Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pesan Tiket Museum Bank Indonesia yang Baru Buka, Pelajar Gratis

KOMPAS.com - Setelah ditutup sekitar dua tahun karena pandemi Covid-19, Museum Bank Indonesia atau MuBI telah dibuka kembali untuk umum mulai hari ini, Kamis (07/07/2022).

Museum Bank Indonesia sendiri berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3, Taman Sari, Jakarta Barat, satu lokasi dengan kawasan wisata Kota Tua.

Kehadiran museum tersebut disebut turut menegakkan salah satu pilar Bank Indonesia, yakni pengelolaan literasi.

"Besar harapan kami, Museum BI dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, menajdi sarana edukasi publik terkait sejarah bank kesentralan Indonesia, tentunya ditata oleh teknologi terkini, serta berkontribusi menjadi wadah yang bisa memfasilitasi berbagai kepentingan stakeholders untuk saling bersinergi," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono dalam peresmian yang disaksikan Kompas.com secara virtual, Rabu (06/07/2022).

Sebelum datang, pengunjung harus memesan tiket dan registrasi secara online terlebih dahulu. Berikut informasi selengkapnya. 

Hari dan waktu kunjungan Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia buka setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB. Sementara, hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional museum ini tutup. 

Sebagai informasi, untuk saat ini MuBI masih membatasi jumlah kuota pengunjung luring, yaitu maksimal 50 orang per sesi. 

Berikut jadwal dan sesi yang bisa dipilih calon pengunjung di Museum BI:

Sesi 1, mulai dari pukul 08.00 -10.00 WIB

Sesi 2, mulai dari pukul 10.00 -12.00 WIB

Sesi 3, mulai dari pukul 13.00 -15.00 WIB

Pukul 12.00 - 13.00 WIB, Museum bank Indonesia tutup sementara.

Harga tiketnya, masih sama seperti sebelum pandemi, yaitu Rp 5.000 per orang. Adapun khusus bagi pelajar atau mahasiswa yang menunjukkan kartu identitasnya, bisa masuk ke museum secara gratis. 

"Untuk pelajar atau mahasiswa yang menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswanya, maka tiket (masuk museum) gratis," kata Bidang Humas dan Pemasaran Museum Bank Indonesia, Marry Marsela, kepada Kompas.com, Kamis. 

Ia menjelaskan, bagi kelompok atau rombongan yang ingin berkunjung, juga bisa mendapat gratis tiket masuk. Caranya dengan mendaftar melalui WhatsApp, lalu akan dimintai surat pengantar dan dikonfirmasi oleh pihak museum. 

"Untuk individu yang sudah (kontak ke) WhatsApp dan terkonfirmasi, tiket dibayarkan sebesar Rp 5.000 langsung ketika di MuBI," Marry melanjutkan. 

Lalu, syarat kunjungannya adalah harus sudah divaksinasi Covid-19 minimal dua dosis. Selama berada di area museum, pengunjung juga wajib menaati protokol kesehatan, termasuk memakai masker dan menjaga jarak.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/07/184000127/cara-pesan-tiket-museum-bank-indonesia-yang-baru-buka-pelajar-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke