Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Monas Buka Lagi, Catat Cara Masuk dan Jam Bukanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah warga Jakarta dan sekitarnya terus mencari tahu kapan Monas dibuka kembali.

Adapun hari ini, Jumat (17/06/2022) merupakan hari kedua uji coba pembukaan Monumen Nasional atau Monas. Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejumlah wisatawan tampak mulai memadati monumen di kawasan Jakarta Pusat tersebut sejak siang.

Namun, dalam uji coba belum semua area di kawasan Monas dapat kamu kunjungi. Area yang bisa dikunjungi hanya sekitar lapangan dan taman saja. Sedangkan tugu dan museum yang merupakan ruang tertutup masih belum dibuka.

"Untuk sekarang belum boleh masuk ke tugu dan museum. Kami sudah prepare tinggal menunggu instruksi dari Balai Kota, mohon bersabar," kata Nursamin, staf pelayanan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Tugu dan Kawasan Monas, kepada Kompas.com, Jumat (17/06/2022).

Nur membeberkan, rencananya pengumuman resmi uji coba pembukaan Monas baru akan dikeluarkan besok, Sabtu (18/06/2022) oleh Balai Kota.

Jam buka Monas dan cara berkunjung

Selama uji coba, jam buka Monas mulai pukul 06.00 sampai dengan 16.00 WIB, setiap harinya. Tidak ada batasan kuota kunjungan.

"Kuota kunjungan, untuk sementara tidak pakai. Karena yang diujicobakan adalah ruang terbuka. Kalau yang berkaitan dengan PPKM kan biasanya dalam ruangan," terang Nur.

Pantauan Kompas.com, pintu masuk dan keluar Monas hanya melalui gerbang Lenggang di Parkiran IRTI saja.

Sebelum masuk, tampak beberapa petugas memantau pengunjung, mengukur suhu, sekaligus memastikan pengunjung melakukan pemindaian PeduliLindungi sebelum memasuki kawasan Monas.

Sedangkan untuk akses transportasi umum terdekat, pengunjung bisa berhenti di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan transportasi online sekitar 3,3 kilometer (km).

Sementara jika menggunakan Transjakarta, pengunjung bisa naik TransJakarta1P dan berhenti di halte IRTI.

Lebih lengkap mengenai cara ke Monas dan transportasi umum yang dapat digunakan dapat dibaca pada tautan ini.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/17/184820827/monas-buka-lagi-catat-cara-masuk-dan-jam-bukanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke