Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Hindari Mendaki Gunung Gede Pangrango pada Malam Hari

KOMPAS.com - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur, Jawa Barat mengimbau pendaki agar selalu waspada dan tidak mendaki pada malam hari.

Ini berkaitan dengan cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur selama sepekan terakhir.

Dikutip dari Antara, Humas TNGGP Agus Deni mengatakan, sejak awal 2022 curah hujan di kawasan Gunung Gede Pangrango cukup tinggi sehingga menyebabkan terjadinya bencana, termasuk mengancam keselamatan pendaki.

Imbauan juga telah diberikan kepada para pendaki di pos pemeriksaan.

"Petugas pos memberikan peringatan pada pendaki untuk tidak melanjutkan pendakian kalau hujan turun deras dengan intensitas tinggi, terutama menjelang malam dipastikan hujan deras turun," ujar Agus Deni, seperti dikutip Antara, Minggu (26/06/2022).

Agus juga mengimbau agar pendaki membawa perlengkapan untuk mengantisipasi cuaca, seperti jas hujan dan perlengkapan yang tidak mudah ditembus air.

Ia menambahkan, saat hujan turun dan cuaca ekstrem, rawan terjadi pohon tumbang dan jalur pendakian menjadi licin. Suhu juga cenderung menjadi lebih dingin dan angin kencang bisa terjadi setiap saat.

Sehingga, kondisi pendaki yang kurang prima dapat memicu terjadinya berbagai hal, seperti menurunnya ketahanan tubuh.

"Melihat cuaca ekstrem seperti saat ini, kebutuhan untuk mendaki harus lebih diperhatikan karena tidak menutup kemungkinan bencana alam dapat terjadi kapan pun dan kesehatan tubuh dapat menurun," ucap dia.

Adapun setelah pendakian Gunung Gede Pangrango dibuka, jumlah calon pendaki terus bertambah dibandingkan hari biasa, yakni sekitar 400 orang pada hari biasa dan sekitar 600 orang pada akhir pekan.

Menurut Agus, pendaki masuk dari pintu pendakian Gunung Putri dan Cibodas.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/26/200800127/cuaca-ekstrem-hindari-mendaki-gunung-gede-pangrango-pada-malam-hari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke