Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September

KOMPAS.com - Dieng Culture Festival 2022 akan digelar di Dataran Tinggi Dieng pada September.

Ini tentu menjadi kabar baik bagi sejumlah wisatawan, terutama yang selalu menyempatkan hadir di gelaran seni tahunan ini.

Sebab, pada dua tahun sebelumnya, Dieng Culture Festival digelar secara virtual.

Meski demikian, penyelenggara belum dapat memastikan tanggalnya.

"Untuk kepastian tanggalnya masih dalam pembahasan. Kemungkinan minggu kedua September 2022," ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) "Dieng Pandawa", Alif Faozi di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (30/06/2022), seperti dikutip Antara.

Dieng Culture Festival ke-13 ini awalnya sempat ingin digelar pada Agustus, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun, menurut hitungan kalender, Agustus masih termasuk hitungan Bulan Suro. Adapun dalam filosofi Jawa, Bulan Suro merupakan bulan spiritual untuk meningkatkan kualitas rohani seseorang.

"Menurut para sesepuh, kalau kita membuat acara yang ramai itu tidak disarankan (saat Bulan Suro), karena filosofi budaya Jawa, Bulan Suro adalah bulan spiritual, kita lebih meningkatkan kualitas rohani dan kekuatan batin," kata Alif.

Terkait jumlah pesertanya, ditargetkan sebanyak tujuh anak akan berpartisipasi.

Sebab, kata dia, dalam filosofi Jawa, tujuh atau "pitu" mengandung makna "pitutur" atau nasihat.

Meski begitu, jika pada pelaksanaannya ada anak yang benar-benar perlu dibantu untuk dicukur, pihaknya akan memfasilitasi selama anggaran mencukupi.

"Namun kalau situasinya tidak memungkinkan untuk digelar secara luring (offline) karena faktor pandemi, kemungkinan jumlah peserta ruwatan akan dikurangi. Tidak lagi tujuh, tapi lima anak," kata Alif.

Di samping itu, pihak penyelenggara juga berupaya menghadirkan kembali pagelaran musik Jazz di atas awan, pameran produk unggulan, pergelaran seni tradisi, serta kegiatan pendukung lain yang ditemui pada Dieng Culture Festival 2019 dan tahun-tahun sebelumnya.

Memastikan perizinan di tengah pandemi

Selain tanggal pelaksanaan Dieng Culture Festival 2022, pihaknya dan pemerintah juga tengah mengajukan perizinan pada Satgas Covid-19, khususnya kepolisian, karena saat ini masih dalam suasana pandemi.

Alif berharap, situasi pandemi, khususnya di sekitar lokasi penyelenggaraan, akan menjadi lebih baik sehingga gelaran ini bisa digelar secara offline atau langsung seperti sebelum pandemi.

"Kalau semuanya sudah oke, pergelaran DCF 2022 akan segera kami launching. Semoga pada saatnya nanti sudah tidak ada lagi pandemi, tetapi sudah endemi," ucapnya.

Selain itu, Alif mengatakan pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat Banjarnegara demi meningkatkan capaian vaksinasi booster atau penguat.

Tak menutup kemungkinan, pada penyelenggaraannya, Dieng Culture Festival juga akan menyediakan tempat vaksinasi Covid-19.

Pengunjung yang datang nantinya juga akan diminta memindai aplikasi PeduliLindungi.

"Pengunjung akan dicek melalui aplikasi PeduliLindungi, apakah sudah sesuai dengan harapan kami bahwa mereka yang boleh datang telah mendapatkan vaksin booster," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/30/150724827/dieng-culture-festival-2022-digelar-september

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke