Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Kamar Hotel Bisa Disewa Setengah Hari? Berikut Penjelasannya

KOMPAS.com -  Ada sejumlah syarat dan ketentuan bagi seorang tamu saat menginap di hotel. Termasuk, durasi minimal tamu menginap.

Mayoritas tamu menginap di hotel minimal selama sehari semalam. Namun, masih ada pertanyaan apakah kamar hotel bisa disewa setengah hari saja? 

Pertanyaan tersebut biasanya diajukan sejumlah tamu yang membutuhkan tempat istirahat selama setengah hari, atau beberapa jam saja. Berikut jawabannya seperti dirangkum Kompas.com dari sejumlah manajemen hotel.

Apakah kamar hotel bisa disewa setengah hari? 

Perlu diketahui bahwa setiap hotel memiliki syarat dan ketentuan masing-masing berkaitan dengan durasi minimal tamu menginap. Namun, mayoritas hotel menetapkan durasi minimal tamu menginap adalah sehari semalam. 

Marketing & Branding Manager FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung, Dyah Annisa, mengatakan pihaknya tidak memiliki layanan sewa kamar selama setengah hari. Minimal tamu menginap adalah sehari semalam. 

“Kalau di FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung tidak ada layanan untuk day use, atau istilah untuk menggunakan kamar kurang dari satu malam,” terangnya saat dihubungi Kompas.com Rabu (20/7/2022). 

Namun, ia mengungkapkan ada sejumlah tamu yang menggunakan kamar hotel untuk kebutuhan day use tersebut, alias kurang dari sehari semalam. Meskipun kurang dari sehari semalam, tetapi tamu tersebut tetap harus membayar tarif kamar secara penuh sehari semalam. 

Menurut Dyah, absennya layanan sewa kamar setengah hari lantaran FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung tidak menyasar pasar pengguna day use.

“Kami tidak ada layanan day use karena sebetulnya market-nya (pasar) bukan ke sana (pengguna day use). Biasanya, pengguna layanan seperti itu dekat dengan stasiun atau bandara dimana orang mengejar flight atau semacamnya,” jelasnya. 

Senada, Marketing Communication Manager Harper Malioboro Dicky Pratama, juga menuturkan pihaknya tidak menyediakan layanan sewa kamar setengah hari. 

“Kebetulan di Harper Malioboro belum ada layanan sewa kamar setengah hari,” ujarnya. 

Namun, ia mengungkapkan ada sejumlah tamu hotel yang menempati kamarnya kurang dari sehari semalam. Pada umumnya, tamu tersebut adalah pengunjung luar kota yang sampai di Harper Malioboro pada malam hari. 

Atas tamu tersebut, lanjut Dicky, tetap harus membayar kamar secara penuh sehari semalam. 

“Kadang, ada tamu datang dari luar kota dengan jam kedatangan pukul 24.00, dan baru check in waktu itu, pun kami hitung reguler juga," imbuhnya.

Dicky menuturkan, tamu yang datang melebihi jadwal check in, yakni pukul 14.00, masih diperbolehkan menginap di Harper Malioboro asalkan telah menyelesaikan proses pembayaran. Namun, tidak ada perubahan jadwal check out yakni maksimal pukul 12.00.

“Selama kamar sudah dibayar full, maka check in di atas pukul 14.00 siang tetap bisa. Akan tetapi, jam check out masih akan sama, maksimal pukul 12.00 siang. Kebetulan kalau di Harper Malioboro semua booking kamar harus sudah memiliki garansi pembayaran,” terangnya.

Menurut Dicky, Harper Malioboro tidak menyediakan layanan setengah hari lantaran pengguna kategori tersebut belum banyak. 

“Belum ada significant market, dan tamu kami kebetulan memang lebih banyak menggunakan kamar tersebut secara reguler atau tidak setengah hari,” katanya.

Hal serupa juga berlaku di Hotel Indonesia Kempinski dan Manhattan Hotel Jakarta. Kedua hotel bintang lima di ibu kota tersebut tidak menyediakan layanan sewa kamar setengah hari. 

“Kami tidak ada (layanan sewa kamar setengah hari). Memang standar hotel kami tidak menerapkan hotel setengah hari,” terang Director of Marketing Communications Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Aulianty Fellina. 

Hotel transit 

Seperti disinggung sebelumnya, layanan sewa kamar hotel kurang dari sehari semalam atau day use (sebagian orang menyebutnya dengan short time), biasanya dapat ditemukan di sekitar bandara atau stasiun. 

Mengutip Kompas.com (7/11/2011), hotel-hotel tersebut disebut dengan hotel transit. Jadi, para penumpang pesawat atau kereta api dapat transit menunggu jadwal keberangkatan berikutnya di hotel tersebut.   

Umumnya, durasi minimal sewa kamar hotel adalah enam jam. Tarif hotel transit berbeda-beda, tetapi biasanya lebih murah dari hotel reguler.

Sementara itu, tersedia fasilitas standar meliputi tempat tidur, meja, toilet, kamar mandi, dan akses internet. Adapula hotel transit yang menyediakan fasilitas gym dan spa.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/20/183500127/apakah-kamar-hotel-bisa-disewa-setengah-hari-berikut-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke