Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Wisata Surabaya Seperti Jepang dan China, Cocok untuk Liburan

KOMPAS.com - Surabaya mempunyai banyak destinasi wisata, mulai dari alam, sejarah, kuliner, taman hiburan, pantai, dan lainnya. Selain itu, ada destinasi yang mengusung konsep unik, yakni wisata Surabaya seperti Jepang dan China.

Jadi, pengunjung tak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura maupun Negeri Tirai Bambu. Cukup datang ke sejumlah obyek wisata di Surabaya saat libur. 

Berikut lima wisata Surabaya seperti Jepang dan China yang bisa dikunjungi saat libur panjang. 

1. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih merupakan obyek wisata alam berupa hutan bambu rimbun. Destinasi wisata ini menyajikan suasana teduh kontras dengan cuaca Surabaya yang cenderung panas. 

Pemandangan di Hutan Bambu Keputih menyerupai Sagano Bamboo Forest, di Kyoto, Jepang. Banyak spot foto Instagramable di lokasi ini. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (9/6/2022), obyek wisata ini dulunya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pada 2000, pemerintah Kota Surabaya memindahkan TPA ke daerah Benowo, sehingga lahan kosong bekas TPA itu disulap menjadi ruang terbuka hijau dan tempat wisata.

Hutan ini berada dalam satu kawasan dengan Taman Harmoni. Lokasinya terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya

2. Bunga Tabebuya

Tabebuya adalah tanaman yang bunganya mirip dengan bunga sakura di Jepang. Bunga tersebut mekar dalam berbagai warna, antara lain kuning, merah muda, dan putih.  

Jika tertiup angin, kelopak bunga yang sudah mekar umumnya akan rontok, sehingga menampilkan panorama menyerupai bunga sakura di Jepang. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (6/10/2021), Kota Surabaya adalah salah satu lokasi menyaksikan keindahan bunga tabebuya tersebut. 

Bunga tersebut biasanya mekar pada musim kemarau, yakni Juli-Agustus atau September-Oktober. Tanaman tabebuya tumbuh di sepanjang jalan protokol Kota Surabaya, antara lain Jalan Mayjen Sungkono, Jalan A Yani, dan Jalan Gunung Anyar Merr.

3. Taman Sakura 

Taman Sakura adalah sebutan lain untuk Taman Harmoni. Obyek wisata ini masih berada dalam satu kawasan dengan Hutan Bambu Keputih. 

Berdasarkan informasi dari laman Bangga Surabaya Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, terdapat pemandangan bunga berwarna-warni di Taman Harmoni yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Meliputi, bunga mawar, matahari, sepatu dan yang paling populer adalah bunga yang menyerupai bunga sakura. Jadi, wisatawan tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati pemandangan bunga sakura. 

Selain berjalan santai di area taman, sejumlah masyarakat menjadikan tempat ini untuk lokasi prewedding dan kumpul komunitas. Adapula fasilitas untuk pengunjung seperti toilet, mushola, dan tempat parkir. 

Bagi anak-anak, juga tersedia area bermain yang cukup menyenangkan seperti ayunan, panjat tangga, seluncuran dan mainan jungkat-jungkit. 

4. Taman Apsari

Taman Apsari merupakan salah satu dari tiga taman peninggalan Belanda di Surabaya. Penataan Taman Apsari sangat apik, sehingga menyerupai taman-taman di Jepang. 

Berdasarkan informasi dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, tersedia jogging track di sela taman bunga tersebut. 

Adapula monumen Gubenur Suryo, yakni gubernur pertama Jawa Timur yang memerintah pada periode 1946-1948. Dari lokasi Taman Apsari, wisatawan juga bisa melihat pemandangan Bunga Tabebuya di jalan protokol yang bermekaran. 

Pada zaman Belanda, Taman Apsari bernama Taman Simpang atau Kroesen Park. Nama Taman Simpang lantaran lokasi taman berada bernama Simpang.

Awalnya, letak Taman Apsari berada di belakang Gedung Grahadi yang menghadap ke utara. Namun, pada 1802 Gedung Grahadi berubah menghadap ke selatan. 

5. Pagoda Tian Ti 

Selain Jepang, ada tempat wisata Surabaya seperti China yang patut dikunjungi saat libur panjang. Obyek wisata tersebut adalah Pagoda Tian Ti. 

Berdasarkan informasi dari laman Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, Pagoda Tian Ti berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran atau dikenal dengan Kenpark. 

Bangunna pagoda tersebut kental dengan nuansa arsitektur China. Selain Pagoda Tian Ti, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas wisata lainnya di Kenpark. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/03/133809127/5-wisata-surabaya-seperti-jepang-dan-china-cocok-untuk-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke