Salin Artikel

Amanuba Hotel & Resort Rancamaya, Spot Staycation Bogor Bernuansa Bali

KOMPAS.com - Jika ingin staycation bersama keluarga atau mencari tempat healing terdekat dari Jakarta, Amanuba Hotel & Resort Rancamaya yang bernuansa Jawa-Bali bisa jadi salah satu alternatif.

Meski secara alamat tidak begitu jauh dari Ibu Kota, yakni di Kota Bogor, Jawa Barat, namun lokasinya cukup tersembunyi di tengah-tengah permukiman.

"Amanuba sendiri memang konsepnya mengusung resort dengan memiliki fasilitas untuk para tamu kita. Ketika masuk disambut dengan lobi bernuansa Jawa etnik dan Bali, kemudian ada sawah juga dan merupakan satu properti dengan kami," kata General Manager Amanuba Hotel & Resort Rancamaya, Fransiskus M. Mbotu, kepada Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Aneka pepohonan dan tanaman akan menyambut pengunjung dari gerbang hingga area penginapan yang dikelola oleh Liberta ini. 

Para staf di lobi juga berpakaian khas Bali dan terdengar alunan rindik Bali yang semakin memperkaya suasana. Sementara itu, nuansa Jawa terlihat dari berbagai dekorasi dan furnitur.

Secara garis besar, terdapat tiga bangunan di penginapan seluas 2,6 hektare ini, yakni lobi, area ruang rapat, dan kamar tamu.

Bangunan kamar Amanuba Hotel & Resort Rancamaya berada di bagian belakang penginapan. Jika turun di lobi, pengunjung bisa berjalan kaki atau menaiki golf cart yang tersedia. 

Terdapat total 44 kamar yang terdiri dari tipe Superior seluas 18 meter persegi, Deluxe seluas 28 meter persegi, dan Suite seluas 44 meter persegi. 

Fransiskus mengatakan, tarif menginap di kamar tipe Superior mulai dari Rp 670.000, tipe Deluxe mulai dari Rp 800.000, dan tipe Suite mulai dari Rp 1,1 juta.

Adapun kamar tipe Suite memiliki area ruang tamu, sementara semua tipe kamar di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya dilengkapi dengan shower (pancuran air).

Terdapat sejumlah fasilitas di akomodasi ini, di antaranya restoran Teratai Pool Bar dengan pemandangan kolam renang serta sawah, area rerumputan dengan pemandangan sawah, amfiteater, kids club, area semi-outdoor (luar ruangan) di lantai dua gedung kamar, dan meja biliar.

Di depan Teratai Pool Bar ada kolam renang sedalam 140 sentimeter untuk orang dewasa, serta 70 sentimeter untuk anak-anak. Di sekitarnya terlihat aneka tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai.

Staf front office Amanuba Hotel & Resort Rancamaya, Andre, mengatakan bahwa tersedia fasilitas floating breakfast untuk para tamu.

"Ada paketnya, Rp 150.000 hanya (wadah) floating-nya, kalau ditambah sarapan ada tambahan Rp 135.000," tuturnya.

Terdapat pula tiga jenis ruang pertemuan, yakni Alamanda, Asoka, dan Edelweis dengan kapasitas hampir 300 orang. Selain pertemuan, fasilitas ruangan dan area rerumputan di akomodasi ini bisa digunakan untuk acara gathering, arisan, pernikahan, ulang tahun, dan outbond.

Selain itu, para tamu juga bisa melakukan yoga dan aktivitas wellness (kebugaran) lainnya. 

"Kita akan mengeluarkan paket menarik untuk wellness activity, salah satunya yoga. Dengan harga Rp 100.000 bisa memakai beberapa titik area di hotel untuk yoga," kata Fransiskus. 

Paket tersebut juga termasuk tea therapy, meliputi kegiatan meminum dan mengenal teh yang dipandu oleh staf hotel.

Ke depannya, lanjut Fransiskus, pihaknya akan menyiapkan matras dan peralatan yoga lainnya.

Selain pemandangan sawah, para tamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Salak jika cuaca cukup cerah.

Rute Menuju Amanuba Hotel & Resort Rancamaya

Jika ingin menginap di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya, pengunjung dianjurkan untuk naik kendaraan pribadi agar bisa masuk lewat gerbang Rancamaya. 

Pengunjung yang naik kendaraan berukuran lebih besar, bisa masuk melalui Jalan Warung Nangka yang pas untuk dua kendaraan, serta lebih berkelok-kelok. 

Bila dari Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, jaraknya 64 - 65 kilometer (km) dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. 

Dari Monas, kendaraan bisa melaju melewati Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto, lalu masuk ke Tol Cawang Grogol.

Selanjutnya pilih arah ke Tol Jagorawi, kemudian lurus terus dan belok ke kiri sedikit ke arah Ciawi/Tajur/Puncak/Bogor. 

Selanjutnya, tetap lurus hingga menemukan lampu lalu lintas dengan patokan patung macan di sebelah kanan dan bangunan Pasar Ciawi Bogor di seberang kiri. Selanjutnya berkendara lurus menuju Jalan Jakarta-Cibadak.

Tetap berkendara lurus hingga menemukan gerbang Rancamaya di sebelah kanan, kemudian masuk ke gerbang tersebut agar melaju di Jalan Rancamaya Utama.

Jika melihat Indomaret Rancamaya di sebelah kiri, maka belok kiri. Kemudian belok kanan ke arah Jalan Rancamaya.

Jika sudah melewati Indomaret Rancamaya 2, maka gerbang menuju Amanuba Hotel & Resort Rancamaya akan ada di sisi kiri.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/07/153300827/amanuba-hotel-resort-rancamaya-spot-staycation-bogor-bernuansa-bali

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.