Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Wisata Dekat Florawisata D'Castello Ciater Subang

KOMPAS.com - Florawisata D'Castello Ciater Subang merupakan obyek wisata yang mengusung konsep keindahan taman bunga. Daya tarik Florawisata D'Castello adalah bangunan kastil di bergaya arsitektur Turki dan Belanda.

Florawisata D'Castello menawarkan beberapa spot foto Instagramable, yakni patung Micky Mouse ukuran besar, terasering yang ditumbuhi bunga berwarna-warni, bangunan berbentuk sangkar, dan lainnya. 

Wisatawan juga dapat menikmati kesegaran pemandangan hijau kebun teh, yang berpadu dengan udara segar kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Florawisata D'Castello juga berdekatan dengan tempat wisata lainnya, seperti pemandian air panas, kebun teh, air terjun, dan lainnya. Jadi, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke tempat wisata dekat Florawisata D'Castello Ciater Subang. 

1. Sari Ater Hot Spring Resort 

Sari Ater Hot Spring Resort lebih dikenal dengan nama wisata pemandian air panas Ciater. Obyek wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan, termasuk pengunjung dari luar kota. 

Jaraknya dari Florawisata D'Castello hanya 1,7 kilometer, dengan waktu tempuh empat menit. Wisatawan dapat melalui Jalan Raya Ciater dan Sariater menuju  Sari Ater Hot Spring Resort. 

Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, wisatawan dapat menikmati pemandian air panas yang bersumber dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu. Terdapat sejumlah kolam pemandian yang tersedia bagi pengunjung dari anak-anak hingga dewasa.

Sambil berendam di pemandian air panas, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara di kawasan seluas 30 hektar tersebut. Lokasi Sari Ater Hot Spring Resort berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu, tepatnya Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. 

2. Paralayang Bukit Santiong 

Kawasan Bukit Santiong menawarkan panorama indah dari ketinggian 150 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, kawasan ini merupakan lokasi favorit pecinta olahraga paralayang. 

Lokasinya berada di Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 3,4 kilometer, dengan waktu tempuh 11 menit.

3. Kebun Teh Ciater 

Kebun teh Ciater merupakan salah satu destinasi wisata Subang yang cocok untuk mengisi waktu libur. Selain menikmati panorama hijau kebun teh, wisatawan dapat mengetahui proses petik teh hingga siap seduh. 

Wisatawan bisa menikmati udara segara kebun teh sehingga dapat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Kebun teh Ciater berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu, tepatnya di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. 

Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 7,4 kilometer, dengan waktu tempuh 12 menit. 

4. Gunung Tangkuban Parahu 

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu ikon wisata Jawa Barat. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (27/6/2022), Tangkuban Parahu secara administratif berada di dua wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. 

Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 11,8 kilometer, dengan waktu tempuh 26 menit. 

Daya tarik Gunung Tangkuban Parahu adalah sejumlah kawah seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Namun, pengunjung perlu berhati-hati, lantaran kawah-kawah tersebut mengandung belerang. 

Selain menikmati panorama alam, pengunjung juga bisa menjajal aktivitas outbound, melihat flora dan fauna endemik, berburu foto, dan membeli souvenir. 

5. Curug Koleangkak

Curug Koleangkak, lebih dikenal sebagai Curug Biru lantaran airnya tampak berwarna biru muda. Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai enam meter dengan kedalaman satu sampai dua meter. 

Pepohonan rindang sekitar curug menambah kesan sejuk dan alami Curug Koleangkak. Selain berenang, wisatawan dapat berkemah (camping) di sekitar curug. 

Lokasinya berada di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 3,6 kilometer, dengan waktu tempuh 11 menit.

6. The Ranch Ciater 

Destinasi wisata ini populer dengan aktivitas menunggang kuda. Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 5,2 kilometer, dengan waktu tempuh 9 menit.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (27/6/2022), obyek wisata ini mempunyai taman bunga yang ditata dengan estetik. Jadi pengunjung bisa mengabadikan momen liburan bersama anak-anak di taman tersebut. 

Aktivitas lainnya di The Ranch Ciater adalah bermain dengan aneka hewan, bersantai di kafe, atau membeli oleh-oleh. Lokasinya berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 5,2 kilometer, dengan waktu tempuh 10 menit.

7. Curug Cibareubeuy

Kabupaten Subang menyimpan banyak destinasi air terjun yang memesona, salah satunya Curug Cibareubeuy. Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter. 

Selain menikmati pemandangan curug, pengunjung dapat bermain air dan berendam di kolam kecil yang menampung aliran air terjun. Daya tarik lainnya adalah terdapat empat situs purbakala di area curug dan hutan pinus.

Sekitar lokasi wisata, juga terdapat banyak perajin gula aren sehingga wisatawan bisa mencicipi produk langsung di tempat. Waktu berkunjung ke lokasi curug terbaik adalah pada musim hujan yakni Oktober-Maret. 

Lokasi Curug Cibareubeuy berada di Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 7,1 kilometer, dengan waktu tempuh 22 menit.

8. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan obyek wisata alam berupa hutan pinus yang dilengkapi dengan fasilitas restoran dan penginapan.

Mengutip situs Terminal Wisata Grafika Cikole, obyek wisata ini berada di kaki gunung dengan ketinggian 1.400 mdpl sehingga udaranya sejuk. 

Terminal Wisata Grafika Cikole berdiri di atas lahan seluas 9 hektar. Selain fasilitas restoran dan penginapan, wisatawan juga dapat menyelenggarakan aktivitas outbound bagi keluarga, instansi, sekolah, dan keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jaraknya dari Florawisata D'Castello sekitar 9,9 kilometer, dengan waktu tempuh 16 menit.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/05/104226827/8-tempat-wisata-dekat-florawisata-dcastello-ciater-subang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke