Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Terbaik di Asia Tenggara 2022, Jakarta Nomor Berapa? 

KOMPAS.com - Jakarta masuk dalam daftar 10 kota terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure. Predikat tersebut diberikan dalam penghargaan Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022: Best Cities in Southeast Asia. 

Penghargaan tersebut pertama kalinya digelar oleh Travel and Leisure, yang merupakan majalah perjalanan dan gaya hidup global berbasis di New York, AS 

“Peluncuran Asia’s Best Awards, bertujuan agar kami bisa melakukan lebih banyak dari hal terbaik yang dapat kami lakukan dan menjelaskan kepada orang-orang tentang tempat-tempat pada suatu wilayah tidak boleh dilewatkan,” tulis Travel and Leisure dikutip Sabtu (8/7/2022). 

Dalam penghargaan itu, Bangkok, Thailand menyabet predikat kota terbaik di Asia Tenggara 2022. 

Metode 

Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022 merupakan penghargaan perdana yang diselenggarakan oleh majalah tersebut. 

Semua nominator terpilih ditetapkan berdasarkan survei kepada pembaca Travel and Leisure, kemudian digabungkan dengan pendapat pakar dari tim Travel and Leisure. Periode survei berlangsung pada Januari hingga April 2022. 

Asia’s Best Awards 2022 hanya mencakup sembilan negara di Asia. Meliputi, Indonesia, Kamboja, Hong Kong, Malaysia, Maladewa , Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Khusus untuk nominasi kota terbaik 2022, Travel and Leisure membuat kategori kota terbaik di Asia Tenggara 2022. Dalam kategori ini pula, Travel and Leisure memasukkan Hong Kong, meskipun secara administratif tidak berada di kawasan Asia Tenggara. 

10 kota terbaik di Asia Tenggara 2022

Berikut adalah 10 kota terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure dalam penghargaan Asia’s Best Awards 2022: Best Cities in Southeast Asia. 

1. Bangkok, Thailand 

Bangkok merupakan salah satu kota di Asia Tenggara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ada banyak alasan kenapa ibu kota Thailand ini menjadi favorit wisatawan. 

Kota yang baru berganti nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon ini menawarkan paket wisata komplit. Pelancong bisa melakukan city tour menaiki kendaraan khas Bangkok tuk tuk dan mencicipi kuliner pinggir jalan. 

Namun, pelancong juga bisa menikmati liburan mewah dengan menyantap makanan di restoran berbintang Michelin atau tidur di hotel mewah. Jangan lupa untuk naik kapal menyusuri Sungai Chao Phraya. 

2. Singapura

Singapura merupakan negara yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya. Meskipun luas wilayahnya terbilang kecil, namun Singapura merupakan destinasi wisata favorit. 

Mengutip laman Singapore Tourism Board, Singapura menawarkan paket wisata komplit. Wisatawan dapat mengunjungi kuil yang berumur ratusan tahun, pusat kuliner, ruang hijau yang rimbun, wisata belanja, atau panorama kota yang memesona. 

Sejumlah destinasi wisata favorit di Singapura antara lain Universal Studios Singapore, Sentosa Island,  Orchard Road, Marina Bay Sands, Jewel Changi, Singapore Botanic Gardens, Singapore Flyer, Resort World Sentosa, dan lainnya. 

3. Da Nang, Vietnam 

Da Nang merupakan sebuah kota di Vietnam bagian timur. Terletak di antara Hanoi dan Ho Chi Minh, kota ini merupakan kota pelabuhan dan pusat ekonomi keempat terbesar di Vietnam. 

Banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Da Nang, antara lain mengunjungi museum, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, dan lainnya. 

Sejumlah tempat wisata di Da Nang yang merupakan destinasi favorit wisatawan seperti Golden Bridge, Da Nang Museum, kota tua Hoi An, Pagoda Linh Ung, Da Nang Marble Mountains, dan kawasan pantai Son Tra Peninsula. 

4. Kuala Lumpur, Malaysia

Ibu kota Malaysia ini menawarkan banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, city tour, wisata budaya, wisata religi, dan lainnya. Kuala Lumpur merupakan kota metropolitan sekaligus kota terbesar di Malaysia. 

Mengutip Kompas.com (17/1/2014), sejumlah wisata favorit wisatawan di Kuala Lumpur antara lain Jalan Alor di kawasan Bukit Bintang. Ketika melintasi kawasan ini, jangan lupa untuk mencicipi nasi lemak serta lauk pauknya. 

Selanjutnya, Batu Caves yang berada di kawasan Distrik Gombak. Batu Caves merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu di Malaysia yang terbuka untuk turis.

Ikon Batu Caves adalah Patung Dewa Murugan setinggi hampir 50 meter berwarna emas. Kemudian, ada Twin Tower atau Menara Petronas yang merupakan ikon Malaysia. 

5. Hanoi, Vietnam

Hanoi merupakan ibu kota Vietnam yang berada di tepi Sungai Merah. Mengutip situs Vietnam Tourism, kota yang berusia lebih dari 1.000 tahun ini kaya dengan tempat bersejarah. 

Jalan-jalan di kawasan Old Quarter misalnya, telah berdiri sejak abad ke-14 dengan tetap mempertahankan fasad bangunan peninggalan era kolonial. 

Namun, Hanoi juga menawarkan destinasi wisata modern yang menarik pengunjung seperti kafe modern, restoran kelas dunia, dan galeri seni. 

Wisatawan dapat bergabung dengan penduduk lokal di Danau Hoan Kiem yang terletak jantung kota Hanoi, guna mengetahui aktivitas warga setempat. Ada sebagian warga yang melakukan yoga, berjalan kaki, atau sekadar duduk santai menikmati sore. 

6. Chiang Mai, Thailand 

Chiang Mai merupakan kota terbesar kedua di Thailand. Kota ini berada di utara Thailand yang terletak di antara pegunungan sehingga udaranya sejuk.

Mengutip Kompas.com (24/2/2020), wisatawan bisa melihat bunga sakura bermekaran di Chiang Mai, tepatnya di daerah Ban Khun Chang Kian. Sejumlah tempat wisata andalan Chiang Mai antara lain kuil Wat Phra That Doi Suthep yang berlapis emas, Kebun Raya Ratu Sirikit dan Taman Nasional Doi Inthanon yang merupakan pegunungan tertinggi di Thailand. 

Wisatawan juga dapat mengunjungi Chiang Mai Night Safari yang menawarkan sensasi mengunjungi hutan belantara di malam hari. Kota yang berjarak 700 kilometer dari Bangkok ini cocok bagi wisatawan yang tertarik dengan budaya Thailand serta kawasan pegunungan nan sejuk dan tenang.

7. Hong Kong

Meskipun secara administratif Hong Kong tidak masuk dalam kawasan Asia Tenggara, namun Travel and Leisure memasukkan namanya dalam kategori Asia’s Best Awards 2022: Best Cities in Southeast Asia. 

Hong Kong merupakan salah satu magnet wisata di kawasan Asia. Kota padat penduduk ini banyak memiliki destinasi wisata yang menarik wisatawan mulai dari city tour, gedung pencakar langit, wisata seni, wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, taman hiburan, dan lainnya. 

Ikon wisata Hong Kong antara lain, Disneyland Hong Kong, West Kowloon yang merupakan satu di antara proyek budaya terbesar, dan pasar malam Temple Street Night Market. 

Kemudian, wisatawan dapat naik perahu Star Ferry serta menikmati atraksi laser dan kembang api, atau mengunjungi Victoria Peak untuk melihat lanskap Hong Kong dari ketinggian. 

Selain wisata di atas masih ada Wong Tai Sin Temple, Tsim Sha Sui, Ocean Park, Repulse Bay and Beach, dan lainnya. 

8. Ho Chi Minh City, Vietnam 

Ho Chi Minh City dulunya bernama Saigon. Kota ini berada di Vietnam bagian selatan. 

Mengutip laman Vietnam Tourism, kota yang berada di dekat delta Sungai Mekong ini merupakan jantung ekonomi Vietnam. Sebagai kota kosmopolitan, Ho Chi Minh City menawarkan banyak tempat wisata yang memadukan suasana Vietnam lama dan baru dalam satu kota. 

Sejumlah ikon wisata Ho Chi Minh City berdasarkan informasi dari laman Vietnam Tourism, antara lain Katedral Notre Dame yang desainnya menyerupai Katedral Notre Dame di Paris. 

Kemudian, Gedung Opera Saigon yang memadukan gaya arsitektur Perancis dan Vietnam, Ben Tanh Market yaitu pasar yang menjajakan beragam pernak-pernik khas Vietnam, Jade Emperor Pagoda yang dibangun dengan gaya arsitektur China, dan sebagainya.

9. Phnom Penh, Kamboja

Phnom Penh merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Kamboja. Kota yang terletak di pinggir Sungai Mekong ini dianggap sebagai salah satu kota peninggalan Perancis yang terindah. 

Mengutip Kompas.com (17/7/2018), terdapat sejumlah obyek wisata yang dapat dikunjungi wisatawan. Sebut saja, Central Market yang merupakan pasar terbesar di Phnom Penh sekaligus legendaris peninggalan pemerintah kolonial Perancis. 

Pelancong yang ingin mengetahui sejarah Kamboja bisa mengunjungi Museum Nasional Kamboja yang menyimpan benda-benda bersejarah bangsa Kamboja. 

Selain Museum Nasional Kamboja, wisatawan juga dapat melihat Istana Raja Kamboja dari luar saja, lantaran warga tidak diperkenankan masuk.   

10. Jakarta, Indonesia

Kota metropolitan ini merupakan ibu kota Indonesia. Di balik gedung pencakar langit, Jakarta menawarkan beragam wisata, mulai dari sejarah, budaya, religi, seni, modern, dan wisata alam. 

Pelancong bisa mengunjungi ikon wisata Jakarta, yakni Tugu Monas. Kemudian, ada kawasan Kota Tua yang merupakan wisata budaya serta saksi sejarah perkembangan Jakarta. 

Wisatawan juga bisa menikmati keseruan aneka wahana permainan di Dunia Fantasi. Selain itu, Jakarta juga memiliki pusat perbelanjaan, hotel bintang lima, restoran, dan kafe modern. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/09/230129427/10-kota-terbaik-di-asia-tenggara-2022-jakarta-nomor-berapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke