Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Napak Tilas Film Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

KOMPAS.com - Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi di Kecamatan Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung Belitung, ini menjadi kegiatan wajib saat kamu berwisata ke Pulau Belitung. Pantai ini terkenal, salah satunya karena menjadi latar film Laskar Pelangi.

Begitu tiba, kamu akan disambut oleh sebuah palang bertuliskan "Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi: Di sini lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008. Film Laskar Pelangi mendaparkan perhatian terbesar di Indonesia, dibuat berdasarkan novel karya Andrea Hirata".

Untuk diketahui, Laskar Pelangi merupakan film yang disutradari Riri Riza. Film ini mengisahkan anak-anak di Pulau Belitung yang berasal dari keluarga tidak mampu. Perjuangan mereka dimulai ketika sekolah tempat mereka belajar terancam akan ditutup.

Pantai Tanjung Tinggi terlihat memesona dengan bebatuan granit yang menjulang tinggi. Airnya biru jernih dan pasirnya halus, seolah bersinergi melepas penat siapapun yang berkunjung ke tempat ini.

Gerombolan batu granit yang kokoh menjadi saksi bisu adegan deklarasi persahabatan delapan tokoh di novel dan film Laskar Pelangi, yakni Ikal, A Kiong, Lintang, Syahdan, Trapani, Mahar, Sahara, dan Harun.

Saking besarnya batu, wisatawan bahkan bisa berlari, menyusuri celah bebatuan, dan mengikuti jejak sinar matahari dari lorong.

  • Nikmatnya Kopi di Warkop Tertua Belitung yang Berusia Hampir 80 Tahun
  • Surau Tertua di Belitung, Masjid Sijuk yang Berdiri Sejak 1817

Pengelola juga menyediakan tangga untuk pengunjung yang ingin memanjat beberapa batu, namun wisatawan wajib hati-hati. Selain cukup licin, ada semut-semut kecil yang kerap mengigit, dan bikin kulit gatal.

Bagian paling menyenangkan adalah, berfoto dengan gaya ala delapan tokoh Laskar Pelangi, tepatnya di atas batu paling besar. Wisatawan bisa berfoto sembari menunjuk ke langit, seolah mengarah ke pelangi.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan gradasi warna batu granit yang berpadu dengan air laut yang semakin sore semakin biru.

Deburan ombak pun sangat menenangkan. Ditambah lagi, kamu bisa melihat jelas ikan-ikan kecil dan kepiting di dekat bebatuan yang menjorok ke laut.

Meski cukup ramai, wisatawan tetap bisa mencari tempat ternyaman untuk menikmati pemandangan, sebab pantai ini terbilang luas.

  • Pemkab Belitung Upayakan Segera Buka Lagi Penerbangan ke Malaysia
  • Jelajahi Gugusan Pulau di Belitung, Lihat Bintang Laut dan Mercusuar

Saat Kompas.com berkunjung, Kamis (7/7/2022) lalu, tak banyak pedagang kuliner yang berjualan. Hanya beberapa yang menjajakan mi instan, bakso, dan cilok.

Jika membawa makanan, pastikan bawa pula kantong sampah dan jangan meninggalkan sampah di area ini. Hal ini karena terlihat sampah plastik di sela-sela bebatuan.

Pantai Tanjung Tinggi berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan, dan dapat ditempuh dengan mobil sekitar 45 menit.

Tidak ada tarif masuk resmi ke pantai ini, sehingga wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 per mobilnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/10/063100127/napak-tilas-film-laskar-pelangi-di-pantai-tanjung-tinggi-belitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke