Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Horor di Jawa Barat yang Bikin Merinding

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Barat tidak hanya terkenal akan pemandangan alam, situs bersejarah, dan ragam kulinernya, tapi juga tempat-tempat yang bisa dijadikan lokasi wisata horor. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, mengatakan bahwa obyek wisata mistis tengah diminati baru-baru ini. 

Dilansir dari Antara, Sabtu (18/6/2022), berikut lima tempat wisata horor dan mistis yang ada di Jawa Barat menurut Benny:

Rumah Pengabdi Setan sebenarnya merupakan lokasi syuting film Pengabdi Setan yang disutradarai oleh Joko Anwar. Di dalam film yang dirilis pada tahun 2017 ini, para karakter utama yang merupakan sebuah keluarga tinggal di rumah tua.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (5/5/2022), rumah yang sudah ada sejak tahun 1800-an itu berlokasi di lahan milik PTPN VIII, yakni di Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Pada zaman dahulu, rumah ini difungsikan sebagai rumah dinas pimpinan perkebunan teh yang saat ini dikenal sebagai PTPN VIII. 

Wisatawan bisa mendatangi rumah yang tidak lagi dihuni ini. Jam bukanya 24 jam dan harga tiket masuknya mulai dari Rp 10.000. 

"Begitu tiba, langsung terasa banget aura mistisnya. Semakin horor ketika kita masuk ke dalam rumahnya. Apalagi pas di kamar Ibu (salah satu karakter utama di film). Itu seram banget. Tapi seru sih, berwisata sekaligus uji nyali," ujar seorang pengunjung, Tanti Dewi, dikutip dari Antara. 

Di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terdapat sebuah hotel yang dulunya bernama Samudera Beach Hotel. Penginapan yang kini dikenal sebagai Grand Inna Samudra Beach didirikan pada tahun 1962, serta diresmikan pada tahun 1966.

Di hotel itu, terdapat sebuah kamar yang dikhususkan untuk penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (12/11/2008), awalnya kamar nomor 720 yang disediakan untuk Nyi Roro Kidul. Namun, tiga bulan kemudian, berubah menjadi kamar nomor 308. 

Kamar 308 pun pernah diangkat ke layar lebar melalui film 308 yang disutradari oleh Jose Poernomo dan dirilis pada tahun 2013. 

Bangunan cagar budaya Goa Sunyaragi didirikan oleh cicit Sunan Gunung Jati kira-kira pada abad ke-16. Meski namanya gua, namun bangunannya lebih mirip seperti sebuah candi dari batu-batu karang.

Goa Sunyaragi berada di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (2/5/2022), terdapat mitos terkait Goa Sunyaragi yang tersebar di masyarakat, yaitu anak perawan dilarang menyentuh tunggul batu patung Perawan Sunti yang ada di tengah kolam. 

Jika nekat menyentuh patung tersebut, maka diyakini akan sulit mendapat jodoh.

"Perawan Sunti sendiri adalah seorang anak perawan yang hamil dan melahirkan, tapi tidak pernah mengalami persetubuhan tubuh. Dalam agama Islam, sosok Perawan Sunti adalah ibu dari nabi Isa, Siti Maryam," kata pemandu kawasan wisata Gua Sunyaragi, Jajat Sudrajat.

Ia melanjutkan, patung Perawan Sunti yang asli kini telah disimpan di balai cagar budaya. 

Goa Sunyaragi buka hingga pukul 16.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 15.000 untuk masyarakat umum. 

4. Goa Miring

Jika berwisata ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kamu bisa mendatangi Goa Miring yang berlokasi di kawasan cagar alam Pangandaran.

Gua ini disebut Goa Miring karena wisatawan yang ingin menjelajahi gua ini harus memiringkan badannya. 

Di dalam gua, terdapat batu yang bentuknya terlihat seperti pocong, kuntilanak, dan tengkorak.

Adapun batu tersebut sebenarnya merupakan stalaktit yang menggantung, sehingga memberi kesan tersendiri. 

Jembatan Cirahong terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Fungsi jembatan ini adalah menghubungkan Desa Panyingkiran di Kabupaten Ciamis dengan Kecamatan Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya.

Tidak hanya itu, jembatan yang berada sekitar 66 meter di atas Sungai Citanduy ini juga menjadi jalur alternatif dari Tasikmalaya menuju Ciamis dan sebaliknya.

Jembatan sepanjang 202 meter ini menggunakan konstruksi baja, serta menjadikannya jembatan kereta api peninggalan zaman Belanda di Kabupaten Ciamis.

Jembatan Cirahong memiliki kisah mistis yang beredar di masyarakat. Salah satunya mengenai sepasang pengantin yang dijadikan tumbal di beton penyangga jembatan. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/18/223830427/5-tempat-wisata-horor-di-jawa-barat-yang-bikin-merinding

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke