Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Hotel Terbaik di Indonesia 2022 Versi Travel and Leisure 

KOMPAS.com - Travel and Leisure mengumumkan 10 hotel perkotaan atau city hotel terbaik di Indonesia melalui penghargaan Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022. Penghargaan tersebut pertama kalinya digelar oleh Travel and Leisure yang merupakan majalah perjalanan dan gaya hidup global berbasis di New York, AS.

“Peluncuran Asia’s Best Awards, bertujuan agar kami bisa melakukan lebih banyak dari hal terbaik yang dapat kami lakukan dan menjelaskan kepada orang-orang tentang tempat-tempat pada suatu wilayah tidak boleh dilewatkan,” tulis Travel and Leisure dikutip Jumat (8/7/2022). 

Hasilnya, survei Travel and Leisure menyatakan bahwa Four Season Jakarta menjadi hotel perkotaan terbaik di Indonesia 2022. 

Metode 

Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022 merupakan penghargaan perdana yang diselenggarakan oleh majalah tersebut. Semua nominator terpilih ditetapkan berdasarkan survei kepada pembaca Travel and Leisure, kemudian digabungkan dengan pendapat pakar dari tim Travel and Leisure.

Periode survei berlangsung pada Januari hingga April 2022. Asia’s Best Awards 2022 hanya mencakup sembilan negara di Asia.

“Pada tahun-tahun mendatang, dengan bantuan Anda, kami akan memperluas jangkauan survei sehingga mencakup lebih banyak tempat dan perusahaan terkait perjalanan,” tulis Travel and Leisure. 

10 hotel terbaik di Indonesia 

Berikut adalah 10 hotel terbaik di Indonesia 2022 versi Travel and Leisure dalam penghargaan Asia’s Best Awards 2022. 

1. Four Seasons Jakarta 

Travel and Leisure menyatakan bahwa Four Seasons Jakarta seperti oasis di tengah ibu kota yang menawarkan kecantikan luar dan dalam.

Meskipun terletak di salah satu jalan arteri DKI Jakarta, hotel ini memberikan rasa tenang sejak tamu  melangkah masuk.

Four Seasons Jakarta merupakan karya mendiang arsitek Argentina-Amerika, Cesar Pelli.

Sejumlah dekorasi hotel akan memukau pengunjung seperti lampu gantung, ornamen jendela dan pintu, wallpaper dinding, kolam renang outdoor bergaya resor, koleksi seni dan patung lokal tentang Indonesia, dan sebagainya.

Selain itu, Four Seasons Hotel juga mendapatkan komentar positif dari tamu. Mulai dari hotel Instagramable, desain interior ikonik, layanan mewah, hotel terbaik di Jakarta yang pernah dikunjungi, dan lainnya. 

Hotel Four Seasons berada di Jalan Gatot Subroto No.18, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. 

2. Grand Hyatt Jakarta

Grand Hyatt Jakarta terletak di lokasi ikonik DKI Jakarta, yakni kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Plaza Indonesia, dan pusat perbelanjaan Grand Indonesia. 

Mengutip dari situs Grand Hyatt Jakarta, Grand Hyatt Jakarta memberikan para tamu kesempatan untuk menikmati kemudahan ke gedung perkantoran, kantor pemerintah, kedutaan besar, atraksi budaya, dan pusat perbelanjaan.

Hotel bintang lima ini dirancang untuk menghadirkan kemewahan yang tak lekang oleh waktu dan memberikan kenyamanan bagi tamu di tengah perkotaan. Lokasinya berada di Jalam M.H. Thamrin No.Kav. 28-30, Gondangdia, Jakarta Pusat.

3. Shangri-La Jakarta 

Shangri-La Jakarta menawarkan 662 kamar dan suite yang ditata dengan apik, berdasarkan informasi dari situs Shangri-La Jakarta. 

Selain itu, hotel ini menawarkan kemewahan sekaligus kenyamanan di tengah perkotaan yang sibuk. 

Setiap kamar menyediakan akomodasi dengan fasilitas eksklusif, taman rimbun yang indah, dan pemandangan cakrawala ibu kota. Lokasi Shangri-La Jakarta juga dekat dengan sejumlah fasilitas umum seperti stasiun KA, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lainnya. 

Hotel ini berada di Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman No.Kav. 1, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

4. Mandarin Oriental Jakarta

Lokasi Mandarin Oriental Jakarta berada di lokasi ikonik DKI Jakarta, yakni kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Lokasinya berseberangan dengan Plaza Indonesia, pusat perbelanjaan Grand Indonesia, dan Grand Hyatt Jakarta.

Mengutip dari situs Mandarin Oriental Jakarta, hotel bintang lima ini menyajikan kemewahan, kehangatan, keamanan, protokol kesehatan, dan keselamatan bagi para pengunjung. Mandari Oriental memiliki kamar dan suite yang luas serta restoran yang telah meraih berbagai penghargaan. 

Lokasinya berada di Jalan MH. Thamrin, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. 

5. The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place

The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place berada di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), sehingga para tamu yang menginap akan disuguhkan dengan landskap perkotaan. 

Mengutip situs The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, hotel ini merupakan sebuah oasis kemewahan kosmopolitan di jantung pusat ibu kota. 

Setiap tamu akan disuguhi dengan kamar mewah, tempat makan artisan, perawatan spa organik, kolam renang outdoor, dan ballroom hotel terbesar di Jakarta.

Selain itu, hotel ini mempunyai akses langsung ke gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berada di seberang, serta pusat perbelanjaan Pacific Place tepat di samping hotel. 

6. Gran Melia Jakarta

Gran Melia merupakan hotel mewah yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Mengutip situs Gran Melia, hotel ini mengusung arsitektur yang luar biasa dan dekorasi yang elegan. 

Gran Melia menjadi tempat menginap strategis lantaran berada tidak jauh dari kawasan pusat bisnis, pusat perbelanjaan, dan kedutaan besar. Setiap tamu dapat menikmati sajian di restoran Jepang khas Hotel Yoshi Izakaya atau Tien Chao Chinese Restaurant.

Selain itu, Gran Melia menawarkan fasilitas spa modern, pusat kebugaran, kolam renang luar ruangan, ruang pertemuan, dan lainnya. Lokasinya berada di Jalan H.R. Rasuna Said Kav X-0, Kuningan, Jakarta Selatan. 

7. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan 

Selain di kawasan SCBD, jaringan The Ritz-Carlton juga menawarkan properti hotel di kawasan Mega Kuningan. Berada di pusat perkantoran Kuningan, Jakarta Selatan, hotel ini menawarkan panorama gedung pencakar langit. 

Mengutip dari situs The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, hotel bintang lima ini menawarkan sejumlah fasilitas mewah seperti kamar mewah, restoran taraf internasional, grand ballroom, club lounge, spa, jalur jogging, pusat kebugaran, area bermain anak, dan lainnya. 

Lokasinya berada di Jalan DR. Ide Anak Agung Gde Agung, Mega Kuningan Barat No.1, Kuningan, Jakarta Selatan.

8. Raffles Jakarta 

Raffles Jakarta merupakan titik pertemuan antara seni, bisnis, dan gaya hidup. Mengutip dari situs Raffles Jakarta, arsitektur hotel yang terinspirasi dari warisan seniman terkenal Indonesia Hendra Gunawan. 

Hotel yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan ini memiliki 173 kamar yang terdiri dari 129 kamar dan 44 suite. Selain itu, Raffles Jakarta memiliki akses langsung dengan pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue dan Ciputra Artpreneur Centre, galeri seni dan kompleks teater tempat warisan seni Hendra Gunawan. 

Lokasinya berada di Ciputra World, Jl. Prof. DR. Satrio No.1, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. 

9. The Langham, Jakarta

The Langham, Jakarta baru resmi beroperasi pada 9 September 2021 lalu. Hotel 65 lantai ini berada di kawasan Distrik 8, SCBD, Jakarta Selatan. 

Mengutip dari situs The Langham Jakarta, hotel bergaya kontemporer ini merupakan rancangan Smallwood Reynolds Stewart Stewart (SRSS) yang berbasis di Singapura. 

Hotel ini memadukan elemen desain klasik dan glamor dengan nuansa perkotaan. Saat memasuki lobi, pengunjung akan disuguhkan dengan lampu gantung megah yang menggambarkan 3.000 kupu-kupu kristal beterbangan. 

Lampu gantung itu merupakan karya seniman asal Republik Ceko, Lasvit yang berjudul  Haven. The Langham memiliki 223 kamar tamu, termasuk Presidential Suite seluas 336 meter persegi. 

10. The Dharmawangsa 

Mengutip situs resminya, The Dharmawangsa terinspirasi oleh seni, tradisi, dan budaya Indonesia. Hotel butik bintang lima ini mengusung konsep kemewahan dan keramahan. 

The Dharmawangsa Jakarta adalah perwujudan gaya Jawa klasik. The Dharmawangsa menawarkan fasilitas lengkap mulai dari kamar, suite, restoran, ruang pertemuan, kolam renang outdoor, dan lainnya.

Lokasinya berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tepatnya Jl. Brawijaya Raya No. 26, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/08/121638927/10-hotel-terbaik-di-indonesia-2022-versi-travel-and-leisure

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke