Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yunani Catat Peningkatan Wisatawan hingga 884 Persen per April 2022

KOMPAS.com - Yunani mencatat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 884 persen pada April 2022, jika dibandingkan dengan periode sama pada tahun sebelumnya. Data ini dirilis oleh Bank Yunani.

Selain itu, sumber yang sama menemukan adanya total 1.000 persen peningkatan penerimaan yang relevan pada April tahun ini, jika dibandingkan April 2021.

Menteri Pariwisata Yunani, Vassilis Kikilias mengungkapkan, terlepas dari masih adanya ketidakpastian dan belum adanya stabilitas di seluruh dunia, liburan musim panas memiliki dampak positif pada sejumlah negara, termasuk Yunani.

Menurutnya, ini menjadi sebuah pesan positif di tengah upaya pemulihan di masa pandemi Covid-19 pada sektor pariwisata, perdagangan, sektor primer, serta usaha kecil dan menengah.

"Angka dan data sejauh ini sangat bagus," ungkap Kikilias, seperti dikutip Kompas.com dari SchengenVisaInfo.com, Kamis (23/06/2022).

Ia menambahkan, ada kerja sama erat antara Kementerian Pariwisata dan Tenaga Kerja bersama sejumlah pihak untuk masalah ketenagakerjaan.

Selama musim panas, menurutnya penting untuk dilakukan inspeksi secara terus-menerus untuk memastikan keberlangsungan produk pariwisata negara tersebut.

"Kami bekerja sama dengan institusi pariwisata dan kepala daerah untuk terus memberikan hasil maksimal dalam upaya peningkatan produm wisata dan arus perjalanan," ucapnya.

Menurut laporan European Travel Commision (ETC), misalnya, bagi para wisatawan Eropa yang merencanakan liburan dalam beberapa bulan ke depan, Yunani masih masuk dalam daftar lima besar destinasi paling banyak dituju.

Dalam laporan tersebut, Yunani menempati urutan keempat dengan 6,6 persen warga Eropa berencana menghabiskan waktu liburan mereka di negara tersebut.

Sementara tiga destinasi yang menempati tiga urutan pertama adalah Spanyol (10,2 persen), Perancis (10,1 persen), dan Italia (9,6 persen).

Secara spesifik, Yunani menjadi destinasi favorit bagi warga negara seperti Jerman, Inggris, Perancis, Polandia, Austria, dan Italia. Namun, bagu warga Belanda, Spanyol, dan Swisa, negara Mediterania tersebut tak jadi destinasi utama.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/23/124100927/yunani-catat-peningkatan-wisatawan-hingga-884-persen-per-april-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke