Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Wisata di Cianjur, Banyak Tempat dengan Pemandangan Indah

KOMPAS.com – Mengunjungi tempat wisata di Cianjur bisa menjadi pilihan untuk melepas penat saat liburan atau akhir pekan.

Bukan hanya bisa mengunjungi wisata alam, wisata buatan di Cianjur juga tak kalah mengangumkan.

Berikut sejumlah tempat wisata di Cianjur yang bisa dikunjungi saat berlibur.

Tempat wisata di Cianjur

1. Istana Cipanas

Istana Cipanas merupakan salah satu Istana Kepresidenan yang terletak di Jalan Raya Cipanas Nomor 105, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Pengunjung yang datang ke Istana Cipanas bisa belajar soal perjalanan kemerdekaan Indonesia.

Terdapat koleksi benda-benda bersejarah di dalam istana yang bisa dilihat pengunjung, dikutip dari Kompas.com (3/12/2020). 

Koleksi yang bisa dilihat di antaranya adalah dua buah lampu kristal produksi tahun 1900 dari Cekoslowakia dan lukisan-lukisan karya seniman Affandi dan Soejono D S.

Sebelum berkunjung wajib mengisi formulir pendaftaran yang ada di Instagram @istanacipanas. Paling lambat dua hari sebelum tanggal kedatangan.

Bisa dikunjungi dari Selasa hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Istana Cipanas tutup saat hari libur nasional. 

2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bisa dipakai sebagai tempat berkemah sekaligus melakukan pendakian.

Tempat ini termasuk ke dalam kawasan konservasi, sehingga tidak bisa sembarangan didatangi. Pengunjung harus melakukan pendaftaran kunjungan dulu sebelum datang.

Pendaftarannya bisa dilakukan secara online lewat booking.gedepangrango.org. Lokasinya ada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur. 

Calon pendaki diketahui hanya bisa masuk kawasan pendakian antara pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. 

Tarif pendakian per orangnya adalah Rp 29.000 di hari kerja dan Rp 34.000 di hari libur.  Sementara untuk pelajar Rp 17.500 di hari kerja dan Rp 20.500 di hari libur. 

Adapun untuk wisatawan asing biayanya menjadi Rp 320.000 di hari kerja, sedangkan pada hari libur menjadi Rp 470.000. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi dan pendakian dua hari satu malam per orang.

3. Pantai Apra

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa melakukan beragam aktivitas seru, seperti berenang, berjemur, berolahraga, menikmati pemandangan, dan melakukan kegiatan fotografi. 

Angin di Pantai Apra yang cukup kencang membuat wisatawan bisa menerbangkan layang-layang, dikutip dari Direktori Pariwisata.

Pantai ini dianggap bersejarah karena dulu merupakan lokasi pemberontakan Angkatan Perang Rakyat Semesta (APRA) pada awal kemerdekaan Indonesia. Konon katanya ada juga benteng di kawasan ini.

Selain itu, pasir pantainya juga mengandung besi dalam jumlah tinggi sehingga banyak investor yang menanamkan modalnya agar bisa mengolah pasir tersebut. Alamat Pantai Apra berada di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat.

4. Karang Potong Ocean View

Karang Potong View cocok dikunjungi wisatawan yang suka berswafoto, karena tempat wisata tepi pantai ini menawarkan puluhan spot foto Instagramable. 

Spot foto di tempat wisata ini termasuk bangunan ala Santorini di Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, dan rumah kaca, dikutip dari dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022). 

Jadwal operasionalnya di mulai pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Jam bukanya bisa diperpanjang jika pengunjungnya masih banyak. 

Biaya masuknya mulai dari Rp 20.000 pada hari Senin sampai Jumat (weekday), sedangkan saat akhir pekan (weekend) mulai dari Rp 25.000 per orang. Karang Potong Ocean View terletak di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat.

5. Alun-alun Suryakencana TN Gede-Pangrango

Berikutnya ada Alun-alun Suryakencana yang juga masih terketak di TNGGP. Meski namanya alun-alun, areanya bukan berupa lapangan besar, melainkan berbentuk lembah datar.

Luasnya mencapai 50 hektar dan dipenuhi dengan tanaman Bunga Edelweis. Selain menikmati keindahan bunga yang disebut bunga abadi itu, pengunjung juga bisa melihat daerah Bogor, Cianjur dan Sukabumi dari ketinggian.

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus melakukan pendakian. Salah satu jalur tercepat adalah via Gunung Putri. 

Banyak pendaki yang suka berkemah di tempat ini karena saat pagi bisa melihat matahari terbit, sedangkan saat malam bisa melihat milky way.


6. Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata ini terletak di ketinggian 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan luas 84,99 hektare, dilansir dari laman resmi Kebun Raya Cibodas. 

Suasananya cocok untuk bersantai ditambah dengan adanya aneka pepohonan, sehingga bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan anak.

Jika ingin berkeliling pengunjung tak perlu jalan kaki karena bisa menyewa sepeda atau menaiki shuttle bus. 

Lokasinya di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

7. Pantai Ciwidig

Pantai Ciwidig punya ombak yang besar khas pantai di wilayah selatan Jawa. Ciri khas lainnya adalah pantai ini punya gugusan batu karang berukuran besar. 

Daya tarik Pantai Ciwidig adalah bisa dipakai sebagai lokasi untuk melihat matahari tenggelam. 

Tersedia sejumlah penginapan di kawasan pantai yang bisa disewa dengan harga terjangkau, dikutip dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur.

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di antaranya adalah berenang, memancing atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan pantainya. 

8. Taman Bunga Nusantara

Buat yang suka bunga wajib sekali mampir ke Taman Bunga Nusantara karena di tempat ini ada beragam koleksi bunga yang cantik. Koleksi bunganya tidak hanya dari Indonesia tapi ada juga jenis bunga dari luar negeri.

Taman bunganya ada banyak dan disusun berdasarkan tema-tema tertentu, seperti Taman Bali, Taman Perancis, Taman Mediterania, dan Taman Gaya Jepang.

Dilansir dari situs resminya, taman ini adalah sebuah taman yang memiliki standar internasional dan sudah disiapkan sejak 1992.

Harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 50.000. Biaya tersebut berlaku untuk pengunjung berusia empat tahun ke atas. 

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Jalan Mariwati km 7, Kawungluwuk, Cianjur, Jawa Barat. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. 

9. Little Venice

Little Venice adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan miniatur Venesia, Italia, lengkap dengan gondolanya.

Alamat Little Venice ada di daerah Cipanas, Cianjur, Jawa Barat dan punya berbagai wahana permainan seru.

Wahana yang bisa dicoba meliputi  The Duck Ride, The Gondola, Mississipi Boat, Dragon Boat, Taxi Boat, Bumper Boat, Quack Quack, Merry Go Round, Dart Blaster, dan Smash The Can.

Harga tiket masuk ke Little Venice mulai dari harga Rp 60.000 per orangnya. Tempat ini buka dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB saat hari biasa atau weekdays. Sementara itu, ketika weekend atau akhir pekan, jam bukanya pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

10. Wisata Agro Inkarla

Wisata Agro Inkarla menawarkan banyak aktivitas dan tempat wisata bagi pengunjungnya, dari taman bunga, rumah pohon, area outbound, hingga lapangan bermain, dikutip dari situs resminya. 

Tempat ini juga bisa digunakan sebagai lokasi istirahat dan bersantai. Tersedia vila untuk menginap serta aula yang cukup luas sebagai tempat untuk menggelar acara. 

Jika menginap di tempat ini, pengunjung dapat menikmati taman bunga sekaligus merasakan sensasi tidur dengan nuansa alam. Lokasi Wisata Argo Inkarla terletak di Jalan Singabarong, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Luas danaunya sekitar lima hektar dan warna airnya bisa berubah menjadi biru jika terkena sinar matahari. Warna danau tersebut juga dipengaruhi oleh keberadaan alga. 

Letak Telaga Biru ada di TNGGP dan masih berada di jalur pendakian ke puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Letaknya juga sejalan dengan arah ke Curug Cibeureum.

Jika ingin berkunjung ke Telaga biru disarankan untuk membersiapkan fisik agar tidak mudah lelah karena medannya cukup menantang. 

12. Pantai Lugina

Cianjur punya pantai yang letaknya cukup tersembuyi bernama Pantai Logina. Lokasinya ada di Agrabinta, Cianjur, Jawa Barat.

Walaupun banyak yang belum mengetahui soal pantai ini, pemandangan yang ditawarkan tak bisa diragukan karena punya panorama matahari tenggelam yang menawan.

Diketahui bahwa pemerintah telah berupaya mengembangkan tempat ini dengan membangun tempat off road serta masjid. 

Tak hanya itu  pemeritah juga berencana membangun pasar lokal mingguan di sekitar Pantai Lugina untuk menggantikan pasar sebelumnya yang kondisinya dinilai kurang baik, dikutip dari Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur. 

Pembangunan itu dilakukan agar ke depannya, masyarakat lokal dan wisatawan bisa berbelanja dengan lebih nyaman.

13 . Curug Citambur 

Banyak curug di Cianjur salah satunya yang terkenal ada Curug Citambur yang menawarkan pemandangan air terjun setinggi 130 meter, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/11/2021). 

Curug Citambur diketahui mulai dipromosikan sebagai tempat wisata sejak 2014. Lokasinya ada di daerah Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat.

Dari aliran air terjunnya membentuk sebuah sungai yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. 

Fasilitasnya ada toilet, tempat ibadah, lahan parkir, dan penginapan. Khusus pengunjung yang ingin menginap disarankan memesan vilanya terlebih dahulu.

14. Pantai Jayanti

Wisata pantai yang satu ini sangat populer di Cianjur dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Jayanti merupakan tempat wisata alam yang mulai dikembangkan pada 1980-an, dikutip dari laman Direktori Pariwisata. 

Ada dua area yang bisa dinikmati, yakni pantai dengan area pasir dan pantai dengan gugusan batu karang. 

Wisatawan bisa berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI), kios-kios pengecer ikan, dan kios jajanan. Ada juga warung nasi yang menyediakan ikan bakar sesuai pesanan pelanggan. 

Alamat Pantai Jayanti berada di  Cidamar, Cianjur, Jawa Barat. Dari Kota Cianjur jaraknya sekitar 156 kilometer (km). 

15. Wana Wisata Pokland

Tempat wisata ini berada di kawasan hutan pinus, tepatnya di Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat.

Wana Wisata Pokland punya camping ground yang yang bisa digunakan sebagai tempat berkemah, dilansir dari Tribun Travel. 

Selain menyediakan tempat kemah, ada beberapa spot foto yang tak kalah menarik, seperti rumah terbalik, payung gantung warna-warni, jembatan, dan area hammock.

Biaya masuk ke Wana Wisata Pokland cukup murah dan tak menguras dompet, yakni mulai dari Rp 6.000 per orangnya.


16. Pantai Cipanglay

Pantai Cipanglay tergolong masih alami karena tempat wisata ini cukup tersembunyi dan jarang diketahui orang.

Dilansir dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur, tempat ini punya pemandangan yang indah dan menawarkan suasana nyaman berkat semilir angin yang bertiup perlahan. 

Alamatnya ada di Cidaun, Cianjur, Jawa Barat. Dari pusat Kota Cianjur jaraknya sekitar 135 km. 

Meski tak sepopuler Pantai Jayanti, pemandangan alamnya indah dan cocok dijadikan lokasi liburan bersama keluarga atau teman.

17. The Nice Funtastic Park

Ada sebuah tempat wisata baru di Cianjurm yakni The Nice Funtastic Park yang baru dibuka pada 2022.

Terdapat banyak wahana yang bisa dinikmati, mulai dari sky bridge, playground hingga mini zoo.

Koleksi hewan yang bisa dilihat cukup beragam, ada burung hantu, biawak air, mara, kuda, rusa, dan aneka hewan air. 

Jam bukanya saat hari biasa dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan saat akhir pekan, buka pukul 08.00 sampai 17.45 WIB. 

Biaya tiket masuknya berbeda-beda, saat hari biasa mulai dari Rp 20.000 dan ketika memasuki hari libur nasional atau akhir pekan mulai dari Rp 25.000 per orang.

18. Roofpark Cafe & Restaurant

Cianjur juga punya tempat kulineran yang insatagramable bernama Roofpark Cafe & Restaurant.

Roofpark Cafe & Restaurant berlokasi di Jalan Raya Puncak-Cianjur, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Kafe yang satu ini punya area rooftop (atap) yang luas dengan dekorasi lampion warna-warni.

Roofpark Cafe & Restaurant cocok dijadikan tempat ngopi sambil bersantai, apalagi pada hari Minggu hingga Jumat akan tersaji live music. 

Selain kopi, tersedia juga makanan berat, di antaranya nasi bebek, nasi goreng, sate kambing, dan paket liwet yang bisa dinikmati. 

Jam bukanya mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB, bisa dikunjungi setiap hari tanpa libur. 

19. Pantai Batu Kukumbung

Selanjutnya ada Pantai Batu Kukumbung yang punya ciri khas ombak besar seperti pantai Selatan lainnya. 

Sesuai namanya di pantai ini ada batu karang besar yang bisa dijadikan latar belakang berfoto, dikutip dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur.

Wisatawan dapat melihat matahari tenggelam atau mengajak keluarga menginap di sejumlah penginapan dengan harga terjangkau. 

Berbagai kegiatan bisa dilakukan termasuk memancing, berenang atau jalan-jalan di pinggir pantai sambil merasakan deburan ombak yang mengenai kaki. 

20. Curug Luhur

Curug Luhur adalah wisata air terjun yang ada di kawasan Cibinong, Cianjur, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Curug Luhur sebesar  Rp 10.000 per orang. Adapun biaya parkirnya untuk motor adalah Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000. 

Penting untuk diketahui bahwa biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi alangkah baiknya untuk mempersiapkan dana lebih jika ingin berkunjung. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/07/160400127/20-wisata-di-cianjur-banyak-tempat-dengan-pemandangan-indah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke