mekong Rapids. 

Siam Park menawarkan beragam wahana air yang spektakuler seperti sungai buatan berkelok-kelok, seluncuran air, pantai buatan, dan lainnya. 

Puy du Fou merupakan taman hiburan yang berada di Les Epesses, Perancis. Berdasarkan informasi dari situs Puy du Fou, keunikan taman hiburan ini adalah mengusung tema tradisional. 

Jadi, pengunjung bisa menikmati berbagai atraksi tradisional pada abad terdahulu. Selain itu, wisatawan bisa menginap di hotel dengan desain tradisional serta mengunjungi desa-desa yang dengan nuansa zaman dahulu. 

Beto Carrero World adalah taman hiburan yang terletak di Penha, Brasil. Taman hiburan ini merupakan salah satu taman hiburan terbesar di Amerika Latin. 

Beto Carrero World menawarkan sejumlah wahana antara lain roller coaster, seluncuran air, kincir, paddle boat, berbagai pertunjukkan, dan sebagainya. 

4. Puy du Fou, Spanyol 

Selain Puy du Fou, Perancis ternyata Puy du Fou, Spanyol juga masuk dalam kategori 10 taman hiburan dan taman air terbaik di dunia 2022. 

Lokasinya berada di Toledo, Spanyol. Taman hiburan ini juga menawarkan beragam atraksi tradisional abad terdahulu dengan latar belakang Spanyol.

Mengutip dari situs The Milky Way Adventure Park, taman hiburan ini memiliki area indoor dan outdoor yang dilengkapi dengan beragam wahana. Mulai dari roller coaster, wahana air, mobil-mobilan, mini golf, kereta mini, dan masih banyak lagi. 

6. Hot Park, Brasil 

Hot Park merupakan taman air yang berada di Esplanade, Rio Quente, Brasil. Berdasarkan informasi dari Travel Triangle, Hot Park merupakan taman air populer di kalangan penduduk setempat.

Selain itu, Hot Park dikenal sebagai taman air terbaik di Brasil. Taman air ini memiliki luas sekitar 3,8 hektar. Pengunjung bisa menikmati aneka kolam renang dan seluncuran air di Hot Park. 

7. Waterboom Bali, Indonesia

Taman air ini berada di Kuta, Bali, Indonesia. Mengutip dari situs Waterboom Bali, wahana ini pertama kali dibuka pada 1993 lalu. 

Saat ini, Waterboom Bali memiliki luas mencapai 3,8 hektar. Pengunjung bisa menikmati beragam wahana air kelas dunia, seperti perosotan air, kolam renang, gazebo, dan lainnya. 

Menariknya, Waterboom Bali memiliki ruang terbuka hijau pada area sekitar wahana yang dipenuhi dengan pepohonan rindang.

Taman hiburan ini terkenal dengan pertunjukan, wahana, dan acara spesial yang kerap memenangkan penghargaan. Setiap musim, Dollywood mengadakan perayaan dengan gelaran festival yang luar biasa.  

Selain taman hiburan, Dollywood juga memiliki wahana air, resort, dan restoran. 

Taman hiburan Universal's Islands of Adventure berada di Orlando, Florida, AS. Mengutip TripAdvisor, pengunjung bisa menyaksikan replika dari tokoh pahlawan super, binatang buas, dan makhluk ajaib di taman hiburan ini. 

Selain itu, penggemar Harry Potter dapat menjelajahi sekolah ilmu sihir di wahana Harry Potter and the Forbidden Journey. 

10. Parque Terra Magica Florybal, Brasil

Parque Terra Magica Florybal merupakan taman hiburan yang berada di Canela, Brasil. Mengutip dari situs Parque Terra Magica Florybal, pengunjung  bisa menikmati beragam atraksi di taman hiburan tersebut. antara lain sejarah dunia, dunia dinosaurs, ruang primata, desa India, danau para dewi, hutan ajaib, dan sebagainya. 

Saat memasuki taman, pengunjung akan disambut oleh Giant Seeder, yakni patung besar yang membawa bola dunia bergambar Florybal World dengan tangan kanan. 

Sementara itu, tangan kirinya melemparkan benih kakao, bahan baku cokelat, yang melambangkan bahwa setiap orang selalu menuai banyak kegembiraan, kedamaian dan kesenangan.  

https://travel.kompas.com/read/2022/06/15/135730527/10-taman-hiburan-terbaik-dunia-2022-versi-tripadvisor-ada-bali

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+