Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usulan Kereta Gantung di Puncak untuk Atasi Macet Sudah Mulai Dibahas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan parah hingga berjam-jam hampir selalu terjadi di tempat wisata yang ada di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan usulan solusi jangka panjang untuk atasi kemacetan tersebut, yaitu pembuatan kereta gantung.

Saat ini, usulan pembuatan kereta gantun sebagai salah satu solusi kemacetan di Puncak rupanya sudah masuk pembahasan bersama calon investor.

"Minggu lalu, kami memulai pembahasan dengan pihak calon investor kereta gantung. Kereta gantung ini kami dorong dalam konsep kemitraan pemerintah dengan badan usaha," katanya dalam Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin (6/7/2022).

Menurut Sandiaga, pembangunan kereta gantung rencananya akan melalui kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan WIKA.

Tak menutup kemungkinan, solusi serupa juga diberlakukan di daerah lainnya yang mengalami masalah serupa.

"Ini tidak menutup kemungkinan akan dibuka di Lembang dan destinasi wisata lainnya. Kami juga sedang mendorong di Danau Toba," tambah dia.

Ia mengatakan, Indonesia dapat belajar dari wisata pegunungan di Eropa maupun di Amerika, yang banyak sekali menggunakan kereta gantung (cable car). 

  • Proyek Kereta Gantung Rinjani, Investor China Kucurkan Rp 600 Miliar
  • Pertama di Dunia, Proyek Kereta Gantung Lintas Negara Akan Dimulai 2020

Lebih lanjut, Sandiaga berharap dengan konsep KPBU ini, pemerintah dapat memfasilitasi, swasta atau BUMN yang mengerjakan.

Serta, rencana ini diharapkan bisa diatur dalam sebuah perjanjian konsesi jangka panjang.

"Sepeti jalan tol dan infrastruktur lainnya, ini akan menjadi suatu solusi yang win-win antara baik mitra, pemerintah, dan masyarakat, itu solusi jangka panjang," tutur dia.

Sehingga, diharapkan masyarakat, khususnya yang tinggal di Jabodetabek, bisa mencari alternatif wisata lainnya yang tidak kalah menarik dari Puncak. 

"Dengan sosialisasi dan edukasi yang lebih baik, saya selalu bilang daripada jauh-jauh yang macet atau berjam-jam di puncak, ada yang enggak macet di Kepulauan Seribu, atau kalau yang di Lembang sangat membeludak, mungkin bisa ke Garut atau beberapa destinasi lainnya di Jawa Barat," pesan Sandiaga. 

Di antaranya desa wisata yang ada di Subang, Majalengka, hingga Sumedang. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/05/184000827/usulan-kereta-gantung-di-puncak-untuk-atasi-macet-sudah-mulai-dibahas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke