Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Desa Lonuo Gorontalo, Punya Tempat Wisata bak Negeri di Atas Awan

KOMPAS.com - Berlokasi di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Desa Wisata Lonuo (Bukit Arang) memiliki panorama alam dan wisata olahraga (sport tourism) yang sayang jika dilewatkan. 

Bukit Arang, salah satu tempat wisata di desa ini, menawarkan suasana layaknya negeri di atas awan. Wisatawan bisa memandangi lanskap Kota Gorontalo dari ketinggian, kabut, dan pemandangan matahari terbenam (sunset).

  • Mohibadaa, Cara Perempuan Gorontalo Jaga Kecantikan Selama Ramadhan
  • Ilomata River Camp, Tempat Kemah dan Wisata Baru di Gorontalo

Jika malam tiba, wisatawan bisa menikmati panorama cahaya lampu kota, ditambah taburan bintang, dikutip dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id.

Selain menikmati panorama alam, wisatawan juga bisa berkemah di camping ground yang telah disediakan. Ada pula fasilitas air bersih, musala, dan kolam renang di ketinggian 347 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tidak hanya itu, Bukit Arang juga disebut sebagai tempat paralayang satu-satunya di Gorontalo, sekaligus menjadi lokasi ajang Kejuaraan Nasional Paralayang TROI (Trip of Indonesia).

"Keindahan alam di Desa Wisata Lonuo (Bukit Arang) ini, jika digabung dengan sport tourism, sangat memiliki sensasi sendiri. Ini yang harus kita dorong untuk menjadi daya tarik wisatawan," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (13/7/2022).

  • Itinerary 3 Hari 2 Malam di Gorontalo, Wisata ke Benteng Otanaha
  • 25 Wisata Gorontalo, Wisata Sejarah hingga Bertemu Hiu Paus

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Tilongkabila ini juga memiliki tradisi mopotildo, simbol penghormatan dan doa keselamatan bagi pejabat yang mengunjungi desa tersebut. 

Adapun Desa Wisata Lonuo masuk 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/13/225549927/desa-lonuo-gorontalo-punya-tempat-wisata-bak-negeri-di-atas-awan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke