Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Aturan Nonton Piala Dunia 2022 Qatar, Dilarang Minum Alkohol di Publik

KOMPAS.com - Piala Dunia FIFA akan berlangsung di Qatar dari 21 November hingga 18 Desember 2022. Jika berencana mengikuti perhelatan ini, ada beberapa tips dan aturan yang sebaiknya diketahui.

Sebagai informasi, pesta akbar sepak bola dunia empat tahunan ini merupakan edisi ke-22 yang akan diikuti sebanyak 32 negara peserta.

Bagi yang ingin menonton Piala Dunia 2022 secara langsung, bisa memperhatikan aturan dan informasi yang telah Kompas.com rangkum dari laman resmi Pemerintah Inggris, Minggu (26/6/2022), berikut ini.

Aturan nonton Piala Dunia FIFA 2022

Sejalan dengan kampanye 'Be On The Ball' di Piala Dunia sebelumnya, FCDO (Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan atau Foreign, Commonwealth and Development Office) memberikan saran dan tips kepada para penonton menjelang turnamen.

Persyaratan masuk turnamen

Penonton harus mengajukan Kartu Hayya jika berencana untuk menghadiri pertandingan di Piala Dunia. Kartu Hayya merupakan bentuk dari Fan ID, yang akan diperlukan untuk memasuki negara tersebut dan menghadiri pertandingn selama periode turnamen.

Kartu ini juga akan menyediakan akses transportasi umum gratis pada hari pertandingan.

Jika seseorang bepergian ke Qatar antara 1 November 2022 dan 23 Januari 2023, orang tersebut juga harus memiliki Kartu Hayya yang disetujui, baik yang berniat menghadiri pertandingan Piala Dunia maupun tidak.

Penonton juga harus mendaftarkan diri lebih awal untuk menghindari penundaan. Adapun untuk saat ini, hanya pemegang tiket pertandingan yang dapat mendaftar kartu Hayya.

Oleh karena itu, penonton harus memeriksa situs web FIFA untuk informasi tiket dan hanya membeli tiket pertandingan dari penyedia resmi. Tiket pertandingan yang dibeli melalui cara tidak resmi, tidak akan diterima saat hari turnamen.

Aturan akomodasi

Penonton yang ingin menghadiri Piala Dunia 2022 harus menyiapkan akomodasi sebelum melakukan perjalanan ke Qatar.

Pemesanan akomodasi untuk periode Piala Dunia akan berbeda dengan waktu saat ini. Adapun daftar penginapan selama turnamen bisa dilihat melalui laman https://www.qatar2022.qa/book, meski bisa juga memesan di luar platform ini.

Jika seseorang berencana untuk tinggal di Qatar selama lebih dari 24 jam, validasi akomodasi akan diperlukan untuk melengkapi proses aplikasi Kartu Hayya. Selain itu, Kartu Hayya yang disetujui akan diperlukan untuk memasuki negara tersebut.

Bagi yang berencana untuk tinggal bersama teman atau keluarga di Qatar selama turnamen, pemilik rumah harus mendaftarkan akomodasinya di situs web portal Hayya.

Namun untuk saat ini, pendaftaran tersebut belum tersedia, sehingga harus menunggu informasi lebih lanjut dari situs resmi https://hayya.qatar2022.qa/web/hayya/faqs. 

Sementara, aturan mengenai persyaratan perjalanan satu hari juga belum dirilis, sehingga harus menunggu informasi dari situs resmi Hayya.

Persyaratan terkait kesehatan

Sebelum bepergian menonton turnamen ke Qatar, penonton harus memastikan bahwa dirinya sudah memiliki polis asuransi perjalanan yang sesuai.

Sebagai informasi, perawatan medis darurat di Qatar berstandar tinggi, tetapi biasanya memiliki biaya mahal. Perawatan rutin juga tersedia tetapi harganya cukup tinggi bagi pengunjung.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aturan kesehatan di Qatar, bisa dilihat di sini, termasuk aturan membawa resep dokter maupun obat bebas ke negara tersebut.

Sementara itu untuk informasi tentang pembatasan dan persyaratan masuk Qatar terkait Covid-19, bisa dilihat melalui laman ini. 

Hukum dan adat setempat di Qatar

Sebelum berangkat ke Qatar, penonton harus membekali diri dengan informasi dan menghormati hukum serta adat setempat.

Penonton diimbau untuk berhati-hati dalam bertindak, agar tidak menyinggung masyarakat setempat, terutama jika berniat mengunjungi tempat-tempat keagamaan.

Perlu diketahui, hubungan sesama jenis termasuk ilegal di Qatar. Kehidupan pribadi di Qatar sangat dihormati. Namun, menunjukkan keintiman di depan umum dapat menyebabkan pelanggaran, terlepas dari jenis kelamin, orientasi seksual, atau niatnya.

Kendati demikian, otoritas tuan rumah telah menyatakan bahwa "semua orang diterima" di Piala Dunia 2022.

Mereka telah secara terbuka mengonfirmasi bahwa tidak akan ada batasan pada teman atau pasangan yang belum menikah (termasuk sesama jenis) untuk tinggal di kamar yang sama.

Aturan alkohol dan obat-obatan

Otoritas Qatar masih mematangkan kebijakan terkait penjualan dan konsumsi alkohol selama Piala Dunia. Ketersediaan alkohol dan undang-undang terkait, dikatakan akan berbeda dengan turnamen sebelumnya.

Untuk saat ini, alkohol hanya tersedia untuk pengunjung di restoran dan bar hotel berlisensi, dengan usia legal untuk minum di Qatar adalah 21 tahun.

Perlu diperhatikan juga bahwa minum alkohol atau mabuk di tempat umum merupakan pelanggaran. Impor alkohol ke Qatar merupakan tindakan ilegal. Seseorang tidak akan dapat membeli alkohol dari bea bebas di bandara.

Selanjutnya, penonton juga dilarang terlibat dengan narkoba. Untuk diketahui, tidak ada toleransi untuk pelanggaran terkait narkoba.

Hukuman untuk penggunaan, perdagangan, penyelundupan, dan kepemilikan obat-obatan (bahkan jumlah tersisa) di Qatar sangatlah berat. Hukuman dapat mencakup hukuman penjara yang panjang, denda berat, dan deportasi.

Aturan berkeliling Qatar saat Piala Dunia 2022

Semua stadion Piala Dunia berada dalam satu area yang padat, dan rute transportasi kemungkinan akan sangat sibuk selama turnamen berlangsung.

Sebaiknya, penonton dapat merencanakan perjalanan dengan hati-hati, terutama pada hari pertandingan.

Kartu Hayya sendiri akan memberi penonton akses gratis ke transportasi umum pada hari pertandingan, termasuk bus, metro, dan trem.

Jika berencana untuk menyewa mobil atau menggunakan taksi, bisa lihat ketentuannya di sini untuk informasi lebih lanjut. Sementara, detail tentang perbatasan darat, atau batasan khusus turnamen lainnya, belum diinformasikan.

Untuk menghadiri Piala Dunia 2022, penonton harus mendaftarkan diri untuk menerima email pemberitahuan ke halaman Qatar Travel Advice, agar bisa mengikuti informasi perkembangan terbaru.

Penonton juga harus terus memantau situs resmi Piala Dunia Qatar dan FIFA untuk informasi perkembangan lebih lanjut.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/26/121706827/6-aturan-nonton-piala-dunia-2022-qatar-dilarang-minum-alkohol-di-publik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke