Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Tempat Wisata Bersama Anak Saat Libur Sekolah

KOMPAS.com - Berwisata merupakan kegiatan favorit yang tidak pernah absen dilakukan untuk mengisi libur sekolah. Pada umumnya, orangtua mengajak anak-anak untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata.

Ide tempat wisata bersama anak saat libur sekolah sangat beragam. Selain itu, orangtua tak harus mengeluarkan banyak anggaran karena ada sejumlah tempat wisata ramah kantong. 

Berikut enam ide tempat wisata bersama anak saat libur sekolah yang bisa menjadi pilihan para orangtua.

Hampir setiap kota di Indonesia mempunyai taman bermain untuk anak-anak atau playground. Bahkan, beberapa pemerintah kota menyediakan taman bermain gratis bagi para warganya. 

Menariknya, taman bermain itu dilengkapi dengan sejumlah permainan anak-anak, seperti seluncuran, ayunan, dan lainnya. Selain itu, terdapat sejumlah pedagang kuliner di area taman, sehingga bisa menjadi alternatif ide tempat wisata bersama anak saat libur sekolah. 

Sejumlah taman bermain tersebut antara lain Taman Suropati, Taman Menteng, dan Taman Lapangan Banteng di DKI Jakarta. Selanjutnya,  Taman Bungkul, Taman Pelangi, dan Taman Ekspresi di Surabaya. 

Selain taman bermain yang berupa fasilitas publik, adapula taman bermain berbayar. Fasilitas permainan di taman bermain berbayar tentunya lebih lengkap. 

Contoh taman bermain berbayar tersebut antara lain, Playparq Kemang dan The Playground Kemang, Jakarta Selatan. Selanjutnya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta Utara. 

Kemudian ada Saloka Theme Park dan Dusun Semilir, Semarang. Sementara di Malang ada Jawa Timur Park alias Jatim Park, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park, dan lainnya. 

Kebun binatang merupakan alternatif ide tempat wisata bersama anak saat libur sekolah. Selain melepas penat, anak-anak dapat mengenal lebih dekat serta berinteraksi langsung dengan aneka fauna. 

Saat ini, sejumlah kebun binatang telah menawarkan beragam fasilitas kepada pengunjung, sehingga liburan mereka semakin seru. Misalnya, kereta keliling area kebun binatang, menunggang hewan seperti gajah, unta, dan kuda, maupun memberi makan langsung pada hewan. 

Pada umumnya, kebun binatang memiliki koleksi aneka jenis fauna. Namun, adapula kebun binatang yang merupakan tempat konservasi satu jenis hewan saja. 

Beberapa kebun binatang incaran wisatawan antara lain, Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan dan Taman Safari, Bogor.

Selanjutnya, Bali Safari & Marine Park, Bali Zoo, Bali Bird Park, dan Mason Elephant Park & Lodge di Bali. Sementara itu, di Surabaya wisatawan bisa mengunjung Kebun Binatang Surabaya.  

Orangtua dapat mengajak anak-anak wisata edukasi di museum. Saat berkunjung ke museum, anak-anak dapat mempelajari serta lebih menghargai sejarah. 

Indonesia mempunyai banyak museum dengan tema yang beragam. Ada museum sejarah, museum arkeologi, museum seni, museum etnografi, museum biografi, dan lainnya. 

Sejumlah museum ternama yang kerap dikunjungi wisatawan antara lain Monumen Nasional (Monas), Museum Fatahillah, Museum Nasional Indonesia, di DKI Jakarta. 

Selanjutnya, Museum Dirgantara Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Museum Benteng Vredeburg, di Yogyakarta.  

Adapula sejumlah museum seni modern yang banyak dikunjungi wisatawan, antara lain Museum Macan dan Magic Art 3D Museum, di DKI Jakarta. Kemudian, Museum Angkut, Museum Tubuh, dan Museum Musik Dunia di Batu, Malang. 

Staycation merupakan tren baru dalam mengisi liburan. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (25/7/2017), staycation merupakan konsep liburan di dalam kota. 

Staycation merupakan singkatan dari kata stay berarti tetap dan vacation yang bermakna liburan. 

Adapula yang menyebutnya dengan istilah holistay, yang merupakan singkatan holiday liburan dan stay tetap. Istilah ini pertama kali muncul pada 2003, saat Amerika Serikat mengalami krisis keuangan. 

Keuntungan staycation adalah menghemat budget wisata karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi antarkota. Keuntungan lainnya adalah staycation lebih hemat waktu karena tidak menghabiskan waktu di perjalanan. 

Aneka kegiatan yang dapat dilakukan saat staycation antara lain bersepeda keliling kota, piknik di taman, mengunjungi museum, menikmati festival dan event, rekreasi di taman bermain, menikmati fasilitas hotel atau vila, dan lainnya. 

Berkemah atau camping menjadi alternatif wisata bersama anak selama libur sekolah. Manfaat dari camping adalah mendekatkan anak-anak dengan alam, sekaligus melatih kemandirian mereka dalam mempersiapkan peralatan camping. 

Saat ini, muncul tren baru dari camping yakni glamping atau glamour camping. Bedanya dengan camping yang paling signifikan adalah dari sisi fasilitas. 

Mengutip Kompas.com (26/2/2022), glamping benar-benar menawarkan suasana rumah dengan segala fasilitas dan perabotan yang nyaman. Mulai dari tempat tidur, sofa, fasilitas hiburan, kamar mandi, dan makanan. 

Sedangkan, semua fasilitas camping harus disiapkan sendiri oleh wisatawan. Mulai dari kantong tidur, bekal makanan, tenda, alat masak, dan sebagainya. 

Sejumlah kota memiliki area khusus camping dan glamping. Misalnya, Gunung Api Purba Nglanggeran, Waduk Sermo, Bukit Ngisis, dan Watu Mabur Camp  di Yogyakarta. 

Selanjutnya, Ranca Upas, Pine Forest Camp, The Lodge Maribaya, Terminal Wisata Grafika Cikole di Lembang, Bandung. 

Mayoritas anak-anak tidak akan menolak saat diajak ke wahana permainan air alias waterpark. Sejumlah kota di Indonesia telah memiliki fasilitas waterpark yang dapat dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa. 

Beragam wahana permainan pun tersedia di area waterpark tersebut. Dijamin, anak-anak bakal betah menghabiskan waktu berjam-jam bermain air di waterpark. 

Beberapa contoh waterpark antara lain, Waterboom Jogja di Yogyakarta. Waterboom Bali, yang merupakan salah satu taman hiburan terbaik di dunia 2022 atau Top Amusement Parks & Water Parks 2022 versi TripAdvisor. 

Kemudian, Hawai Waterpark dan Jatim Park 2 di Malang. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/26/210300027/6-ide-tempat-wisata-bersama-anak-saat-libur-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke