Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, Ini Rute dan Akses Transportasi

KOMPAS.com - Usai direvitalisasi sejak Juli 2019, Taman Ismail Marzuki (TIM) kini hadir dengan wajah baru dan telah dibuka secara bertahap mulai 3 Juni 2022.

Berlokasi di Jalan Cikini Raya 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, kamu bisa mencapai TIM dengan beragam opsi transportasi, baik naik kendaraan pribadi maupun umum.

"Kalau ke TIM ada banyak opsi, bisa turun di Halte TIM depan, bisa turun di Stasiun Cikini dan Gondangdia paling dekat, sekiloan bisa jalan kaki," kata Project Control and Communication Manager proyek Revitalisasi TIM Adriani Lestari, kepada Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Ke Taman Ismail Marzuki naik transportasi umum

Mengambil titik tengah Monas, kamu bisa memilih sejumlah opsi transportasi di bawah ini untuk menuju Taman Ismail Marzuki:

Akses tranportasi umum paling mudah, kamu bisa naik KRL (Kereta Rel Listrik) ke Stasiun Cikini maupun Gondangdia. Kedua stasiun ini hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari TIM.

Dari Stasiun Cikini atau Stasiun Gondangdia, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki, maupun memesan ojek online yang tarifnya Rp 14.000.

Kemudian, opsi transportasi umum lainnya yaitu menggunakan TransJakarta koridor 6H (Senen-Lebak Bulus).

Untuk yang naik koridor 6H, kamu bisa turun di halte bus pengumpan Transjakarta Cikini. Halte ini ada di depan Ibis Budget Hotel. Lalu jalan kaki sekitar 70 meter ke TIM.

Sedangkan bagi yang ingin naik MRT, kamu bisa berhenti di Stasiun MRT Bundaran HI yang jaraknya sekitar 3 kilometer saja. Perjalanan dilanjutkan dengan ojek online.

Rute transportasi pribadi ke Taman Ismail Marzuki

Mengambil titik tengah Monas, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 3 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 8 menit saja menuju TIM.

Dari Jalan Medan Merdeka Selatan, terus lurus sejauh 600 meter. Lalu, ambil lajur kanan untuk berbelok sedikit ke kiri menuju Jalan Silang Merdeka Tenggara.

Lurus terus sejauh 50 meter, dan belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Timur, melewati Kementerian Perdagangan RI.

Sekitar 500 meter, kamu akan bertemu tikungan tajam, memasuki Jalan Arief Rachman Hakim. Ikuti terus di jalan ini, hingga belok sedikit ke kiri, masuk ke Jalan Menteng Raya.

Tak sampai satu kilometer dari Jalan Menteng Raya, kamu akan memasuki Jalan Cikini Raya. Taman Ismail Marzuki ada di sebelah kiri jalan raya, persisnya berseberangan dengan Hotel Alia Cikini.

Adapun untuk saat ini area yang masih dibuka ialah Galeri Seni dan Galeri Annex setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Keduanya bisa dikunjungi secara gratis. Pengunjung hanya perlu datang dan mendaftar lewat scan di depan pintu masuk.

"Saat ini kita buka gratis, tapi mungkin tidak menutup kemungkinan ke depannya ada biaya masuk, mempertimbangkan untuk operasional seperti listrik dan perawatan," ujar Adriani.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/24/060600527/wajah-baru-taman-ismail-marzuki-ini-rute-dan-akses-transportasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke