Salin Artikel

Panduan Wisata ke Bukit Durian Sagara Sukabumi

KOMPAS.com – Bukit Durian Sagara merupakan tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan pemandangan perbukitan dan lautan.

Bukit Durian Sagara mengusung dua konsep sekaligus, yakni wisata alam dan tempat makan durian langsung dari kebunnya.

Letak Bukit Durian Sagara ada di kawasan dataran tinggi yang berada di Desa Sukamaju, Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat.

Awalnya, tempat ini hanya berfokus pada bisnis perkebunan durian seluas 13 hektare pada 2012. 

Setelah berkembang, dibuatlah tempat wisata dengan konsep alami yang menyatu dengan alam pada 13 November 2021.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Durian Sagara, Kompas.com telah merangkum panduan wisatanya, meliputi jam buka hingga harga tiket.

Jam buka Bukit Durian Sagara 

Jika ingin liburan ke Bukit Durian Sagara, pengunjung bisa datang setiap hari bersama keluarga maupun kawan. 

Adapun jam operasionalnya dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB. 

Pengelola Bukit Durian Sagara Karina Larasati menyebutkan berbagai fasilitas yang ditawarkan kepada para pengunjung.

“Fasilitasnya meliputi restoran, spot foto, area bersantai, musala, toilet, dan tempat parkir yang cukup luas,” ujar dia kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menambahkan beberapa fasilitas lain, seperti penginapan dan arena bermain.

Spot foto di Bukit Durian Sagara yang paling populer adalah jembatan kayu yang digunakan untuk menghubungkan area satu ke area lainnya, misalnya dari tempat makan dengan payung-payung ke tempat lesehan dengan bean bag.

Jika tengah berkunjung di Bukit Durian Sagara, pengunjung bisa melihat budidaya durian serta menikmati hasil panen langsung di tempat.

Pengunjung yang tak menyukai durian tak usah bingung, karena masih bisa menikmati waktu liburannya di Bukit Durian Sagara dengan memesan makanan dan minuman di restoran.

Menu yang tersedia ada nasi goreng, chicken katsu, kentang goreng, nasi timbel, mi goreng, pisang goreng, kelapa muda, aneka jus, dan masih banyak lagi.

Setelah puas makan durian atau menikmati kudapan di restoran, kalian bisa lanjut melihat sunset atau matahari tenggelam pada sore hari.

Jenis dan harga durian di Bukit Durian Sagara

Ada banyak jenis durian yang bisa dicicipi oleh pengunjung, mulai dari durian lokal maupun yang berasal dari luar negeri.

“Jenis duriannya ada montong, matahari, rancamaya, lai, D24, duri hitam, musang king, dan sebagainya,” tuturnya.

Karina mengatakan bahwa harga duriannya tergantung dari varian dan musim. Untuk lokal kisaran Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per buahnya.

Sementara itu, untuk durian dari luar negeri, seperti durian Malaysia, dipatok dari harga Rp 150.000 sampai Rp 350.000 per buahnya.

“Lokasi kami di tengah perbukitan sehingga akan sulit menemukan transportasi umum untuk sampai langsung ke lokasi,” ungkap Karina. 

Walaupun begitu, Karina menyebut ada beberapa pilihan transportasi, seperti naik ojek dari jalan besar, tapi harganya cukup mahal.

Lantaran alasan tersebut Karina menyarankan calon pengunjung untuk naik kendaraan pribadi jika ingin datang ke Bukit Durian Sagara. 

“Kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan apabila menggunakan mobil dianjurkan untuk menggunakan mobil tinggi untuk menyesuaikan dengan akses ke tengah perbukitan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa untuk saat ini kendaraan, seperti mobil elf, mini bus, serta kendaraan yang lebih besar lainnya, tidak dapat melewati jalan yang tersedia. 

Jadi sebelum berkunjung ke Bukit Durian Sagara, sebaiknya calon pengunjung memastikan dulu kendaraan yang dibawa tidak terlalu besar agar bisa melewati jalan menuju lokasi.

Menuju Bukit Durian Sagara naik kendaraan pribadi 

Jarak ke Bukit Durian Sagara dari Kota Sukabumi adalah sekitar 72,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 21 menit.

Dari Kota Sukabumi, pengunjung bisa ambil rute menuju ke Palabuhan Ratu, baik via Cibadak atau via Cimanggu.

Sesampainya di Palabuhan Ratu, ikuti jalan utama ke arah barat. Nantinya, ada pertigaan setelah Grand Inna Samudra Beach atau sebelum Jembatan Cikakak.

Belok kanan tinggalkan jalan utama di pertigaan itu masuk di Jalan Cikakak-Ciputat. Lurus terus sampai pertigaan Masjid Al-Istiqomah.

Belok kanan di pertigaan, meninggalkan jalan Cikakak-Ciputat. Lanjutkan perjalanan, nanti akan sampai di Bukit Durian Sagara.

Harga tiket masuk Bukit Durian Sagara

Bagi yang ingin menikmati keindahan alam berupa perbukitan dan lautan, tiket masuknya sebesar Rp 5.000 per orang.

“Pengunjung juga dikenai tiket parkir, untuk motor Rp 3.000, sedangkan mobil Rp 5.000,” jelas Karina.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/25/114152427/panduan-wisata-ke-bukit-durian-sagara-sukabumi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.