Salin Artikel

8 Bahasa Awak Kabin yang Jarang Kita Ketahui

KOMPAS.com - Ketika bepergian naik pesawat, kamu mungkin menyadari ada sejumlah istilah atau kalimat yang diucapkan oleh pilot dan awak kabin namun tak kamu pahami.

Sebagian dari kita mungkin tak memedulikannya, namun sebagian lainnya penasaran dengan artinya karena mendengar setiap pergi naik pesawat.

Berikut beberapa bahasa awak kabin yang sering diucapkan namun jarang kita ketahui artinya:

1. "Doors to automatic and crosscheck"

Kamu mungkin menyadari bahwa kalimat ini sering terdengar ketika pesawat hendak lepas landas.

Dikutip dari Simple Flying, kalimat itu diucapkan ketika pesawat akan meninggalkan posisinya. Saat itu, awak kabin harus menutup pintu agar slide otomatis mengembang jika diperlukan dalam keadaan darurat.

Beberapa maskapai mungkin mengucapkan kalimat lain yang memiliki arti serupa, seperti "cabin crew, arm doors".

Sementara "doors to manual and crosscheck" biasanya diucapkan oleh awak kabin senior ketika pesawat berhenti di landasan setelah penerbangan dan slide pada pintu pesawat siap dilepas oleh awak kabin.

Crosscheck atau pemeriksaan silang adalah setiap awak kabin memeriksa bahwa pintu lain di pesawat dalam kondisi yang benar.

2. "Positioning"

Kata ini diucapkan ketika awak kabin naik sebagai penumpang namun berseragam dan akan bergabung dengan penerbangan tempat bekerja.

3. L1, L2, R1, R2

Kombinasi huruf dan angka ini adalah posisi awak kabin pada masing-masing pintu. Semakin besar pesawatnya, posisinya akan semakin banyak.

Saat berkomunikasi menggunakan interkom, mereka tak akan saling menyebut nama, tetapi posisi.

L1 biasanya merupakan awak kabin senior yang berposisi di pintu kiri depan pesawat.

Menurut penulis dan blogger penerbangan serta pilot maskapai komersial, Patrick Smith, all-call biasanya adalah bagian dari prosedur memasang atau melepas pintu.

Kalimat itu adalah permintaan agar setiap pramugari melapor lewat interkom. "Semacam panggilan konferensi pramugari," katanya, seperti dikutip dari Business Insider.

Menurut Smith, ada penjelasan teknis di baliknya. Namun secara sederhana, flight level adalah bahasa elegan untuk menyebutkan penerbangan sedang berada di ketinggian berapa kaki.

6. "Ground stop"

Ini mengacu pada saat di mana keberangkatan ke satu tujuan atau lebih dibatasi oleh kontrol lalu lintas udara. Biasanya, karena kemacetan lalu lintas.

7. "Air pocket"

Ini adalah istilah yang mengacu pada sentakan turbulensi.

Dikutip dari Daily Star, istilah ini digunakan untuk mencegah penumpang yang takut terbang menjadi panik dalam perjalanan yang disertai sedikit turbulensi.

Sehingga, awak kabin menggunakan bahasa itu untuk berkomunikasi satu sama lain.

First officer atau co-pilot adalah komandan kedua pesawat. Ia duduk di sisi kanan kokpit dan sudah sepenuhnya memenuhi syarat untuk mengoperasikan pesawat, termasuk lepas landas dan mendarat. Ia melakukan tugas secara bergantian dengan kapten pilot.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/18/184503527/8-bahasa-awak-kabin-yang-jarang-kita-ketahui

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.