Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapal Pesiar dari Singapura Kembali Berlayar ke Kepulauan Riau

BATAM, KOMPAS.com – Kawasan wisata Bintan Resorts di Kepulauan Riau (Kepri) kembali disinggahi kapal pesiar sejak terakhir kali, tepatnya pada awal tahun 2020, terhenti akibat pandemi Covid-19.

Genting Dream, nama kapal pesiar yang singgah di perairan Kepri, bertolak dari Marina Bay Cruise Centre Singapura pada Jumat (1/7/2022), lalu tiba di perairan Bintan pada Sabtu, (2/7/2022) pagi.

Ketibaan kapal pesiar tersebut disambut dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) antara Bintan Resorts dengan Resort World Cruises di Doulos Phos The Ship Hotel, Lagoi, Bintan, pada Sabtu.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh pihak pengelola kawasan wisata Bintan Resorts, yaitu Frans Gunara selaku Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala, dan Raymond Lim selaku Chief Operating Officer Resorts World Cruises, Singapura.

  • Indonesia Akan Launching Wisata Kapal Pesiar, Juli 2022
  • Kapal Pesiar Royal Caribbean Akan Berlayar dari Singapura ke Malaysia

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan, hal ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Kepri terhadap percepatan investasi pariwisata di Kepri, khususnya kawasan Bintan yang jadi salah satu unggulan dalam sektor pariwisata.

“Penandatanganan MoU ini juga sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah dalam percepatan recovery (pemulihan) ekonomi di Kepri,” kata Ansar melalui keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).

“Penandatanganan MoU ini bukan kali pertama kerja sama mendatangkan kapal pesiar dari luar negeri untuk singgah ke perairan yang dekat dengan kawasan wisata Bintan Resorts," imbuhnya.

Sebelumnya, kapal pesiar Voyager of the Seas milik perusahaan Royal Caribbean International juga sempat dua kali melakukan pelayaran dengan membawa turun 4.000 penumpang setiap berlayar ke wilayah perairan Indonesia, tepatnya di Bintan Utara, untuk melancong ke Bintan Resorts melalui pelabuhan laut Bandar Bentan Telani yang terletak di dalam kawasan wisata ini.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab, mengatakan bahwa kapal pesiar Resorts World Cruises merupakan salah satu entry point (titik masuk) yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mayoritas berasal dari sejumlah negara, antara lain Singapura, India, dan Malaysia.

“Diproyeksikan perjalanan mingguan kapal pesiar ini akan menyumbangkan angka pelancong berkisar rata-rata 4.000 hingga 5.000 orang per bulan, dan kita sudah menandatangani nota kesepakatan untuk 52 minggu," tutur Abdul.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/06/221502827/kapal-pesiar-dari-singapura-kembali-berlayar-ke-kepulauan-riau

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke