Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bepergian ke Portugal Kini Tak Perlu Syarat Perjalanan Covid-19

KOMPAS.com - Portugal menghapus semua pembatasan perjalanan terkait Covid-19. Semua pelaku perjalanan yang masuk ke negara tersebut, baik warga negara Uni Eropa mau pun bukan, kini tak memerlukan syarat apapun.

Laman Visit Portugal menyebutkan, per 1 Juli 2022, para pelaku perjalanan tak perlu lagi menunjukkan bukti vaksinasi, pemulihan Covid-19, atau sertifikat saat kedatangan.

"Mulai 1 Juli 2022, penumpang yang memasuki wilayah nasional (termasuk Azores dan Madeira) tidak lagi diharuskan menunjukkan bukti tes untuk menyaring infeksi SARS-CoV-2 dengan hasil negatif atau menunjukkan sertifikat digital COVID-EU atau sertifikat vaksinasi atau bukti pemulihan yang dikeluarkan oleh negara ketiga, atau yang diakui di Portugal," demikian tulis situs tersebut, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (06/07/2022).

Artinya, orang-orang yang belum mendapatkan vaksin, baru pulih dari infeksi Covid-19, atau sekadar belum melakukan tes Covid-19 sebelum waktu keberangkatan tetap bisa masuk ke Portugal, untuk semua jenis tujuan, tanpa harus memenuhi syarat Covid-19, seperti dikutip dari Schengen Visa Info.

Misalnya, menurut Visit Portugal, aturan mengenakan masker masih diwajibkan terutama saat mengakses transportasi publik atau umum, atau jika memasuki fasilitas kesehatan.

Wilayah Madeira juga masih menerapkan aturan yang sama. Semua orang di atas usia 6 tahun diwajibkan mengenakan masker saat mengakses transportasi umum, serta fasilitas kesehatan dan toko obat-obatan.

Adapun selain Portugal, sejumlah negara Uni Eropa atau Wilayah Ekonomi Eropa juga sudah mencabut semua aturan masuk terkait Covid-19, seperti Austria, Belgia, Kroasia, Denmrk, Finlandia, Jerman, Italia, Irlandia, Swedia, Polandia, Swiss, dan lainnya.

Namun, aturan masuk bagi seluruh pelaku perjalanan masih diberlakukan di Perancis, Malta, Spanyol, dan Belanda.

Perancis dan Malta tetap secara ketat memberlakukan aturan masuk bagi semua pelaku perjalanan, termasuk dari negara Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa.

Sementara Belanda dan Spanyol hanya memberlakukan aturan masuk bagi pelaku perjalanan dari negara ketiga.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/06/091959427/bepergian-ke-portugal-kini-tak-perlu-syarat-perjalanan-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke