Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berburu Momen Matahari Terbit di Bukit Wolobobo yang Penuh Tantangan

BAJAWA, KOMPAS.com - Bukit Wolobobo di Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu dari banyak bukit di Pulau Flores yang menjadi lokasi untuk menikmati panorama sunrise (matahari terbit).

Letaknya yang seolah berada di atas awan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Wisatawan di Kabupaten Ngada ingin mengunjungi Bukit Wolobobo untuk sejumlah aktivitas, di antaranya menikmati pemandangan matahari terbit, melihat keelokkan puncak Gunung Inerie, dan menikmati kabut.

Namun, mengejar momen matahari terbit di Bukit Wolobobo memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya dari segi cuaca yang dapat sulit diprediksi.

  • Mengejar Momen Matahari Terbenam di Pantai Fata NTT
  • Tulang Belulang di Pantai Painhaka NTT, Diduga Berusia Ratusan Tahun

Pemandu Wisata Overland di Pulau Flores, NTT, Muhammad Buharto atau Boe Berkelana mengatakan, pihaknya gagal menikmati pemandangan matahari terbit di Danau Kelimutu di Ende pada dua hari lalu, sehingga mereka ingin mengejar momen sunrise di Bukit Wolobobo.

Kendati demikian, sejak tiba di Kampung Bena pada sore kemarin, kabut masih bergelayut di Lembah Inerie. Untungnya, hujan tidak jadi turun.

"Tadi pukul 05.30 (Wita) kami meninggalkan penginapan (Manulalu Jungle Resort). Mobil Elf yang kami tumpangi menembus kabut dan dingin 14 derajat celsius," katanya kepada Kompas.com, Rabu (29/6/2022).

Setibanya di Bukit Wolobobo, lanjutnya, kabut masih terlihat dan matahari sama sekali tidak tampak. 

"Namun berselang beberapa menit kemudian, angin berembus dari arah Laut Sawu dan menyapu kabut ke arah Kota Bajawa," tambahnya. 

Ia mengatakan, walau panorama sunrise tak sempurna, pemandangan alam Wolobobo tetap terlihat istimewa.

  • Wisata di Desa Wisata Golo Loni NTT, Bisa Trekking hingga Panen Padi
  • 13 Tempat Wisata di Ende NTT, Kota Pancasila 

Sebagai informasi, terdapat sejumlah bukit di bagian selatan Pulau Flores yang bisa dijadikan spot menikmati pemandangan matahari terbit. 

Deretan perbukian di bagian selatan dari Jalan Trans Flores tersebut, di antaranya Bukit Danau Kelimutu, Bukit Meja di Kabupaten Ende, Bukit Ebulobo di Kabupaten Nagekeo, Gunung Inerie, Bukit Wolobobo di Kabupaten Ngada, Bukit Komba, dan Pocondeki di Kabupaten Manggarai Timur.

Selain itu, ada pula Gunung Ranaka di Kabupaten Manggarai, Bukit Poso Kuwuh atau Kuwus, dan Mbeliling di Kabupaten Manggarai Barat.

Tidak hanya kawasan perbukitan, tapi kawasan pesisir juga bisa dijadikan lokasi menikmati matahari terbit dengan berbagai warna. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/29/150808627/berburu-momen-matahari-terbit-di-bukit-wolobobo-yang-penuh-tantangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke