Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute ke Bukit Durian Sagara di Sukabumi, Perhatikan Jenis Kendaraan

KOMPAS.com – Sukabumi diketahui punya tempat wisata alam yang asri di kawasan dataran tinggi nan sejuk, bernama Bukit Durian Sagara. 

Bukit Durian Sagara punya dua konsep, yang pertama adalah tempat makan durian langsung dari kebunnya. Kemudian, yang kedua adalah wisata alam yang menawarkan panorama perbukitan hijau. 

Sebelum dijadikan tempat wisata alam, pengelola Bukit Durian Sagara Karina Larasati menjelaskan dulunya tempat ini hanya berupa perkebunan durian seluas 13 hektar. 

Setelah perkebunan durian yang dirintis dari tahun 2012 makin berkembang, pengelola punya ide untuk membuat tempat wisata alam.

Pada akhirnya, dibuatlah tempat wisata alam di kawasan perkebunan pada 13 November 2021 lalu.

Lokasi dan Rute Bukit Durian Sagara

Bukit Durian Sagara terletak di kawasan dataran tinggi yang ada di Desa Sukamaju, Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat.

Karina mengungkapkan bahwa rute menuju ke tempat wisata ini cukup sulit dijangkau dengan transportasi umum karena letaknya ada di daerah dataran tinggi.

“Lokasi kami ditengah perbukitan sehingga akan sulit menemukan transportasi umum untuk sampai langsung ke lokasi,” kata Karina kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Meski begitu, sambung dia, ada beberapa pilihan transportasi, seperti naik ojek dari jalan besar. Namun, harganya cukup mahal. 

Lantaran alasan tersebut Karina menyarankan calon pengunjung untuk naik kendaraan pribadi saja, jika ingin datang ke Bukit Durian Sagara. 

“Kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan apabila menggunakan mobil dianjurkan untuk menggunakan mobil tinggi untuk menyesuaikan dengan akses ke tengah perbukitan,” sarannya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika untuk saat ini kendaraan seperti elf, mini bus, serta kendaraan yang lebih besar lainnya tidak dapat melewati jalan yang tersedia. 

Jadi sebelum berkunjung ke sini, sebaiknya pastikan dulu kendaraan tidak terlalu besar agar bisa melewati jalan menuju lokasi.

Menuju Bukit Durian Sagara naik kendaraan pribadi 

Jarak ke Bukit Durian Sagara dari Kota Sukabumi adalah sekitar 72,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 21 menit.

Dari Kota Sukabumi, pengunjung bisa ambil rute menuju ke Palabuhan Ratu, baik via Cibadak atau via Cimanggu.

Sesampainya di Palabuhan Ratu, ikuti jalan utama ke arah barat. Nantinya, ada pertigaan setelah Grand Inna Samudra Beach atau sebelum Jembatan Cikakak.

Belok kanan tinggalkan jalan utama di pertigaan itu masuk di Jalan Cikakak-Ciputat. Lurus terus sampai pertigaan Masjid Al-Istiqomah.

Belok kanan di pertigaan itu meninggalkan jalan Cikakak-Ciputat. Perjalanan pun akan sampai di Bukit Durian Sagara.

Harga tiket masuk Bukit Durian Sagara

Biaya masuk ke Bukit Durian Sagara adalah Rp 5.000 per orangnya. Sementara tarif parkirnya bervariasi tergantung jenis kendaraan.

“Untuk motor Rp 3.000, sedangkan mobil Rp 5.000,” jelas Karina.

Adapun, jadwal bukanya dimulai pada pagi hari di pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB, setiap harinya tanpa libur.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/24/073100127/rute-ke-bukit-durian-sagara-di-sukabumi-perhatikan-jenis-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke