Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sensasi Ngopi di Tempat Nongkrong Instagramable di Aceh

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Jam baru menunjukkan pukul 21.00 WIB saat kami tiba di Jalan Teungku Chik Ditiro, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Di lokasi inilah Tama Kopi berdiri, satu setengah tahun lalu.

Sejumlah mobil dan sepeda motor terparkir di kiri-kanan jalan. Kafe ini menerapkan konsep untuk semua usia, sehingga tiap sudutnya seakan dirancang sesuai keinginan konsumen, sesuai umurnya.

  • Bukit Bintang, Destinasi Wisata Keluarga Baru di Aceh Besar
  • 123.391 Wisatawan Kunjungi Banda Aceh hingga Mei 2022

Lihat saja misalnya, lantai atas langsung beratapkan langit. Bintang terlihat jelas. Bagian ini dibagi dua, yang satu lengkap dengan kursi dan meja, sedangkan satunya bagian lesehan.

Di bagian bawah, satu sudut dilengkapi meja dan kursi, layaknya warung kopi Aceh pada umumnya. Kursi jenis ini lazimnya digunakan oleh para generasi lawas untuk berbincang.

Bagian depan dibiarkan lengkap dengan tempat duduk dan sandaran ke dinding, serta cahaya lampu yang ditata sedemikian rupa. Cukup Instagramable.

Khusus di bagian dalam, didesain untuk pengunjung yang ngopi sambil bekerja, lengkap dengan pendingin ruangan dan meja. Di bagian itu, silakan buka laptop sambil bekerja dan ngopi sepuasnya.

Suasana Idul Adha masih sangat terasa. Di Aceh, Lebaran yang dikenal dengan sebutan Lebaran Qurban ini sama khidmatnya dengan Lebaran Idul Fitri. Tak heran banyak kafe tutup.

Jika pun dibuka, hanya dengan menu terbatas, seperti aneka kopi, teh, dan penganan ringan seperti kentang goreng.

“Kami buka sejak pukul 10.00 WIB hingga tengah malam,” kata seorang pekerja di kafe tersebut, Fitra Anil Nasution.

Di kafe itu terlihat pasangan muda meriung sambil menikmati aneka minuman cokelat. Ada pula bapak-bapak yang bersantai, serta terlihat keluarga yang tak mau ketinggalan duduk bersantai.

Kafe ini menyimpan kenangan bagi sebagian warga Kota Lhokseumawe. Di atas lahan kafe itu, pada tahun 1990-an hingga 2000 berdiri Kantin Dek Bela.

Kantin ini legendaris pada masanya karena menyajikan aneka makanan untuk mahasiswa yang kuliah di Universitas Malikussaleh (Unimal) dan IAIN Lhokseumawe, sekitar sepelemparan batu dari lokasi kafe itu.

  • Ikan Gegaring, Khas Samar Kilang Aceh yang Bernilai Jual Tinggi
  • Replika Al Quran Raksasa di MTQ XXXV Aceh 2022 Jadi Obyek Foto Favorit
  • Suku Gayo, Suku Terbesar Kedua di Aceh

“Bagi kami, duduk di sini sekaligus mengenang masa kuliah dulu,” kata seorang pengunjung bernama Muhammmad Sauki bersama istrinya Nur Fadila.

Itu pula yang membuat Fitra dan teman-temannya yakin kafe ini membawa keuntungan.

“Buktinya, ramai pengunjung. Soal harga juga masih sangat terjangkau,” katanya.

Nah, jika wisatawan melintas di kota yang dulu dijuluki Petro Dollar itu, mereka bisa singgah di kafe ini untuk menikmati suasana Instagramable sembari ngopi.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/12/210800327/sensasi-ngopi-di-tempat-nongkrong-instagramable-di-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke