Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Naik Pesawat pada Hari Minggu, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh HappyOrNot, perusahaan umpan balik (feedback) instan asal Finlandia, menunjukkan bahwa hari Minggu adalah hari yang paling tidak baik untuk naik pesawat.

Perusahaan tersebut melakukan analisis terhadap lebih dari 4,5 juta poin umpan balik pelanggan di seluruh bandara di 30 negara.

Hasilnya, hari terburuk adalah hari Minggu karena orang-orang paling tidak bahagia pada hari itu, dan hanya 81 persen umpan balik pelanggan yang isinya positif. 

  • Daftar 8 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat, Ini Alasannya
  • Jangan Pakai 7 Barang Ini Saat Naik Pesawat

Sebaliknya, hari terbaik untuk naik pesawat adalah hari Rabu karena level kebahagiaan berada di persentase tertinggi yakni 84,6 persen.

Penumpang yang naik pesawat tengah malam juga dinilai paling tidak bahagia dengan persentase umpan balik positif sebesar 77,3 persen. 

Kebalikannya, waktu terbaik sekaligus terbahagia untuk naik pesawat adalah pukul 08.00 pagi dengan persentase sebesar 86,6 persen.

CEO HappyOrNot, Miika Mäkitalo, mengatakan bahwa pihaknya ingin meneliti pengalaman melakukan perjalanan melalui bandara, sehubungan dengan periode liburan musim panas yang diprediksi akan cukup ramai. 

Pengalaman melakukan perjalanan tersebut, lanjutnya, bisa bervariasi. Mulai dari yang menyenangkan hingga melelahkan.

  • Hanya Sedikit Pesawat yang Terbang di Atas Wilayah Tibet, Ini Sebabnya
  • Kapan Harga Tiket Pesawat Turun? Simak Prediksinya

"Dengan menyampaikan temuan ini, kami berharap dapat mempersiapkan pelaku perjalanan dengan pengetahuan soal kapan waktu yang terbaik untuk naik pesawat dan kapan waktu yang sebaiknya dihindari, sekaligus membekali petugas bandara dengan wawasan data pengalaman penumpang yang harus diperhatikan saat bandara sibuk kembali," terangnya, dikutip dari The Sun, Kamis (16/6/2022).

Selain itu, dilansir dari Kompas.com, Selasa (8/2/2022), harga tiket pesawat pada hari Jumat dan Minggu biasanya akan lebih mahal. 

Oleh sebab itu, calon penumpang pesawat bisa memesan tiket pada hari-hari lainnya guna mendapat penawaran yang lebih baik. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/16/072320527/hindari-naik-pesawat-pada-hari-minggu-ini-alasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke