Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sitalang River Tubing, Sensasi Melintasi 2 Sungai di Salatiga

SALATIGA, KOMPAS.com - Agrowisata Sitalang di Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, memiliki atraksi baru untuk menggaet wisatawan, yaitu Sitalang River Tubing yang melintasi aliran sungai dan irigasi.

Sitalang River Tubing dikelola karang taruna dengan melibatkan para pemuda desa. Anggota karang taruna Kauman Kidul, Joseph Arimatea mengatakan, wahana tersebut mulai dikembangkan sejak tahun 2019.

"Itu saat awal merintis dan mempersiapkan river tubing ini, selain persiapan jalur juga sumber daya manusianya," kata Joseph, Selasa (28/6/2022).

Namun, pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Ia menuturkan, Sitalang River Tubing sempat vakum karena aturan pembatasan, kemudian dijalankan kembali usai Lebaran 2022 seiring dengan pelonggaran aturan pemerintah. 

Tak butuh waktu lama, Sitalang River Tubing menjadi primadona.

"Selain menjadi satu-satunya di Salatiga, ada sensasi berbeda saat menaiki ban dan bermain air di sini," ujarnya. 

  • Rute ke Basecamp Andong via Sawit, Dekat Jalan Utama Salatiga-Magelang
  • 12 Wisata Populer Salatiga, Banyak Tempat Instagramable Pas buat Foto

Menurutnya, durasi menjajal wahana ini, dari titik awal di Bendungan Sucen hingga titik akhir di Sitalang, kira-kira satu jam.

"Total long trip (perjalanan panjang) sekitar dua kilometer, ini menariknya. Satu kilometer pertama peserta akan merasakan arus Sungai Sucen yang masih banyak batu berserakan dalam berbagai ukuran. Meski begitu, ini aman karena kedalam air berkisar setengah meter dan yang terdalam sedada orang dewasa," jelasnya.

Setelah menempuh satu kilometer, lanjutnya, peserta akan sampai di rest area (titik peristirahatan) untuk beristirahat sejenak. Mereka bisa minum dan makan hidangan tradisional sembari memulihkan tenaga.

Selepas menguji adrenalin di aliran Sungai Sucen, peserta pun beralih ke aliran irigasi Ajigetas yang juga disebut Kali Aji.

"Ini lebih soft (halus), sehingga peserta bisa maksimal menikmati pemandangan alam. Mulai dari persawahan hingga sungai, full alam tanpa ada permukiman," ujarnya.

Meski Sitalang River Tubing berarus deras, tapi cukup aman untuk dijajal. Joseph menerangkan bahwa setiap peserta mendapat asuransi dan mereka wajib mengenakan helm, pelampung, serta pelindung siku dan lutut. Di titik sungai yang rawan juga terdapat petugas berjaga.

Setelah melintasi sungai, tambah Joseph, peserta bisa menikmati kudapan dan makanan tradisional.

"Ini juga bagian untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar. Total biaya hanya Rp 75.000 per orang, minimal lima orang untuk setiap trip di Sitalang River Tubing," katanya.

  • Resmi, Gumuk Sidul Menul-menul Jadi Tempat Wisata Alam Baru Salatiga
  • Rute Goweser Salatiga sampai Kabupaten Semarang, Pas untuk Orang Tua
  • 5 Wisata Air di Salatiga, Banyak Tempat Berenang Alami dan Jernih

Salah satu peserta Sitalang River Tubing, Dian Permatasari, dari SD Negeri Randuacir 01 Kota Salatiga, mengatakan bahwa wahana ini cukup luar biasa.

"Tidak menyangka di Salatiga ada wahana wisata yang bagus dan tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan sensasi yang mantap. Ini seru tapi tidak menakutkan," ujar Dian.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/29/092946227/sitalang-river-tubing-sensasi-melintasi-2-sungai-di-salatiga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke