Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengunjung TN Komodo Dibatasi, Wisata Labuan Bajo Akan Dioptimalkan

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pengunjung yang akan masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo nantinya harus membayar biaya kontribusi konservasi sebesar Rp 3,75 juta.

Selain itu, akan dilakukan pembatasan kunjungan pengunjung untuk menjaga fungsi konservasi TN Komodo. Kebijakan tersebut rencananya diberlakukan pada 1 Agustus 2022.

Merespons rencana itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi akan memaksimalkan spot-spot wisata yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Kita membuka akses akses khusus spot-spot wisata yang ada di darat. Karena selain yang ada di Pulau Komodo dan Padar, spot wisata di Labuan Bajo juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi," kata Edi kepada Kompas.com di Labuan Bajo, Sabtu (2/7/2022).

Ia melanjutkan bahwa Kabupaten Manggarai Barat sangat kaya akan wisata alam dan budayanya.

Karena itu, pemerintah daerah akan membenahi potensi wisata alam maupun budaya agar menjadi pilihan bagi wisatawan sambil menunggu antrean ke Pulau Komodo dan Padar.

"Sebelum ke Pulu Komodo dan Padar, wisatawan pergi ke spot-spot yang di tempat lain khususnya yang ada di darat," imbuh dia.

Diketahui, Balai Taman Nasional (TN) Komodo berencana akan menerapkan biaya kontribusi pada wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan TN Komodo. Biaya tersebut rencananya akan diterapkan mulai 1 Agustus mendatang.

Langkah itu mengacu dari hasil kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Ekosistem yang dilakukan para ahli di TN Komodo.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/03/153100427/pengunjung-tn-komodo-dibatasi-wisata-labuan-bajo-akan-dioptimalkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke