Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garut Dinoland, Tempat Wisata Baru dengan Wahana Beri Makan Dinosaurus

KOMPAS.com - Kabupaten Garut, Jawa Barat mempunyai wisata edukasi baru yakni Garut Dinoland. Sesuai namanya, obyek wisata ini mengusung tema hewan purbakala, dinosaurus. 

Wakil Direktur Garut Dinoland, Dion mengatakan Garut Dinoland tak sekadar obyek wisata. Selain melihat beragam dinosaurus, wisatawan akan mendapatkan edukasi mengenai jenis-jenis dinosaurus, habitat, makanan, penyebab punah, dan evolusi. 

“Kami menjelaskan habitat masing-masing dinosaurus, makanannya, kemudian penyebab mereka punah. Kami juga membuat replika meteor untuk menjelaskan kenapa dinosaurus ini punah dan berevolusi,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com (28/6/2022). 

Tema dinosaurus dipilih, lantaran hewan purbakala ini dinilai menarik bagi anak-anak, bahkan orang dewasa. Selain itu, anak-anak dapat belajar mengenai zaman prasejarah. 

Meskipun baru buka pada 23 Juni 2022 lalu, Garut Dinoland telah menyedot perhatian wisatawan, baik dari Garut maupun Bandung. Tak hanya anak-anak, banyak orang dewasa yang turut penasaran dengan Garut Dinoland. 

Asal-usul dinosaurus di Garut Dinoland  

Tentunya, dinosaurus yang berada di Garut Dinoland merupakan replika. Menariknya, replika-replika dinosaurus tersebut, merupakan buah karya seniman dalam negeri asal Yogyakarta yang didatangkan secara khusus ke Garut, Jawa Barat. 

“Idenya dari kami, namun yang membuat dari Yogyakarta,” ujar Dion. 

Keunikan lainnya adalah replika dinosaurus tersebut dapat bergerak dan bersuara. Bahkan, pengunjung dapat memberikan makan kepada dinosaurus menggunakan makanan buatan. 

“Ada dinosaurus yang bisa dikasih makan, jadi pengunjung tahu makanannya apa, dan memang dikasih makan untuk ditelan,” terangnya. 

Ia menjelaskan, replika dinosaurus tersebut menggunakan sensor gerak dengan tenaga baterai dan dinamo. Jadi, setiap kali ada pergerakan yang terdeteksi oleh sensor, maka replika hewan purbakala itu akan bergerak. 

“Karena animatronik, dia menggunakan listrik, lalu bergeraknya pakai dinamo. Jadi, setiap ada orang yang mendekat dia bergerak,” tuturnya. 

Saat ini, kata Dion, ada kurang lebih 13 koleksi dinosaurus di Garut Dinoland. Mulai dari jenis fokuisurus, olorotitan, utahraptor, amargasaurus, carnotaurus, dan lainnya. 

Semua replika dinosaurus tersebut berada di wahana Dinoland. Ukuran dinosaurus tersebut hampir mendekati ukuran sebenarnya serta bervariasi, mulai dari satu meter hingga empat meter.

Semua tempat dinosaurus tersebut didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai habitatnya, antara lain dekat dengan sumber air, semak belukar, dan sebagainya. Selain melihat aneka dinosaurus tersebut, pengunjung juga dapat berfoto. 

“Tim kami banyak di lapangan, jadi bisa membantu ambil foto,” katanya. 

1. Playground

Playground merupakan tempat bermain anak dalam ruangan yang berisi berbagai macam permainan. Mulai dari mandi bola, play house, tempat lukis, dan tempat main balita, seperti dikutip dari laman Garut Dinoland. 

Selain itu, pengunjung dapat menggunakan area playground ini untuk menyelenggarakan pesta perayaan ulang tahun. 

“Kami sudah berpikir ada pengembangan ke depannya, jadi akan ada lebih banyak wahana permainan,” jelas Dion. 

2. Photobooth 

Photobooth menyediakan fasilitas foto bagi pengunjung seperti halnya foto studio. Selain itu, wisatawan bisa menggunakan berbagai macam properti yang berkaitan dengan dinosaurus.

Kemudian, terdapat fasilitas green screen sehingga foto yang dihasilkan seolah-olah pengunjung berada di hutan dinosaurus dan berinteraksi langsung dengan hewan purbakala itu. 

3. Restoran 

Usai puas berkeliling, wisatawan bisa menyantap aneka menu yang tersedia di restoran Garut Dinoland. Dion menuturkan lantai dua dan tiga restoran tersebut masih dalam tahap pembangunan.

4. Panjat tebing 

Garut Dinoland juga menyediakan wahana panjat tebing khusus untuk anak-anak. Jadi, setelah puas bermain dengan dinosaurus, anak-anak bisa berlatih ketangkasan dengan bermain panjat tebing. 

Selain fasilitas tersebut, Dion menuturkan Garut Dinoland juga tengah merampungkan pembangunan minimarket dan food court. 

“Minimarket dan food court masih dalam tahap pembangunan, mungkin bisa selesai semua itu awal bulan depan,” ujarnya. 

Jika kamu berminat mengunjungi Garut Dinoland, lokasinya berada di Kampung Cibolerang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/28/210411327/garut-dinoland-tempat-wisata-baru-dengan-wahana-beri-makan-dinosaurus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke