Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Sekolah, Gunungkidul Dikunjungi Lebih dari 200.000 Wisatawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur sekolah mencapai 223.258 orang. Angka ini merupakan kunjungan wisatawan dalam dua pekan.

Meski demikian, Dinas Pariwisata Gunungkidul sebetulnya tidak menetapkan target khusus untuk kunjungan wisatawan pada periode tersebut.

"Untuk total Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp1,4 miliar selama libur sekolah kemarin," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/07/2022).

Di antara kunjungan selama liburan sekolah, pantai masih menjadi destinasi favorit, disusul dengan desa wisata, seperti Nglanggeran dan Bleberan.

"Untuk desa wisata kunjungan sudah mulai meningkat kembali, setelah sempat sepi selama pandemi," ucapnya.

Arif menyebutkan, beberapa strategi meningkatkan kunjungan wisatawan ke depannya adalah gencar melakukan promosi dan menggandeng pelaku wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wisatawan diminta waspadai ubur-ubur

Pada bagian lain, pengunjung wisata pantai diimbau untuk kemunculan ubur-ubur yang menyengat.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menjelaskan, ubur-ubur biasanya muncul selama Juli sampai pertengahan September.

"Ubur-ubur diketahui sejak Sabtu 9 Juli kemarin dan pengunjung diharapkan tidak panik ketika tersengat. Total sudah ada 16 orang," kata Marjono.

Biasanya ubur-ubur tidak sengaja tersentuh wisatawan karena memang bentuknya tipis berwarna biru dan tak terlalu jelas terlihat.

Binatang laut yang tergolong ke dalam kelas Scyphozoa itu memiliki tubuh berbentuk seperti payung berumbai dan bisa menyebabkan gatal di kulit jika tersentuh. Namun, jika tidak kuat bisa menyebabkan sesak napas.

"Obat sudah kami siapkan, tabung oksigen juga sudah siap," kata dia.

"Kalau kena (tersengat) langsung dibersihkan dengan air biasa, atau air laut. Yang pasti tentakelnya jangan sampai menempel."

https://travel.kompas.com/read/2022/07/13/150010927/libur-sekolah-gunungkidul-dikunjungi-lebih-dari-200000-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke