Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Kereta Api Terbesar di Asia Beroperasi Lagi Setelah 4 Tahun

KOMPAS.com - Stasiun kereta api terbesar di Asia, yang berlokasi di Beijing, China, kembali beroperasi 20 Juni 2022.

Stasiun Kereta Api Fengtai atau Fengtai Railway Station sebelumnya berhenti beroperasi sementara karena renovasi yang berjalan sekitar empat tahun.

Dikutip dari Xinhua, selain memperluas layanan akomodasi, Stasiun Kereta Api Fengtai, renovasi juga termasuk memoles bangunannya dengan lebih banyak sentuhan tradisional China pada desain arsitekturnya.

Sementara itu, menurut CNN, stasiun seluas sekitar hampir 400.000 meter persegi itu memiliki 32 jalur rel dan 32 peron, serta dapat menampung hingga 14.000 penumpang setiap jamnya.

Stasiun kereta api tertua di Beijing itu juga memiliki struktur dek ganda yang melayani kereta api berkecepatan tinggi dan reguler.

Di bawah stasiun kereta api juga terdapat stasiun metro yang membuat penumpang lebih nyaman ketika berpindah jalur.

"Desain galangan dua lapis dengan kereta cepat di atas dan kereta reguler di bawah. Desain ini menghemat banyak ruang," ucap kepala insinyur proyek, Ma Hui, kepada China Daily, seperti dikutip CNN.

Meskipun China masih ditutup untuk turis internasional, Stasiun Kereta Api Fengtai sudah melayani layanan kereta api dari ibu kota ke Shanghai, Guangzhou, dan hub lainnya.

Sebelumnya, jalur kereta sepanjang sekitar 997 Km yang menghubungkan Laos dan Provinsi Yunnan di selatan China dibuka pada Oktober 2021.

Negeri Tirai Bambu juga ingin mencetak rekor dengan proyek infrastruktur lainnya, seperti stasiun kereta api terdalam di dunia, Badaling Great Wall Station yang mulai beroperasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/28/123538327/stasiun-kereta-api-terbesar-di-asia-beroperasi-lagi-setelah-4-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke