Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata Anak dan Keluarga di Bali, Bisa buat Bermain dan Belajar

KOMPAS.com – Saat musim liburan tiba, Bali merupakan salah satu tempat di Indonesia yang banyak dikunjungi para wisatawan. 

Ketika liburan sekolah tiba, tak hanya solo traveler saja menghabiskan waktunya di Bali, tapi rombongan keluarga dan anak-anaknya pun ikut serta. 

Jika dalam waktu dekat berencana liburan ke Bali bersama anak-anak, tak ada salahnya mengajak mereka mengunjungi beberapa tempat menarik ini:

1. Elephant Safari Park

Tempat wisata yang pas untuk anak-anak di Bali ada Elephant Safari Park atau bisa juga disebut Elephant Park Taro. Alamat lengkapnya ada di Desa Taro, Gianyar, Bali. 

Pengunjung bisa menjajal berbagai aktivitas seru, seperti naik gajah di sekitar taman, memandikan gajah, memberi makan, dan berfoto dengan gajah.

Elephant Safari Park yang dibangun pada 1989 itu didirikan di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan desain menarik berupa taman-taman yang indah, dikutip dari laman Direktori Pariwisata Indonesia. 

Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari restoran, toko souvenir, museum dan pusat informasi, hotel dan bungalow, butik, tempat spa, gazebo, hingga kolam renang. Jam bukanya adalah pukul 10.00  hingga 17.00 Wita.


2. Bali Bird Park

Selanjutnya ada Bali Bird Park yang menawarkan pengalaman melihat taman burung yang dibuat seperti habitat aslinya. 

Dilansir dari laman resminya, pengunjung bisa berjalan melintasi taman yang dibuat mirip dengan kepulauan Indonesia, Amerika Latin, Afrika, dan Australia.

Sembari melihat ribuan koleksi burung, pengunjung pun seolah berada di habitat asli burung tersebut.

Setelah puas melihat berbagai jenis burung, pengunjung bisa makan di restoran yang menawarkan hidangan lokal maupun internasional, mampir di kafe atau mencoba masuk ke bioskop 4D yang menampilkan pertunjukan burung. 

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak untuk belajar soal burung. Alamatnya ada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Gianyar, Bali.

Jadwal operasionalnya dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 17.30 Wita, sedangkan harga tiketnya dibandrol dari Rp 80.000. 

3. Bali Safari and Marine Park

Dilansir dari laman Bali Safari and Marine Park, tempat ini bisa dijadikan tempat petualangan sekaligus belajar. 

Setidaknya ada 120 jenis hewan yang bisa dilihat, termasuk spesies langka dan yang terancam punah, seperti komodo, orangutan, dan jalak bali.

Selain menjadi tujuan wisata keluarga dan anak-anak, Bali Safari and Marine Park juga merupakan salah satu tempat konservasi satwa liar di Indonesia.

Mereka secara aktif terlibat dalam memastikan kelangsungan hidup dan kesejahteraan banyak spesies hewan Indonesia agar tetap hidup dan tak punah di kemudian hari. 

Bali Safari and Marine Park berada di Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Nomor Km 19, Gianyar, Bali. Mulai beroperasi pada pukul 09.00 hingga 17.00 Wita.


4. Istana Tampaksiring

Istana Tampaksiring adalah tempat peristirahatan Presiden Republik Indonesia serta tamu-tamu negara. 

Diketahui terdapat empat gedung utama yang punya fungsi berbeda, yaitu Wisma Merdeka, Wisma Yudhistira, Wisma Negara, dan Wisma Bima.

Dilaporkan dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pembangunan pertama dimulai dari Wisma Merdeka dan Wisma Yudistira di tahun 1957, kemudian disusul pembangunan Wisma Negara dan Wisma Bima yang baru selesai dibangun pada 1963.

Pembangunan Istana Kepresidenan Tampaksiring ini dilakukan untuk melengkapi bangunan istana lainnya yang ada di Indonesia, seperti  Istana Bogor, Istana Merdeka Jakarta, Istana Cipanas, dan Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Fakta lainnya terkait bangunan ini adalah Istana Tampaksiring merupakan satu-satunya istana yang dibangun setelah Kemerdekaan Indonesia.

Luas areanya mencapai 19 hektar dan tampak asri dengan banyak tanaman dan pohon yang tumbuh. Lokasinya di Jalan Dr Ir Soekarno, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

5. Taman Nusa

Mengajari anak-anak soal kebudayaan Indonesia sangatlah penting, apalagi ada banyak suku, etnis, dan adat istiadat di negeri ini.

Jika tengah berada di Bali, anak-anak bisa diajak datang ke Taman Nusa yang ada di Jalan Taman Bali–Banjarangkan, Gianyar, Bali.

Pengunjung bisa belajar tentang budaya tradisional dari berbagai etnis Indonesia dalam suasana alam pulau Bali, dikutip dari laman Taman Nusa. 

Taman Nusa mencangkup luas sekitar 10 hektar dengan banyak tempat menarik yang bisa dijelajahi, mulai dari panorama perjalanan waktu Indonesia pada masa prasejarah hingga pada masa kerajaan.

Selain belajar, pengunjung juga disuguhi pemandangan indah dari pegunungan, tebing, sungai dan bangunan-bangunan tradisional Indonesia yang tampak menyatu dengan alam.

Taman Nusa bisa dikunjungi setiap dari pagi pada pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.


6. Pulau Penyu

Pencinta hewan laut seperti Penyu bisa mencoba berkunjung ke Pulau Penyu yang terletak sekitar 30 menit dari Tanjung Benoa dengan naik perahu. 

Pulau ini secara khusus digunakan sebagai tempat penangkaran berbagai jenis penyu yang sudah mulai langka dan terancam punah.

Nama penangkarannya adalah Pudut Sari, dilansir dari laman Pemerintahan Kuta Selatan Kabupaten Badung. 

Adapun di Tanjung Benoa, kamu bisa menjajal berbagai aktivitas seru, seperti snorkeling, jetski, scuba diving, hingga sea walker. Di Pulau Penyu, pengunjung bisa datang ke galeri yang menjual berbagai macam suvenir.

Pulau Penyu berada di kawasan Badung, Bali. Bisa mulai dikunjungi dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00 Wita.

7. Monkey Forest Ubud

Tempat wisata yang satu ini cukup populer di kalangan wisatawan, Letaknya ada di kawasan hutan lindung dengan banyak pepohonan besar, jadi suasananya sangat asri.

Sesuai dengan namanya, di Monkey Forest Ubud ada banyak kera yang hidup dan dilepas bebas. Kera-kera tersebut termasuk jinak, tapi wisatawan tetap harus berhati-hati saat berinteraksi secara langsung. 

Lokasinya ada di Jalan Monkey Forest, Gianyar, Bali. Jam bukanya adalah pukul 09.00 sampai 17.00 Wita. 

Dilansir dari laman Monkey Forest Ubud, tarif masuk untuk dewasa adalah Rp 80.000, sedangkan anak-anak dikenai biaya Rp 60.000.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/25/211438427/7-wisata-anak-dan-keluarga-di-bali-bisa-buat-bermain-dan-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke