Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Togaraja, Tempat Wisata Baru Samosir untuk Nikmati Panorama Danau Toba

KOMPAS.com - Togaraja, tempat wisata baru di Kabupaten Samosir untuk menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian, resmi dibuka pada Kamis (16/6/2022).

Togaraja berlokasi di Desa Partuko Naginjang atau Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Selatan. Selain pemandangan alam, tempat wisata ini juga didukung dengan agrowisata di sepanjang jalan. 

Dilansir dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir, Sabtu (18/6/2022), Desa Partuko Naginjang menjadi bagian dari 54 desa wisata yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Samosir.

  • Dari Kopi Hingga Coworking Space, Semua Ada di Creative Hub Samosir
  • 9 Tempat Wisata Samosir, dari Perbukitan hingga Desa
  • Homestay Unik Desa Huta Tinggi Pulau Samosir, Menginap di Rumah Adat Batak

Penetapan tersebut merujuk ke Keputusan Bupati Samosir Nomor 77 Tahun 2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir. 

Jika dari pusat Kabupaten Samosir, maka jarak ke desa tersebut adalah 48 kilometer (km) dengan durasi perjalanan kira-kira 1 jam 40 menit. Sementara itu, dari Bandara Internasional Kualanamu, maka jaraknya mencapai lebih dari 200 km dengan waktu tempuh sekitar lima jam. 

Adapun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Samosir akan membantu dari segi pembinaan dan pelatihan pengelolaan tempat wisata, serta kerja sama dengan sponsor dan penggiat pariwisata.

  • Legenda Danau Toba, Tercipta akibat Amarah Putri Jelmaan Ikan
  • 20 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Pencinta Wisata Alam

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, mengimbau pihak-pihak terkait untuk mengembangkan potensi wisata. 

"Ketika kita bersama, maka kita kuat. Ketika kita bertekad, maka Desa Partuko Naginjang-Togaraja akan dikenal, dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara. Pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Partuko Naginjang," tuturnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/18/203746527/togaraja-tempat-wisata-baru-samosir-untuk-nikmati-panorama-danau-toba

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke