Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Wisata Edukasi Bali, Pas Buat Libur Sekolah

KOMPAS.com - Bali tak pernah gagal memikat wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Daya tarik Bali adalah menawarkan beragam destinasi wisata, mulai pantai, gunung, danau, budaya, edukasi, dan lainnya. 

Saat musim libur sekolah seperti sekarang ini, wisata edukasi Bali bisa menjadi alternatif bagi para orangtua mengajak anak-anaknya bermain. Jadi, sembari berwisata anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. 

Berikut rekomendasi wisata edukasi Bali seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park, atau dikenal sebagai Taman Safari Bali, merupakan salah satu kebun binatang di Bali. Para orangtua dapat mengenalkan anak dengan beragam fauna di obyek wisata ini. 

Mengutip situs Bali Safari & Marine Park, destinasi wisata ini merupakan rumah bagi lebih dari seribu satwa. Selain itu, Bali Safari & Marine Park ini adalah tempat konservasi satwa liar, langka, dan terancam punah di Indonesia. 

Terdapat sekitar 120 spesies hewan, termasuk spesies langka dan terancam punah seperti komodo, orangutan, dan burung jalak Bali. Menariknya, Bali Safari & Marine Park merupakan salah satu destinasi wisata yang dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga saat menghabiskan libur Lebaran 2022 di Bali. 

Sejumlah wahana favorit di Bali Safari & Marine Park antara lain, Jungle Hopper, Elephant Back Safari, The Night Safari Package, Breakfast with the Lions, 4x4 Safari Package, The Bali Agung Show, dan lainnya. 

Lokasinya berada di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8 Gianyar. 

2. Bali Zoo 

Kebun binatang lainnya di Bali adalah Bali Zoo. Berdasarkan informasi dari situs Bali Zoo, terdapat sejumlah wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Sebut saja, Zoo Explorer, Breakfast with Orangutan, Elephant Mud Fun, dan sebagainya. Pengunjung dapat menemukan beragam hewan di Bali Zoo antara lain, singa, buaya, burung kakatua, kura-kura, gajah, orangutan, dan masih banyak lagi. 

Tak heran, Bali Zoo menjadi salah satu alternatif wisata edukasi Bali yang dapat dikunjungi bersama anak-anak saat libur sekolah. Lokasinya berada di Jalan Raya Singapadu, Singapadu, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar. 

3. Kebun Raya Bali 

Obeyk wisata yang berdiri pada 1959 ini, bernama Kebun Raya Eka Karya Bali. Namun, masyarakat  kerap menyebutnya sebagai Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Bedugul. 

Sebab, lokasinya berada di kawasan wisata Bedugul tepatnya di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Berdiri di lahan seluas 157,5 hektare (ha), Kebun Raya Bali merupakan kebun raya terluas yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Berdasarkan informasi dari situs Kebun Raya Bali LIPI, luasan tersebut melebihi Kebun Raya Cibodas (84,99 ha), Kebun Raya Bogor (87 ha), dan Kebun Raya Purwodadi (85 ha). 

Selain menikmati beragam koleksi tanaman dan tumbuhan langka, pengunjung bisa mempelajari aneka jenis flora tersebut. Uniknya, Kebun Raya Bali memiliki koleksi pohon yang usianya lebih dari seratus tahun. 

4. Pulau Penyu 

Wisata edukasi Bali selanjutnya adalah Pulau Penyu. Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung, pulai ini merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. 

Penangkaran penyu tersebut bernama Pudut Sari. Jadi, pengunjung dapat mempelajari cara melestarikan penyu-penyu tersebut. 

Lokasinya berjarak sekitar 30 menit dari Tanjung Benoa menggunakan perahu atau boat. Seperti diketahui, Tanjung Benoa merupakan salah satu pantai di Bali yang dikenal sebagai pusat wisata air (watersports). 

Berbagai kegiatan watersport di Tanjung Benoa meliputi snorkeling, banana boat, parasailing, waterski, jetski, scuba diving, dan sebagainya. 

5. Bali Bird Park 

Bali Bird Park merupakan tempat pelestarian, konservasi, dan pengembangbiakan berbagai jenis burung eksotis dari Indonesia dan negara lain. Lokasinya berada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar. 

Berdasarkan informasi dari situs Bali Bird Park, obyek wisata ini dibentuk menyerupai habitat alami burung-burung tersebut. Terdapat sekitar 1.000 burung di Bali Bird Park yang berasal dari 250 spesies. 

Salah satu spesies burung yang dilestarikan di Bali Bird Park adalah burung Jalak Bali. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti restoran, bioskop 4D, dan lainnya. 

6. Bali Art Center Denpasar

Obyek wisata ini merupakan kompleks bangunan untuk pelestarian budaya serta pengembangan pusat kesenian Bali. Wisatawan juga menyebutnya sebagai Taman Budaya Bali. 

Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kota Denpasar, pengunjung bisa mempelajari kebudayaan serta kesenian Bali. Tak heran, Bali Art Center Denpasar merupakan salah satu wisata edukasi Bali. 

Komplek bangunan Bali Art Center memiliki luas kurang lebih lima hektar dengan gaya arsitektur tradisional Bali. Adapula taman-taman yang tertata rapi. 

Komplek bangunan di Bali Art Center Denpasar terdiri dari empat kompleks. Pertama, kompleks bangunan suci, meliputi Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dan lainnya.

Kedua, kompleks bangunan tenang, meliputi Perpustakaan Widya Kusuma. Ketiga, kompleks bangunan setengah ramai, meliputi Studio Patung, Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Wisma Seni dan Wantilan. 

Terakhir, komplek bangunan ramai yang meliputi, Panggung terbuka Ardha Candra, dan Panggung tertutup Ksirarnawa. Lokasinya berada di Jalan Nusa Indah No.1, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. 

7. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan salah satu dari sembilan desa adat di Bali. Lokasi desa terletak di Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. 

Wisatawan dapat mempelajari adat istiadat Bali saat berkunjung ke Desa Penglipuran. Sebab, masyarakat Desa Penglipuran masih memegang teguh tradisi nenek moyang yang sudah berumur ratusan tahun, seperti dikutip dari Kompas.com (23/5/2022). 

Selain sistem aturan pemerintah, mereka masih menerapkan hukum tradisional di masyarakat, yakni awig-awig. Kemampuan mempertahankan tradisi ini, merupakan salah satu daya tarik Desa Penglipuran. 

Mereka menjunjung tinggi adat istiadat, nilai gotong royong kekeluargaan, kearifan lokal yang berlandaskan konsep Tri Hitha Karana. Desa Penglipuran memiliki ciri khas bentuk arsitektur bangunan tradisional serupa dan tersusun rapi, dari hulu hingga hilir desa. 

8. Taman Nusa

Taman Nusa merupakan taman wisata budaya yang menyajikan pengetahuan tentang budaya dari berbagai etnis di Indonesia. Berdasarkan informasi dari situs Taman Nusa, terdapat lebih dari 60 rumah tradisional, sebagian diantaranya telah berumur ratusan tahun.

Di kawasan seluas 10 hektar itu, pengunjung akan merasa sensasi menjelejah Indonesia. Selain itu, pengunjung dapat melihat berbagai kerajinan tradisional karya para seniman lokal. 

Uniknya, wisatawan dapat ikut serta dalam tarian serta musik tradisional, seperti kolintang dari Sulawesi Utara dan angklung dari Jawa Barat. Lokasinya berada di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Gianyar. 

9. Mason Elephant Park & Lodge

Wisata edukasi Bali selanjutnya adalah Mason Elephant Park & Lodge. Berdasarkan informasi dari Tribun News (9/5/2022), tempat ini merupakan pusat perlindungan bagi 31 kawanan spesies gajah Sumatera.

Jadi, pengunjung bisa mengenal lebih dekat gajah Sumatera di alam bebas. Saat menjelajahi Mason Elephant Park, wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan gajah. 

Selain itu, wisatawan dapat berkeliling taman, serta mengetahui informasi terkait keberadaan spesies gajah Sumatera. Untuk memperdalam wawasan, tempat ini menghadirkan museum dan pusat edukasi gajah yang menyajikan berbagai info terkait asal-usul, sifat dan perilaku, hingga cara konservasi gajah. 

Lokasinya berada di Jalan Elephant Safari Park Banjar Desa Taro Tegallalang, Taro, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar. 

10. Istana Kepresidenan Tampaksiring 

Istana Kepresidenan Tampaksiring merupakan wisata edukasi lantaran kita bisa mengenang sejarah Indonesia. Istana Kepresidenan Tampaksiring berdiri atas prakarsa Soekarno saat menjabat sebagai Presiden RI pertama. 

Mengutip situs Kementerian Sekretariat Negara, Bung Karno menginginkan tempat peristirahatan bagi Presiden RI beserta keluarga dan tamu-tamu negara yang berkunjung ke Bali

Kompleks Istana Kepresidenan Tampaksiring terdiri dari lima gedung utama dan satu pendopo. Salah satu bagian dari Istana Kepresidenan Tampaksiring, adalah Wisma Merdeka yang merupakan tempat Bung Karno  mencari inspirasi, merumuskan pemikiran, serta menuliskan pidato. 

berjalannya waktu, fungsi dari Istana Kepresidenan Tampaksiring mengalami perkembangan menjadi tempat pariwisata. Lokasi Istana Kepresidenan Tampaksiring berada di Jalan Ir Soekarno, Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Bali. 

11. Museum Subak

Subak merupakan sistem irigasi dan pertanian tradisional Bali. Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai subak, maka datanglah ke Museum Subak. 

Lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No.5b, Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan. Sesuai dengan namanya, museum ini menghadirkan koleksi agrikultur, sawah, dan sistem irigasi tradisional Bali, subak. 

Berdasarkan informasi dari Tribun News (9/5/2022), pengunjung dapat mengenal dan mempelajari sistem irigasi dan pertanian tradisional Bali lewat koleksi, pusat informasi, ruang audio visual, perpustakaan, serta miniatur sistem irigasi subak.

Museum ini juga menghadirkan replika rumah tradisional petani Bali yang didesain semirip mungkin dengan rumah petani Bali pada zaman dahulu.

12. Samsara Living Museum

Samsara Living Museum mengusung konsep living museum atau museum kehidupan, seperti dikutip dari Tribun News (9/5/2022). 

Destinasi wisata ini hadir dengan misi khusus, yaitu melestarikan adat dan budaya tradisional Bali. Wisatawan yang berkunjung dapat merasakan langsung tradisi dan ritual tradisional Samsara, seperti water blessing, kelas memasak kuliner bali, kelas tari bali, hingga belajar membuat sesajen bersama dengan komunitas setempat.

Lokasinya berada di Jalan Telaga Tista, Jungutan, Kec. Bebandem, Kabupaten Karangasem. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/24/140200127/12-wisata-edukasi-bali-pas-buat-libur-sekolah-

Terkini Lainnya

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Jalan Jalan
Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Travel Update
Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Jalan Jalan
Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Travel Update
The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

Jalan Jalan
Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Travel Tips
Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Travel Update
Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Travel Update
13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

Travel Update
Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja 'Overtime' Sopir Bus Pariwisata

Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja "Overtime" Sopir Bus Pariwisata

Travel Update
Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

BrandzView
Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Travel Update
Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Travel Update
ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke