Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Indonesia Gelar Festival Meurah Silu di Aceh Tengah, Pamerkan Aneka Produk UMKM

ACEH TENGAH, KOMPAS.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Aceh dan Bank Indonesia Lhokseumawe menggelar kegiatan Festival Meurah Silu - Karya Kreatif Aceh-Gayo (KKAG) Tahun 2022.

Acara dipusatkan di Lapangan Meusara Alun, Aceh Tengah dan dilaksanakan selama dua hari mulai 25-26 Juni 2022.

Festival salah satu bentuk kontribusi KPw BI Lhokseumawe dan Provinsi Aceh bekerja sama degan seluruh stakeholder ini ditujukan untuk menggali potensi ekonomi serta menjawab tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi di Provinsi Aceh.

Adapun tema acara tahun ini mengangkat Karya Kreatif Aceh-Gayo atau “Festival Meurah Silu-KKAG Tahun 2022” dengan tujuan membangkitkan ekonomi dan kebudayaan daerah pesisir laut dan pegunungan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Lhokseumawe Gunawan dalam siaran persnya, Sabtu (25/6/2022) menyebutkan sebelumnya bahwa even serupa digelar di Kota Langsa.

"Tujuannya adalah meningkatkan nilai tambah produk UMKM Aceh melalui pengembangan dari hulu hingga hilir dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional yang berkelanjutan," kata dia.

Selain itu, kegiatan itu juga mengangkat pameran yang mengusung edukasi kepada pelaku usaha dari berbagai sektor dan juga masyarakat secara umum.

Rangkaian acara Meurah Silu Aceh 2022

Rangkaian kegiatan lainnya berupa diskusi dan seminar mengenai upaya pengembangan industri  dengan dimeriahkan pameran berbagai macam produk unggulan dari seluruh wilayah Provinsi Aceh.

Misalnya pada industri kopi, akan dihadirkan pelaku usaha yang bergerak di bidang pembibitan, petani kopi, roaster kopi, hingga pelaku usaha yang menjual produk kopi olahan

“Keikutsertaan pihak-pihak diberbagai macam proses produksi pada kesempatan itu diharapkan dapat menjadi ajang menjalin kerja sama dan sinergi semua pihak. Begitu juga dengan industri-industri lain, sehingga kemudian akan tercipta ruang kerja sama antar-pelaku usaha maupun antar industri,” kata Gunawan.

Festival Meurah Silu Aceh 2022 diresmikan Gubernur Aceh Tengah yang diwakili Staff Ali Gubernur Aceh Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Mawardi.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/25/193100727/bank-indonesia-gelar-festival-meurah-silu-di-aceh-tengah-pamerkan-aneka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke