Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Halal Indonesia Bisa Jadi yang Terbaik di Dunia

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, dirinya optimistis bahwa wisata halal Indonesia bisa naik ke posisi pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, versi The Global Muslim Travel Index (GMTI).

Ia pun menargetkan wisatawan nusantara sebagai pasar utama wisata halal, karena menurutnya wisata ramah muslim yang dimiliki Indonesia tak kalah beragam jika dibanding dengan negara lain.

"Wisata halal atau wisata ramah muslim kita tidak kalah dengan destinasi lain karena kita memiliki begitu banyak kemampuan untuk mengombinasikan tadabbur alam dan juga wisata religi," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara daring, Senin (20/6/2022).

Sebagai informasi, tahun ini Indonesia berada di peringkat kedua, dari 138 negara di dunia, tepatnya satu peringkat di bawah Malaysia.

Untuk merealisasikan hal ini, Kemenparekraf akan menambah layanan yang sesuai dengan tiga konsep utama wisata halal, yakni need to have atau must have, good to have, dan nice to have.

  • 2 Solusi Kunci untuk Mengembangkan Wisata Halal di Indonesia
  • Konsumsi Kuliner Halal di Indonesia Rp 69 Miliar, Gen X dan Milenial Konsumen Terbesar

"Kita akan terus tingkatkan jumlah layanan tambahan bagi para wisatawan untuk pariwisata halal ini, khususnya dari segi akomodasi dan juga produk-produk kreatif lainnya," ujarnya.

Saat ini, pihaknya juga telah menyusun panduan untuk destinasi wisata halal tambahan dan akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

"Kami telah menyusun kebijakan ini dan dalam waktu singkat akan menerbitkan panduan untuk destinasi tambahan, karena selain dari destinasi unggulan seperti Sumatera Barat, Aceh, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan, ada juga Madura yang ingin mengembangkan (wisata halal)," terangnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/21/103233527/wisata-halal-indonesia-bisa-jadi-yang-terbaik-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke