Salin Artikel

Tips Berkunjung ke Solo Car Free Day, Bawa Uang

KOMPAS.com – Gelaran Solo Car Free Day (CFD) memang libur sementara pada Minggu (10/7/2022) karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Rencananya, Solo CFD akan digelar lagi pada minggu selanjutnya, yakni Hari Minggu (17/7/2022).

Masyarakat yang ingin menikmati suasana jalan utama Kota Solo yang bebas kendaraan dan hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki atau pesepeda pun harus bersabar sampai Hari Minggu itu.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Solo CFD, maka berikut ini Kompas.com bagikan tipsnya:

1. Pakai baju untuk berolahraga

Pakaian yang mudah menyerap keringat dan nyaman saat dipakai bergerak merupakan pilihan pas untuk dikenakan saat datang ke Solo CFD.

Itu karena kemungkinan besar kamu hanya bisa berjalan kaki atau bersepeda, sehingga akan berkeringat.

2. Bawa uang

Selain berjalan-jalan atau berolahraga, berbelanja kuliner atau suvenir merupakan aktivitas yang bisa dilakukan di Solo CFD.

Oleh karena itu, jangan lupa bawa uang jika hendak berangkat. Ada banyak kuliner yang bisa dicicipi dan suvenir untuk dibeli.

Selain berguna untuk membeli jajanan atau suvenir, uang juga dibutuhkan untuk membayar parkir. Tarif parkir sepeda motor adalah Rp 2.000.

3. Berangkat pagi

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (11/5/2022), Solo CFD dimulai pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB. Selama itulah Jalan Slamet Riyadi (jalan utama Kota Solo) ditutup untuk kendaraan bermotor.

Agar bisa maksimal menikmati Solo CFD, terlebih jika ingin menjelajah ujung ke ujung, sebaiknya datang pagi, setidaknya sekitar pukul 06.00 WIB.

4. Hati-hati saat berjalan

Meski jalan ditutup untuk kendaraan bermotor, kamu tetap harus berhati-hati saat mengunjungi Solo CFD.

Itu karena masih ada kendaraan tidak bermotor yang berlalu-lalang, misal sepeda, kereta kuda (bendi), atau becak wisata. Ada juga orang yang jogging.

Jangan sampai kamu kurang berhati-hati saat berjalan, sehingga tertabrak sepeda atau kendaraan tidak bermotor lainnya.

5. Buang sampah pada tempatnya

Aneka jajanan di Solo CFD banyak yang dibungkus plastik. Kamu pun bisa membawa lalu memakan jajanan di tempat yang dikehendaki.

Namun, bungkus makanan itu haruslah dibuang di tempatnya. Pemerintah Kota Surakarta telah meletakkan tong sampah di tengah jalan, sehingga pengunjung bisa membuang sampah di sana.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/10/154842227/tips-berkunjung-ke-solo-car-free-day-bawa-uang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.