Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Tipe Kereta Api Ekonomi dan Perbedaannya  

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memiliki empat kelas untuk mengakomodasi penumpang. Keempat kelas tersebut meliputi KA luxury, eksekutif, bisnis, dan ekonomi. 

VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan perbedaan kelas KA tersebut adalah pada fasilitas, kapasitas gerbong, tempat duduk, dan tarif tiket. 

“(Kelas KA) Ada luxury, eksekutif, bisnis, dan ekonomi,” terangnya kepada Kompas.com, Rabu (13/7/2022). 

Dari keempat kelas KA tersebut, KA ekonomi memiliki tempat duduk paling banyak yakni 80-106 kursi. Dengan demikian, jarak antar penumpang pun semakin sempit dibandingkan KA luxury, eksekutif, dan bisnis. 

Terpisah, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menuturkan KA ekonomi mempunyai tiga tipe gerbong. 

“Kelas ekonomi ada tipe ekonomi SS, tipe ekonomi package, dan tipe ekonomi AC split,” terangnya. 

Berikut penjelasan masing-masing tipe KA ekonomi.  Perbedaannya ketiga tipe gerbong KA ekonomi tersebut adalah pada tempat duduk. 

Sementara itu, fasilitas lainnya serupa yakni colokan listrik, pendingin udara, dan toilet. 

1. Tipe KA ekonomi SS

Tipe KA ekonomi SS juga disebut dengan KA ekonomi premium. Kapasitas tempat duduk berjumlah 80 kursi dengan formasi 2x2. 

“Tipe ekonomi SS isi 80 tempat duduk, 2-2,” ujar Supriyanto. 

Bedanya dengan kelas KA ekonomi package dan AC split, tempat duduk kereta KA ekonomi SS tidak saling berhadapan (kecuali kursi bagian tengah). 

Jadi, tempat duduk KA ekonomi SS terbagi menjadi dua dalam satu gerbong. Setengah tempat duduk sejalan dengan arah laju kereta, sebagian melawan arah laju kereta. 

2. Tipe ekonomi package

Tipe KA ekonomi package terdiri dari 80 tempat duduk dengan formasi 2x2. Bedanya dengan KA ekonomi premium adalah tempat duduk KA ekonomi package saling berhadapan antar penumpang. 

“Tipe ekonomi package isi 80 tempat duduk, 2-2,” katanya.  


3. Tipe ekonomi AC split

KA ekonomi AC split memiliki kapasitas tempat duduk paling banyak yakni 106 kursi. Terdapat formasi kursi 2x2 dan 3x3 yang saling berhadapan antar penumpang. 

“Tipe ekonomi AC split isi 106 tempat duduk, 2-2 dan 3-3,” tuturnya. 

Tidak dirincikan dalam tiket

Supriyanto juga menjelaskan bahwa KAI tidak merincikan jenis rangkaian gerbong KA ekonomi dalam pembelian tiket. Ia melanjutkan, penggunaan rangkaian gerbong KA ekonomi dilakukan secara bergantian. 

“Tidak dispesifikkan di tiket, karena rangkaian sarananya bisa bergantian. Jadi di tiket tidak ada ketentuan ekonomi SS atau package,” katanya. 

Meski terdapat perbedaan tempat duduk, namun Supriyanto menuturkan tidak ada penurunan pelayanan. Sebab, semua tipe gerbong tersebut masih berada dalam satu kelas, yakni KA ekonomi. 

“Untuk penggunaan rangkaian kereta ekonomi SS maupun ekonomi package, bahwa dalam hal ini tidak ada penurunan pelayanan, masih sama-sama layanan kelas ekonomi,” ujarnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/15/104700127/kenali-tipe-kereta-api-ekonomi-dan-perbedaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke