Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serunya Menikmati "Sunrise" Sambil Naik Perahu Kayak di Sydney

KOMPAS.com - Kota Sydney, Australia memiliki sejumlah ikon legendaris, seperti Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Menikmati kedua ikon mendunia di kota terbesar di Australia ini semakin menyenangkan jika sambil menikmati sunrise alias matahari terbit dan naik perahu kayak.

Beberapa waktu lalu, Kompas.com memenuhi undangan Tourism Australia untuk menjajal beberapa aktivitas pariwisata anti-mainstream di Sydney. Salah satunya adalah menaiki perahu kayak dari Lavender Bay hingga Blues Bay, dengan pemandangan pusat kota Sydney dan Sydney Harbour Bridge yang legendaris.

Karena belum pernah menaiki perahu kayak sebelumnya, pengalaman ini amat saya tunggu-tunggu.

Ada beberapa agen wisata yang menawarkan pengalaman mendayung perahu kayak di sekitar Sydney Harbour Bridge. Salah satunya adalah Sydney by Kayak, yang menjadi pemandu kami kali ini.

Sydney by Kayak menawarkan beberapa paket wisata perahu kayak yang dapat dipilih, antara lain menikmati sunrise per kelompok atau pasangan, tur perahu kayak bagi pasangan, sarapan pagi di perahu kayak dengan pemandangan Sydney Harbour Bridge, hingga menanam mangrove.

Sebelum memulai aktivitas, peserta diminta untuk mengisi formulir mengenai kondisi kesehatan, hingga pilihan minuman hangat yang dapat dinikmati selama kegiatan.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 06.00 di Lavender Bay Boat Ramp. Di sana, dua pemandu berpengalaman, yakni Owen dan Alex sudah menunggu saya dan rombongan.

Sebelum menaiki perahu kayak, peserta diminta untuk menitipkan barang-barang di mobil operasional Sydney by Kayak. Namun, peserta tetap boleh membawa ponsel atau kamera untuk mengabadikan kegiatan dan pemandangan.

Setelah itu, Owen dan Alex memberikan pengarahan tentang kegiatan, aspek keamanan, dan cara menggunakan perahu kayak. Jangan khawatir jika kalian belum pernah mencoba sebelumnya, sebab mereka akan mengajari hingga kalian bisa.

Kemudian, peserta dapat memilih perahu kayak masing-masing dan mulai mendayung. Saya sempat tidak bisa mendayung perahu kayak hingga maju, hingga tertinggal dari peserta lainnya.

Akan tetapi, Owen dan Alex memberikan saya arahan tentang cara mendayung, hingga akhirnya saya sukses mengarahkan perahu kayak saya dan melaju.

Kegiatan ini memakan waktu sekitar dua jam. Namun, ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya.

Selain melihat sunrise dengan pemandangan spektakuler pusat kota Sydney dan ikon-ikon legendarisnya, udara pun masih sangat segar pada pagi hari. Saat itu, saya pun berkesempatan melihat singa laut yang berenang di depan saya.

Selama kegiatan, Alex memotret para peserta baik individual mau pun per kelompok. Kemudian, peserta akan dikirimkan foto-foto tersebut, sehingga kami bisa mengunggahnya di media sosial.

Setelah berkeliling sekitar Lavender Bay dan Blues Bay, kami kembali ke Lavender Bay Boat Ramp, tempat kami memulai perjalanan.

Bagaimana, tertarik mencoba aktivitas seru di kota Sydney ini?

https://travel.kompas.com/read/2022/07/14/111200627/serunya-menikmati-sunrise-sambil-naik-perahu-kayak-di-sydney

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke