Salin Artikel

10 Tempat Wisata di Cianjur yang Lagi Hits, Bisa untuk Anak-anak

KOMPAS.com – Ketika momen liburan tiba, salah satu daerah yang wajib dijelajahi adalah Cianjur di Jawa Barat.

Wilayah ini diketahui memiliki berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk melepas penat maupun berburu foto Instagramable.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang lagi hits dan cocok dikunjungi oleh anak-anak sampai orang dewasa. 

Karang Potong Ocean View merupakan tempat wisata tepi pantai yang menawarkan puluhan spot foto Instagramable, dikutip dari dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022). 

Spot foto di tempat wisata ini termasuk bangunan ala Santorini di Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, dan rumah kaca.

Pengunjung bisa mulai datang pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Jam bukanya bisa diperpanjang jika pengunjungnya masih banyak. 

Biaya masuknya mulai dari Rp 20.000 pada hari Senin sampai Jumat (weekday), sedangkan saat akhir pekan (weekend) mulai dari Rp 25.000 per orang. 

Lokasi Karang Potong Ocean View ada di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat.

Berikutnya ada Kebun Raya Cibodas yang terletak di ketinggian 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan luas 84,99 hektare, dilansir dari laman resmi Kebun Raya Cibodas. 

Suasananya cocok untuk bersantai ditambah dengan adanya aneka pepohonan, sehingga bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan anak.

Jika ingin berkeliling pengunjung tak perlu jalan kaki karena bisa menyewa sepeda atau menaiki shuttle bus. 

Lokasinya di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Taman Bunga Nusantara adalah tempat yang memiliki berbagai macam koleksi bunga dari Indonesia dan luar negeri. Koleksi bunga tersebut disusun membentuk taman dengan tema berbeda. 

Taman yang bisa dikunjungi meliputi Taman Bali, Taman Perancis, Taman Mediterania, dan Taman Gaya Jepang.

Dilansir dari situs resminya, taman ini adalah sebuah taman yang memiliki standar internasional dan sudah disiapkan sejak 1992.

Harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 50.000. Biaya tersebut berlaku untuk pengunjung berusia empat tahun ke atas. 

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Jalan Mariwati km 7, Kawungluwuk, Cianjur, Jawa Barat. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. 

Jika belum kesampaian berkunjung ke Eropa, kamu bisa mampir ke Little Venice yang ada di daerah Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. 

Sesuai namanya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang terinspirasi dari Venesia, Italia, lengkap dengan gondolanya.

Selain bisa menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa menjajal berbagai wahana. 

Wahana yang disediakan, antara lain The Duck Ride, The Gondola, Mississipi Boat, Dragon Boat, Taxi Boat, Bumper Boat, Quack Quack, Merry Go Round, Dart Blaster, dan Smash The Can.

Biaya tiket masuk ke Little Venice mulai dari harga Rp 60.000 per orangnya. Tempat ini buka dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB saat hari biasa atau weekday. 

Sementara itu, ketika weekend atau akhir pekan mulai dibuka pada pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. 

Wisata Agro Inkarla menawarkan banyak aktivitas dan tempat wisata bagi pengunjungnya, dari taman bunga, rumah pohon, area outbound, hingga lapangan bermain, dikutip dari situs resminya. 

Tempat ini juga bisa digunakan sebagai lokasi istirahat dan bersantai. Tersedia vila untuk menginap serta aula yang cukup luas sebagai tempat untuk menggelar acara. 

Jika menginap di tempat ini, pengunjung dapat menikmati taman bunga sekaligus merasakan sensasi tidur dengan nuansa alam.

Lokasi Wisata Argo Inkarla terletak di Jalan Singabarong, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Jika mencari wisata alam yang hits di Cianjur ada Curug Citambur yang menawarkan pemandangan air terjun setinggi 130 meter, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/11/2021). 

Curug Citambur diketahui mulai dipromosikan sebagai tempat wisata sejak 2014. Lokasinya ada di daerah Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat.

Dari aliran air terjunnya membentuk sebuah sungai yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. 

Fasilitasnya ada toilet, tempat ibadah, lahan parkir, dan penginapan. Khusus pengunjung yang ingin menginap disarankan memesan vilanya terlebih dahulu.

Cianjur punya wisata pantai yang hits dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, namanya Pantai Jayanti. 

Pantai Jayanti merupakan tempat wisata alam yang mulai dikembangkan pada 1980-an, dikutip dari laman Direktori Pariwisata. 

Ada dua area yang bisa dinikmati, yakni pantai dengan area pasir dan pantai dengan gugusan batu karang. 

Wisatawan bisa berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI), kios-kios pengecer ikan, dan kios jajanan. Ada juga warung nasi yang menyediakan ikan bakar sesuai pesanan pelanggan. 

Alamat Pantai Jayanti berada di  Cidamar, Cianjur, Jawa Barat. Dari Kota Cianjur jaraknya sekitar 156 kilometer (km). 

8. Wana Wisata Pokland 

Tempat wisata ini berada di kawasan hutan pinus, tepatnya di Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat.

Wana Wisata Pokland punyacamping ground yang yang bisa digunakan sebagai tempat berkemah, dilansir dari Tribun Travel. 

Selain menyediakan tempat kemah, ada beberapa spot foto yang tak kalah menarik, seperti rumah terbalik, payung gantung warna-warni, jembatan, dan area hammock.

Biaya masuk ke Wana Wisata Pokland  cukup terjangkau, mulai dari Rp 6.000 per orangnya. 

The Nice Funtastic Park adalah tempat wisata di kawasan Sukaresmi, Cianjur, yang baru dibuka pada 2022. 

Lantaran letaknya ada di kawasan perbukitan, sehingga suasananya cocok untuk keluarga dan anak-anak. Diketahui ada banyak wahana yang bisa dinikmati, mulai dari sky bridge, playground hingga mini zoo.

Koleksi hewannya cukup beragam, ada burung hantu, biawak air, mara, kuda, rusa, dan aneka hewan air. 

Jadwal bukanya saat hari biasa dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan saat akhir pekan buka pukul 08.00 sampai 17.45 WIB. 

Harga tiket masuknya berbeda-beda, saat hari biasa mulai dari Rp 20.000 dan ketika memasuki hari libur nasional atau akhir pekan mulai dari Rp 25.000 per orang.

Buat yang senang kulineran di Cianjur, ada sebuah kafe dan restoran berdesain Instagramable. Tempatnya bernama Roofpark Cafe & Restaurant.

Roofpark Cafe & Restaurant berlokasi di Jalan Raya Puncak-Cianjur, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. 

Kafe yang satu ini punya area rooftop (atap) yang luas dengan dekorasi lampion warna-warni.

Roofpark Cafe & Restaurant cocok dijadikan tempat ngopi sambil bersantai, apalagi pada hari Minggu hingga Jumat akan tersaji live music. 

Selain kopi, tersedia juga makanan berat, di antaranya nasi bebek, nasi goreng, sate kambing, dan paket liwet yang bisa dinikmati. 

Jam bukanya mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB, bisa dikunjungi setiap hari tanpa libur. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/07/081300727/10-tempat-wisata-di-cianjur-yang-lagi-hits-bisa-untuk-anak-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.