Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Tempat Wisata di Bandung, Pas buat Liburan Sekolah

KOMPAS.com – Libur akhir tahun telah tiba. Sebagian keluarga sudah mulai merencanakan liburan ke sejumlah tempat wisata menarik, termasuk salah satunya ke Bandung.

Ada sejumlah tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang cocok dikunjungi oleh keluarga bersama dengan anak-anak.

Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan ramah anak, seperti disusun oleh Kompas.com.

Jika berencana pergi liburan bersama anak-anak, Jendela Alam bisa menjadi tempat wisata yang pas untuk dikujungi.

Di Jendela Alam, anak-anak bisa bermain sambil belajar. Sesuai dengan namanya, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan yang dekat dengan alam. 

Aktivitas yang bisa dilakukan di antaranya adalah berkebun, beternak, memberi makan binatang, naik kuda, hingga naik kereta mini.

Lokasi Jendela Alam ada di Jalan Sersan Bajuri KM 4,5, Lembang, Bandung, Jawa Barat. 

Pada hari Senin sampai Jumat buka pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional mulai beroperasi pukul 08.30 sampai 17.30 WIB.

Harga tiket masuk per orangnya adalah Rp 24.000. Tersedia juga sejumlah paket hiburan yang dipatok mulai dari harga Rp 122.000. 

Dilansir dari Kompas.com (31/03/2022), Rabbit Town adalah tempat wisata yang bisa digunakan sebagai tempat kulineran, tempat foto dan melihat berbagai jenis binatang. 

Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi kamu yang mencari tempat wisata di Bandung untuk dikunjungi anak-anak. Sebab, selain bisa bermain, banyak juga spot dengan desain warna-warni yang memanjakan mata. 

Tiket masuk ke kawasan Rabbit Town gratis dan tempatnya juga dibuka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. 

Rabbit Town berlokasi di Jalan Rancabentang Nomor 30-32, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pilhan tempat wisata di Bandung lainnya yang dapat dikunjungi untuk mengisi masa liburan sekolah adalah De’Ranch Lembang. Seperti namanya, destinasi ini berlokasi di Lembang.

Rombongan anak-anak dan keluarga yang berkunjung ke tempat ini bisa menjajal wisata kuda ala cowboy seperti di film-film. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi binatang sekalian memberi makanan segar, seperti sayuran. 

Tersedia juga tempat pemancingan, area bermain anak, restoran, serta lokasi untuk kegiatan memanah. 

De’ Ranch Lembang berada di Jalan Maribaya Nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Biaya masuk per orang adalah Rp 26.000. Setiap tiket masuk mendapatkan voucher yang bisa ditukar dengan satu cangkir susu sapi. Untuk usia dua tahun ke bawah tidak perlu membayar tiket masuk. 

Jadwal operasionalnya untuk hari biasa (weekday) adalah pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sementara saat akhir pekan (weekend) buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. 

Sebagai informasi, tempat wisata ini tutup setiap Senin. Namun, jika Senin jatuh saat libur nasional, De’ Ranch Lembang tetap buka. 

Farmhouse Susu Lembang sudah cukup populer sebagai tempat wisata untuk anak dan keluarga. 

Daya tarik dari Farmhouse Susu Lembang salah satunya karena menawarkan konsep suasana ala Eropa. 

Melansir dari Kompas.com (01/03/2022), pengunjung bisa menjajal berbagai aktivitas seru, seperti belajar soal pengolahan susu dari proses pemerahan hingga siap dikonsumsi. 

Terdapat banyak bangunan ala Eropa yang Instagramable dan bisa dijadikan spot berswafoto, termasuk sambil mengenakan kostum sewaan tradisional Eropa.  

Biaya masuk ke Farmhouse Susu Lembang per orangnya adalah Rp 30.000. Nanti tiketnya bisa ditukarkan dengan susu murni atau diskon makanan di Backyard. Hanya pengunjung usia di atas 2 tahun yang wajib membayar tiket masuk. 

Alamatnya ada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Buka pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. 

Sesuai dengan namanya, Lembang Wonderland menawarkan tempat wisata ala negeri dongeng yang Instagramable. 

Banyak bangunan dan area unik bak film fantasi yang bisa dinikmati, seperti Snow Village, Sweet Field, Taman Ice Cream, Magical Cave, Magical Forest, dan Wonderland Playground, dikutip dari Kompas.com (25/04/2022). 

Bagi yang ingin berkunjung alamatnya ada di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Harga tiketnya Rp 35.000 per orang, tiket mulai berlaku untuk pengunjung dengan tinggi di atas 80 cm. 

Dengan biaya tersebut, pengunjung dapat puas berburu foto Instagramable di sejumlah spot ala negeri dongeng.  

Pada Senin sampai Jumat tempat ini dibuka mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Sementara pada Sabtu dan Minggu buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB.

Bandung memiliki sejumlah taman menarik untuk didatangi anak-anak, salah satunya adalah Taman Foto atau Taman Fotografi. 

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti taman bermain anak, akses Wifi, dan kursi-kursi yang bisa dipakai untuk bersantai.

Dilansir dari Kompas.com (30/1/2022), taman dengan luas 500 meter persegi ini biasanya dipakai sebagai tempat untuk pameran foto dari berbagai kalangan, dari yang baru belajar fotografi hingga profesional.

Oleh karena itu, di area taman tersedia bingkai-bingkai yang dibuat dari besi dan kaca untuk meletakkan foto. 

Lokasinya ada di Jalan Kemuning Nomor 4, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Fairy Garden by The Lodge juga bisa menjadi pilihan tempat wisata di Bandung untuk dikunjungi keluarga dan anak. Di sana, pengunjung dapat melihat berbagai bangunan ala dunia peri.

Dikutip dari Kompas.com (15/05/2022), para petugasnya juga berperan sebagai peri, seperti memakai kostum dan berdandan selayaknya seorang peri. 

Pengunjung bisa mencoba berbagai aktivitas menarik, seperti belajar membuat kerajinan tangan dan memberi makan hewan. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya KM 3, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Jadwal operasional tempat ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. 

Lembang Park & Zoo adalah sebuah kebun binatang yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/01/2020), Lembang Park & Zoo punya banyak koleksi binatang, jumlahnya mencapai sekitar 350 ekor.

Koleksinya juga lengkap, termasuk berbagai jenis unggas, mamalia, primata, hingga reptil. Dengan harga tiket Rp 50.000 saat weekday dan Rp 70.000 ketika weekend, pengunjung sudah bisa melihat seluruh koleksi binatang yang ada.

Tak hanya melihat binatang saja, pengunjungnya juga bisa mencoba rasanya menunggang kuda, memanah, naik perahu, dan bermain di mini waterpark.

Jadwal bukanya untuk hari biasa adalah pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sementara untuk hari libur di Sabtu dan Minggu buka pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Pilihan tempat wisata di Bandung lainnya yang dapat dikunjungi saat liburan sekolah adalah Barusen Hills, yang berlokasi di Gambung Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Dikutip dari Kompas.com (15/11/2020), tempat wisata ini punya fasilitas yang cukup lengkap, seperti wahana bermain anak, kolam renang, tempat foto, hingga kantin.

Tempat foto yang paling menarik bagi pengunjung adalah sebuah taman bunga yang punya bentuk cinta, yakni Barusen Garden.

Jika ingin bermalam di Barusen Hills, tersedia juga tempat camping, glamping, cottage, dan vila yang bisa disewa. 

Memperkenalkan alat musik tradisional adalah bagian dari mengenalkan budaya lndonesia.

Jika ingin mengenalkan kepada anak-anak soal alat musik tradisional Jawa Barat, kita bisa mengajak mereka berkunjung ke Saung Angklung Udjo.

Dikutip dari situs resminya, anak-anak bisa banyak belajar soal alat musik angklung dan melihat pertunjukan musik. 

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka Nomor 118, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pencinta aktivitas menantang bisa berkunjung ke Lug's Gravity.

Di sana, para pengunjung bisa berkendara dengan seluncuran tanpa mesin yang memanfaatkan gravitasi.

Dikutip dari situs resminya, aktivitas seluncuran gravitasi itu terinspirasi dari Olimpiade LUGE trek es atau salju.

Tersedia empat jenis kendaraan yang bisa dicoba, yaitu Gravity Kart, Gravity Luge, Drift Trike, dan Drift Kart.

Namun, usia minimal yang boleh menjajal wahana ini adalah 8 tahun.

Anak usia di bawah 8 tahun tetap bisa naik, tapi dibonceng oleh orang dewasa.

Lokasinya ada di Jalan Dago Giri, Lembang, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempat ini buka dari Selasa sampai Minggu, pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. 

Harga tiket per Juni 2022 untuk usia 8 tahun ke atas mulai dari Rp 50.000 untuk sekali putaran, sedangkan tiga putaran harganya Rp 130.000.

Sementara untuk anak usia 2-8 tahun yang dibonceng dikenai tarif Rp 25.000 sekali putaran. 

Dikutip dari Kompas.com, (18/06/2022), pencinta anjing bisa merapat ke Rumah Guguk, destinasi dengan konsep wisata one stop shopping.

Diketahui ada sekitar 100 anjing di tempat ini, ada ras besar hingga kecil. Jenisnya juga beragam, di antaranya poodle, pom, corgi, pug, french bulldog, yorkshire terrier, golden retriever, labrador, dan masih banyak lagi.

Meski bernama Rumah Guguk, namun pengunjung tak hanya menemui anjing saja, melainkan juga bisa melihat hewan lainnya, seperti kambing, kelinci, iguana, bebek, dan ikan. 

Para pengunjung bisa memberi makan hewan-hewan tersebut, serta berfoto dan beraktivitas dengan anjing-anjing lucu di sana.

Ada pula layanan toko hewan peliharaan di sana.

Rumah Guguk berlokasi di Jalan Pada Lestari Nomor 23, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/19/203045027/12-tempat-wisata-di-bandung-pas-buat-liburan-sekolah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke