Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tank Rusak Militer Rusia Jadi Sasaran "Selfie" Warga Ukraina

KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina masih terjadi hingga kini. Di tengah situasi penuh ketegangan, sebagian fungsi masyarakat Ukraina perlahan mulai kembali normal.

Setidaknya itu yang terjadi di ibu kota Ukraina, Kyiv, seperti dilaporkan oleh wartawan Harian Kompas Harry Susilo dalam acara Satu Meja di Kompas TV, Rabu (29/06/2022).

Di Mykhailivska Square, pusat Kota Kyiv, misalnya, terlihat tank-tank rusak militer Rusia berjajar. Bangkai-bangkai tank tersebut kemudian kerap dijadikan spot swafoto alias selfie oleh warga sekitar.

"Di lapangan depan gereja Saint Michael ini memang dipajang semacam tank atau kendaraan perang yang rusak, yang jadi rongsokan. Kemudian diberi berbagai informasi. Di lokasi ini banyak dipadati warga Ukraina terutama saat akhir pekan," ujarnya melaporkan dari Kyiv, seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Kompas TV, Jumat (07/01/2022).

Salah satu tank yang ada di sana, lanjutnya, adalah tank M1989 yang dikabarkan hancur di Bandara Antonosv, Ukraina.

Berdasarkan klaim Ukraina, hingga 22 Juni sedikitnya ada 53 tank Russia yang berhasil dihancurkan oleh militer Ukraina.

Berdasarkan wawancara Harry dengan beberapa warga yang mengunjungi area tersebut, mereka tertarik melihat langsung tank-tank yang rusak karena dianggap sebagai bukti bahwa tentara Ukraina telah menjaga mereka.

"Mereka melihat kendaraan-kendaraan rusak yang dipamerkan ini, menunjukkan bahwa tentara Ukraina benar-benar menjaga mereka. Memperlihatkan bahwa ada kerusakan juga dari pihak Rusia," ucapnya.

"Memang kalau akhir pekan ramai sekali dijadikan wisata selfie."

Bangkai-bangkai tank Rusia dan perlengkapan perang lain yang dipamerkan serta dijadikan spot swafoto ini sebelumnya juga sudah dilaporkan oleh sejumlah media asing.

Selain berswafoto, beberapa anak terlihat berpose di dekat atau duduk di atas tank, lalu difoto oleh orangtuanya.

Ada pula warga yang membawa hewan peliharaan kemudian mengabadikan foto peliharaan kesayangannya itu di tengah tank-tank rusak Rusia.

Telegraph, misalnya, pada 22 Mei 2022 melaporkan seorang warga membawa kambing peliharaannya yang bernama Myra untuk melihat tank rusak tersebut. Pada satu kesempatan, terlihat Myra sedang menggigit topi yang sebelumnya dimiliki oleh tentara Rusia.

Kemudian, dari foto AFP, terlihat beberapa warga membawa bendera Ukraina dan berpose di atas tank.

Sementara itu, seperti dilaporkan NPR, seorang warga Ukraina bernama Alina Filonenko dan suaminya membawa putri mereka yang berusia empat tahun untuk berfoto di atas sebuah roket abu-abu panjang.

Alina dan suami memutuskan membawa putri mereka ke sana agar sang putri memhami bahwa ada orang asing yang jahat datang ke negara mereka. Meskipun usia sang anak masih terlalu muda, tapi Alina meyakini putrinya sudah cukup memahami.

Tanda kembali ke normal

Meski demikian, bukan berarti ketegangan hilang sepenuhnya di kalangan warga Ukraina. Walaupun daerah tersebut relatif aman dari serangan darat, namun warga masih mewaspadai serangan udara.

"Kalau dibilang tenang sih tidak, tapi menuju ke arah normal. Karena semakin ramai, fungsinya banyak yang sudah kembali," kata Harry.

Sementara itu, Telegraph menuliskan, bahwa tanda-tanda menuju normalitas memang mulai terlihat dalam beberapa pekan terakhir. Misalnya, terlihat dari para warga yang mulai beraktivitas di malam hari, memanfaatkan jam malam mereka yang diperpendek.

Bisnis-bisnis perlahan juga mulai buka kembali dan negara-negara asing mulai menempatkan kembali diplomatnya.

Dikutip dari Kompas.com (01/07/2022), Rusia memang sudah mengurangi aktivitas militer di dekat Kyiv dan memfokuskan serangan di wilayah Donbass, Ukraina timur.

Sekolah-sekolah di Kyiv juga akan dibuka kembali pada awal tahun ajaran baru, yakni 1 September 2022.

Saat ini, sekolah-sekolah sedang libur musim panas dan sebelumnya menerapkan kelas online sejak serangan Rusia ke Ukraina, pada 24 Februari 2022.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/02/080500527/tank-rusak-militer-rusia-jadi-sasaran-selfie-warga-ukraina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke