Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Ide Rayakan Ulang Tahun Jakarta, Staycation dan Main ke Jakarta Fair

KOMPAS.com - Setiap tanggal 22 Juni, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahun. Tahun ini, ibu kota merayakan ulang tahunnya yang ke-495.

Meski menjadi pusat pemerintahan yang sibuk, Jakarta juga memiliki daya tarik wisata yang seolah tidak ada habisnya. Warga lokal dan pendatang bisa menemukan hal-hal baru baik dari sisi tempat wisata maupun atraksi yang ditawarkan.

  • Peristiwa Sejarah yang Diperingati sebagai HUT DKI Jakarta 
  • Sejarah Jakarta, dari Sunda Kelapa hingga Jadi Ibu Kota Negara

Aktivitas yang dilakukan mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata budaya, mencari spot-spot foto cantik untuk diunggah di media sosial, hingga tren staycation atau menginap di hotel yang tidak jauh dari rumah.

Beberapa ide kegiatan tadi bisa dilakukan untuk ikut memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Jakarta dan mengenal ibu kota lebih dalam.

Meski tidak bisa melakukan semuanya dalam satu hari, kamu bisa memilih dan menyesuaikannya dengan waktumu.

Jakarta punya banyak pilihan taman yang bisa dikunjungi sebagai lokasi berolahraga, khususnya pada pagi hari.

Jika sudah tidak sempat di pagi hari, kamu juga bisa berolahraga pada sore hari, karena tidak kalah segar dan menyehatkan.

Beberapa di antara taman yang bisa dikunjungi, seperti Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

Tidak kalah dari kota-kota besar dengan gedung tinggi di dunia, Jakarta memiliki aneka landmark ikonik yang bisa dijadikan latar berfoto.

Beberapa landmark ini berlokasi di tengah keramaian lalu lintas, tapi kamu tetap bisa berfoto dari sisi trotoar.

Sisi sejarah kota Jakarta yang dulunya disebut sebagai Batavia, sangat menarik untuk diketahui. Kamu bisa mempelajari lebih jauh sejarahnya dengan mengunjungi sejumlah museum di Jakarta.

Bahkan, beberapa di antaranya berada di satu kawasan sehingga mudah dicapai dengan berjalan kaki, seperti di kawasan Kota Tua.

Tidak hanya museum, Jakarta juga menjadi rumah dari beragam kesenian, termasuk seni kontemporer.

Kegiatan pergi ke galeri seni tak hanya dapat menambah wawasan sekaligus bisa menambah pengalaman, tetapi juga dapat menjadi ajang pencarian spot foto estetik di ibu kota.

Tentunya, ada berbagai museum dan galeri seni menarik yang bisa dikunjungi, sepeti Galeri Seni Hadiprana, Galeri Nasional, Art:1 New Museum, Museum MACAN, Museum Seni Rupa dan Keramik, MOJA Museum, Museum Basoeki Abdullah, Museum Nasional (gajah), hingga Galeri Salihara.

Merayakan ulang tahun Jakarta seolah belum lengkap kalau belum ke Jakarta Fair Kemayoran 2022 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ). Pameran rutin tahunan ini digelar dari 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selama di PRJ, kamu bisa berwisata kuliner, menonton konser musik, belanja, hingga menyaksikan pertunjukan kembang api.

Pintu masuk Jakarta Fair untuk hari biasa (weekdays) dibuka pukul 15.30 sampai 22.00 WIB. Sementara untuk akhir pekan (weekend) mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Jakarta menjadi salah satu kota favorit masyarakat untuk staycation. Aktivitas menginap di hotel yang tidak terlalu jauh dari rumah atau masih dalam satu kota ini memang menjadi tren beberapa tahun terakhir.

Menurut data Traveloka, misalnya, lokasi akomodasi favorit ada di di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, diikuti Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Sementara, jenis akomodasi yang paling diminati adalah hotel dan apartemen.

Agar pemilihan akomodasi menjadi lebih nyaman dan sesuai kebutuhanmu, sebelum memesan, kamu bisa membaca ulasan atau review dari para tamu hotel sebelumnya.

Meski tengah merayakan momen ulang tahun Jakarta, perlu diingat bahwa 22 Juni 2022 adalah hari Rabu, atau hari kerja.

Namun, jangan khawatir karena kamu bisa bekerja sambil menginap di hotel atau workcation.

Selain staycation, tren business trip (perjalanan bisnis) atau workcation saat pertengahan minggu juga digemari masyarakat.

Ada banyak sekali hotel di Jakarta yang sudah menyediakan fasilitas workcation, seperti salah satunya koneksi internet yang mumpuni.

Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak pilihan moda transportasi yang nyaman.

Mulai dari menjelajahi penjuru kota dengan layanan Transjakarta, yang merupakan jaringan BRT (Bus Rapid Transit) dengan jalur bus terpanjang di dunia.

Lalu, bagi pecinta moda transportasi berbasis rel, Jakarta memiliki MRT Jakarta, LRT, dan juga KRL yang dapat membawamu ke berbagai pilihan destinasi wisata di ibu kota.

Terakhir, kamu juga bisa mencoba naik Bus Wisata Transjakarta. Cek terlebih dahulu rute mana saja yang tersedia dan di mana titik penjemputan atau penurunan penumpang.

Sebagai informasi, khusus hari ini atau 22 Junu, sejumlah transportasi umum di DKI Jakarta melayani penumpang secara gratis untuk merayakan HUT ibu kota.

Dapat dikatakan, Jakarta adalah melting pot beragam budaya. Selain kawasan pecinan di Glodok, misalnya, kamu bisa mendatangi area Little India di Pasar Baru dan area Little Tokyo di Blok M.

Tak hanya jalan-jalan sendiri, kamu bisa ikut tur berdurasi beberapa jam bersama wisatawan lainnya, atau biasa disebut Walking Tour yang memiliki beragam pilihan rute perjalanan.

Lalu, jika kamu ingin mengetahui lebih jauh soal budaya Betawi, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Setu Babakan.

Selain menikmati makanan khas Betawi, kamu bisa belajar membuat kerak telor dan mengelilingi museum.

Selain mal, Jakarta punya banyak tempat wisata di luar ruangan yang wajib dikunjungi. Misalnya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Alam Mangrove, dan Dunia Fantasi atau Dufan di Taman Impian Jaya Ancol.

Selain taman wisata, kamu juga bisa menjelajahi keindahan Kepulauan Seribu di Jakarta dengan mengikuti tur atau paket wisata. 

Nah, dari berbagai ide kegiatan untuk merayakan ulang tahun Jakarta di atas, mana yang menjadi pilihanmu? 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/22/163412627/9-ide-rayakan-ulang-tahun-jakarta-staycation-dan-main-ke-jakarta-fair

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke