Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Pasir Putih PIK 2 Sudah Buka Kembali

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantai Pasir Putih PIK 2 dibuka kembali.

Sebelumnya, destinasi yang berbatasan langsung dengan PIK 1 ini sempat tutup akibat pandemi Covid-19.

Rabu (29/06/2022), Kompas.com berkesempatan mengunjungi Pantai Pasir Putih PIK 2 yang baru saja dibuka kembali.

Menurut salah seorang petugas keamanan, tempat wisata ini dibuka lagi sejak 22 Juni lalu.

Fasilitas, harga tiket, dan jam buka

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Saat ini, Pantai Pasir Putih PIK 2 buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 19.00 WIB. Pengunjung bisa langsung masuk dengan cara memindai aplikasi PeduliLindungi, tidak ada syarat lainnya.

Sementara, jam buka Food Street berbeda-beda. Untuk hari Senin-Jumat pukul 11.00 - 21.00 WIB, Sabtu pukul 07.00 - 23.00 WIB, dan Minggu 07.00 - 22.00 WIB.

Adapun pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk sama sekali, alias gratis. Tiket masuk gratis ini berlaku dari sekarang sampai waktu yang belum ditentukan.

Pantauan di lapangan, saat ini, area pantai yang dibuka merupakan kawasan Food Street Pasir Putih.

Oleh karena itu, pengunjung yang ingin mengakses pantai harus melewati area makanan terlebih dahulu.

Adapun sebagian sisi sebelah kanan pantai yang ditumbuhi pohon-pohon palem belum dibuka untuk umum, dan dibatasi dengan barikade khusus.

Memasuki Food Street sekitar pukul 16.30 WIB, sebagian besar tempat duduk nampak sudah ditempati oleh pengunjung. Para penjual juga sibuk menawarkan dagangannya maupun melayani pembeli.

Tidak jauh berbeda, saat Kompas.com menuju area pantai, suasananya sangat ramai dipenuhi oleh pengunjung berbagai usia.

Sebagian besar merupakan keluarga yang terdiri dari anak-anak, sementara sisanya merupakan pasangan atau kelompok anak muda.

Kendati ramai, tempatnya cukup menyenangkan untuk sekedar duduk-duduk maupun berfoto, apalagi dengan udara sejuk sore hari berpadu dengan langit biru yang indah dan deburan ombak.

Namun, pengunjung tidak bisa berenang atau bermain air. Sebab, pantai ini terbuat dari hasil reklamasi, sehingga ada larangan untuk beraktivitas di air.

"Pantai ini bukan untuk berenang ya, tidak boleh, jadi santai-santai saja di sini. Kalau berenang, tenggelam atau kenapa-kenapa, tidak ada yang jaga secara khusus," kata salah seorang petugas keamanan.

Meski begitu, pengunjung bisa piknik dengan membawa bekal maupun sekedar bermain pasir yang putih dan bersih.

Jika tidak membawa bekal, tak perlu khawatir. Sebab, ada banyak kios-kios makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau di dekat pantai.

Tersedia mulai dari jajanan khas Indonesia seperti siomay dan bakso, hingga makanan ala Jepang seperti ramen, semua tersedia.

Meski pantai ini luas, sebaiknya pengunjung pintar-pintar mencari waktu kunjungan dan spot yang kosong, jika ingin berfoto. Sebab, pada sore di hari biasanya pantai padat pengunjung.

"Kalau buat piknik ajak anak sekedar buat main pasir aja kayaknya bisa jadi alternatif karena memang harganya murah. Tapi kalau menurutku terlalu ramai, mungkin karena masih viral kali ya, jadi orang penasaran," kata salah seorang pengunjung bernama Ziza kepada Kompas.com. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/30/073825127/pantai-pasir-putih-pik-2-sudah-buka-kembali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke