Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelajahi Gugusan Pulau di Belitung, Lihat Bintang Laut dan Mercusuar

KOMPAS.com - Jika ingin menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Belitung, maka wisatawan bisa menjadikan Pantai Tanjung Kelayang sebagai titik awal perjalanan.

Siang itu, Rabu (6/7/2022), cuaca cukup cerah dengan langit biru bersih, dan kapal-kapal terlihat berjejer menunggu calon penyewa.

Lewat Fam Trip bersama tiket.com, Kompas.com pun berkesempatan mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Belitung menggunakan kapal sewaan.

Kapal ini adalah milik nelayan lokal di sekitar Pantai Tanjung Kelayang, yang bisa disewa dengan tarif mulai Rp 500.000 untuk kapal ukuran sedang berkapasitas hingga 10 orang, dan mulai Rp 800.000 untuk kapal ukuran besar berkapasitas hingga 20 orang.

"Nanti wisatawan akan dibawa keliling ke pulau-pulau populer di sekitar sini, itu sudah ikut peralatan snorkeling, bisa snorkeling di spot-spot bagus seperti dekat Pulau Lengkuas," tutur pemandu bernama Momon kepada Kompas.com, Rabu.

Setelah berlayar selama sekitar 15 menit, akhirnya tiba di titik pertama yakni Pulau Batu Garuda, yang menjadi ikon wisata Kepulauan Bangka-Belitung.

Di tengah pulau ini, tampak sebuah granit besar yang jika diperhatikan dengan saksama, mirip paruh burung garuda. Sayangnya, wisatawan tidak diizinkan untuk turun ke pulau, sehingga harus berpuas diri dengan berfoto dari jauh.

"Ini ikonnya Kepulauan Belitung. Cuma kapal tidak bisa mendekat ke pulau, karena ada banyak terumbu karang, kalau air laut surut bisa merusak terumbu karang dan kapal," kata Momon.

Setelah puas menikmati keheningan dan jernihnya air laut, perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Batu Berlayar. Di pulau ini, tampak sekelompok granit berukuran besar menjulang, menyerupai layar sebuah kapal.

Gradasi warna gelap dan terang di granit menyatu dengan birunya laut saat itu, menghasilkan pemandangan yang unik.

Saking jernihnya, kamu bahkan bisa melihat bintang laut di atas halusnya butiran pasir pulau.

Puas memanjakan mata di Pulau Pasir, perjalanan berlanjut menuju Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi kira-kira 57 meter.

Mercusuar atau menara pantau di Pulau Lengkuas dibangun pada tahun 1882, dan hingga kini masih berdiri kokoh untuk memantau lalu lintas perkapalan di Kepulauan Bangka-Belitung.

Sayangnya, sejak pandemi wisatawan sudah tidak diperbolehkan lagi naik ke atas menara dengan 18 lantai tersebut.

Meski demikian, tak perlu sedih sebab kamu tetap bisa menikmati sejumlah kegiatan seru lainnya, dari melepas tukik sambil snorkeling, menyantap daging buah kelapa yang segar, hingga bersantai sejenak sebelum berlanjut ke perjalanan berikutnya.

Menutup jalan-jalan kali ini, wisatawan bisa menyantap sajian olahan hasil laut dari penduduk setempat di Pulau Kelayang. Tertarik mencoba?

"Pesona wisata di Indonesia begitu luar biasa dengan keindahan alam juga kekayaan budayanya. Saat mengunjungi sebuah destinasi wisata, Sobat Tiket dapat memilih beragam akomodasi serta rangkaian aktivitas yang dapat diperoleh melalui Tiket To Do," ungkap Senior Public Relation Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto, Rabu.

  • Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam ke Belitung Bareng Teman-teman
  • Itinerary Solo Trip 3 Hari 2 Malam ke Belitung

https://travel.kompas.com/read/2022/07/06/231500927/jelajahi-gugusan-pulau-di-belitung-lihat-bintang-laut-dan-mercusuar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke