Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Citayam Fashion Week Sebabkan Omzet UMKM Naik 2 Kali Lipat

KOMPAS.com - Ramainya anak-anak muda di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, atau dijuluki Citayam Fashion Week, mendapat tanggapan positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ia menyampaikan, dirinya mendapat laporan bahwa Citayam Fashion Week dapat meningkatkan omzet para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) khususnya di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

"Saya mendapat laporan, para UMKM yang ada di sekitar daerah Citayam Fashion Week itu meningkat sampai dua kali lipat (dari) penjual kopi keliling sampai penjual makanan kering," ujarnya dalam Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin (18/7/2022).

Ia mengakui bahwa kegiatan anak-anak muda SCBD (sebutan untuk Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok) ini memiliki dampak cukup positif terhadap ekonomi setempat, salah satunya bagi pelaku usaha lokal.

"Saya titipkan pesan jangan sampai nyampah, jangan sampai membuat onar, kalau bisa tidak merokok," pesannya.

Lebih lanjut, ia berharap agar tren semacam ini juga bisa diikuti oleh daerah-daerah lainnya.

"Kita harapkan ini akan terus dan bukan hanya di satu daerah di Dukuh Atas, tapi bisa juga menyentuh daerah lain di kota-kota besar indonesia lainnya, juga ikut merangkul para remaja di desa-desa wisata atau desa-desa kreatif lainnya," tutur dia. 

Hal ini karena, menurutnya, adanya kemungkinan munculnya konektivitas antara masyarakat di rural area (pedesaan) dan di urban area (perkotaan), sehingga jarak atau ketimpangan bisa teratasi. 

"Sehingga yang dikhawatirkan adanya gap (jarak) dari segi rural-urban atau pedesaan dan perkotaan ini semakin terjembatani oleh aktivitas dari para anak-anak muda, generasi muda kita yang sangat menginspirasi," pungkasnya.

Untuk diketahui, aksi para anak-anak muda yang rata-rata berasal dari Citayam, Bojong Gede, Depok, dan sekitarnya ini tengah menjadi sorotan. Salah satunya karena mereka berjalan bak model di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Foto dan video mereka, yang berlomba-lomba mengenakan pakaian trendi dan kemudian terlibat dalam ajang Citayem Fashion Week, tersebar luas di media sosial lalu mendapat beragam komentar dari warga net.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/18/213903427/citayam-fashion-week-sebabkan-omzet-umkm-naik-2-kali-lipat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke