Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan ke Australia, Ini 4 Festival Unik yang Bisa Dikunjungi

KOMPAS.com - Australia secara rutin menggelar sejumlah festival dan kegiatan yang menarik.

Deretan festival dan kegiatan yang diadakan ini menunjukkan kekayaan budaya dan latar belakang masyarakat di Negeri Kanguru.

  • 5 Ide Wisata Anti-mainstream Australia, Tur Bareng Penduduk Lokal
  • Australia Cabut Aturan Vaksinasi Covid-19 untuk Turis Internasional, Per 6 Juli 2022

Bahkan, ada satu festival di Broome, Australia Barat, yang merayakan empat perpaduan budaya sekaligus, yaitu Jepang, Malaysia, China, dan pribumi Australia.

Jika kamu berniat mengunjungi Australia di bulan Agustus hingga September, atau memang tinggal menetap, beberapa festival di Australia ini mungkin bisa menjadi opsi untuk dikunjungi:

1. Shinju Matsuri Festival - Broome, Australia Barat

"Shinju Matsuri" dalam bahasa Jepang memiliki arti "Festival Mutiara".

Sesuai namanya, Festival Shinju Matsuri yang diadakan di Broome, Australia Barat, berasal dari campuran budaya dan sejarah berbeda.

Dikutip dari laman Tourism Western Australia, Senin (18/07/2022), festival ini merayakan empat budaya berbeda yang telah bersatu di Broome selama satu abad terakhir. Ada Jepang, Malaysia, Cina, dan pribumi Australia.

Shinju Matsuri juga dibuat untuk mengenang kegembiraan dan masa kejayaan Broome sebagai produsen mutiara laut selatan yang terkenal di dunia.

Dalam acara yang akan digelar 20 Agustus - 4 September 2022 ini, pengunjung bisa mengikuti tur budaya, pameran seni, mencicipi kuliner dari koki ternama, hingga melihat pertunjukan talenta lokal.

Pemesanan tiket untuk setiap kegiatan bisa dilakukan melalui laman resminya, dengan biaya mulai dari 60 Dollar Australia (sekitar Rp 612.000).

Darwin Aboriginal Art Fair (DAAF) merupakan acara tahunan yang menampilkan karya seni rupa kontemporer lebih dari 70 Art Centres Aborigin dan Torres Strait Islander.

Pameran yang diadakan di Darwin Convention Centre, Larrakia Country ini, juga memberikan kesempatan bagi pembeli produk seni, pecinta seni dan desain, untuk membeli karya-karya yang tergabung dalam Art Centre.

Beberapa produknya misalnya berupa lukisan di atas canvas, lukisan kulit kyu, patung, hingga seni serat.

Selain itu, pengunjung bisa bertemu dan belajar langsung dari para seniman, melihat pertunjukan tari tradisional, hingga kegiatan anak-anak.

Akan digelar mulai 5 Agustus hingga 7 Agustus 2022 secara langsung maupun online, tiket masuknya yang gratis dapat dipesan melalui laman resmi mereka.

Bagi penyuka opera atau pementasan panggung dengan musik dramatis, kamu bisa menonton Opera Under the Stars di Broome, Australia Barat. 

Pengunjung akan bisa bersantai di bawah langit bertabur bintang yang indah, sambil diiringi alunan crème de la crème Opera dalam hiburan malam yang dihadiri musisi dan komposer ternama.

Tak hanya menikmati alunan musik dan pemandangan malam hari di Broome, pengunjung bisa memanjakan diri dengan Opera Cocktail dan makanan lezat dari restoran The Bay Club.

Mulai 27 Agustus 2022, opera ini akan diadakan di taman tropis Mangrove Hotel yang beratapkan langit berbintang dan menghadap ke Teluk Roebuck.

Tiketnya untuk General Admission mulai 100 Dollar Australia (sekitar Rp 1 jutaan) dan Premium Seating mulai 195 Dollar Australia (sekitar Rp 1,9 juta) sudah termasuk welcome drink dan pemesanan area (reserved area).

Antartika tidak hanya bisa ditemukan di tayangan edukasi atau dokumenter melalui media seperti YouTube.

Pengunjung juga bisa mendatangi Australian Antarctic Festival untuk mempelajari tentang Antartika lebih dekat.

Diadakan dua tahun sekali, Antartika akan 'dibawa' ke tepi pantai Hobart sehingga pengunjung bisa menambah pengetahuan tentang benua di kutub selatan bumi tersebut.

Selama lima hari pada tanggal 24-28 Agustus 2022, akan ada berbagai pameran, tur, diskusi, hingga acara hiburan yang edukatif, dan hampir semuanya gratis untuk umum.

Adapun festival ini akan berlangsung di sejumlah tempat, namun rata-rata berada atau tidak jauh dari Hobart Waterfront.

Nah, acara mana nih yang bikin kamu penasaran?

https://travel.kompas.com/read/2022/07/18/125050627/liburan-ke-australia-ini-4-festival-unik-yang-bisa-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke